Langkah Untuk Memulai Ternak Sapi

Langkah Untuk Memulai Ternak Sapi

Selain ayam dan kambing, sapi merupakan salah satu hewan yang paling sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini desebabkan oleh nilai laba yang cukup lumayan dan permintaan pasar terhadap daging sapi memang tinggi. Tak hanya itu saja, peternak sapi juga bisa memanfaatkan air susunya. Namun sayangnya bisnis ternak sapi 2020 tidak semudah membalikan telapak tangan, ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melakukan ternak sapi September 2020 sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Dengan harapan tidak mengalami kerugian dan penyesalan di kemudian hari. Berikut ialah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai ternak sapi modern.

Menentukan modal awal

Setiap jenis usaha apapun yang memiliki modal besar tentu akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun jika kamu sama sekali belum memiliki pengalaman berternak sebaiknya mulailah dari angka yang sedikit terlebih dahulu.

Selain modal finansial yang berupa uang, kamu juga memerlukan modal pengalaman dan pertemanan dengan sesama peternak sapi. Ini sangat penting agar kamu bisa memporeh ilmu tentang ternak sapi terbaik yang benar dan mempermudah proses penjualan.

Membuat kandang

Sebelum membeli sapi murah September 2020 pastikan terlebih dahulu lahan yang cukup luas dan mampu untuk menampung jumlah sapi yang sudah kamu rencanakan. Soal tempat juga sebaiknya tidak terlalu dekat dengan pemukiman penduduk.

Kamu bisa membuat kandang sapi dengan model berjejer dan tempat makan sapi di bagian depan. Perhatikan juga ventilasi kandang agar ruangan tidak terlalu lembab, serta usahakan kandang bisa terkena cahaya matahari agar ruangan terasa hangat.

Proses pemilihan sapi

Ada banyak jenis sapi yang sering digunakan sebagai hewan peliharaan, contohnya yakni seperti sapi Brahman, Bali, Madura, Limousin, dan sapi Ongole. Kamu juga harus mengetahui dulu tentang karakteristik antara sapi lokal dan sapi import. Pertumbuhan untuk jenis sapi lokal biasanya memang lebih lama, namun kualitas dagingnya terkenal sangat bagus.

Pilihlah sapi yang memiliki postur tubuh bagus dan sehat, untuk usia kamu bisa membeli sapi jantan atau betina dengan usia sekitar 2 setengah tahun. Di kemudian hari kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang tentunya jaul lebih mahal. Atau kamu juga bisa membeli bibit sapi untuk proses budidaya dan memperoleh anakan sapi nantinya.

Pakan dan perawatan sapi

Sebagai makanan utama biasanya peternak sapi menggunakan rumput, alang-alang, jerami, dan tebu. Namun kamu juga perlu memberi tambahan asupan gizi dengan memberi makan berupa ampas tahu, kulit nanas, dan bekatul.

Sedangakan untuk mencegah adanya penyakit pada sapi kamu juga harus rajin merawat kandang sapi agar tetap bersih. Tak hanya itu saja, sapi ternak juga perlu diberi vaksin dan obat cacing agar tubuh menjadi kebal dan selera makan tinggi.

Itulah ulasan singkat tentang proses memulai ternak sapi September 2020, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *