Tips Memilih Ikan Cupang Yang Berkualitas

Tips Memilih Ikan Cupang Yang Berkualitas

Kamu tentu tahu bagaimana bentuk ikan cupang bukan? Ikan hias yang memiliki banyak warna ini memang sedang menjadi primadona dikalangan pecinta ikan. Berbagaimacam bentuk dan varian warna yang sangat cantik menjadikan ikan cupang memiliki banyak penggemar.

Bukan hanya itu saja, harganya yang sangat bervariatif mulai dari yang sangat murah juga bisa kamu dapatkan. Hal ini menjadikan ikan cupang bisa dimiliki oleh siapa saja dari berbagaimacam kalangan. Namun jika kamu memang ingin membeli ikan cupang, sebaiknya pehami terlebih dahulu bagaimana teknik mendapatkan ikan yang berkualitas.

Cara Memilih Ikan Cupang

Nah, berikut ialah beberapa informasi yang dirangkum dari banyak sumber tentang tips cara memilih ikan cupang yang bagus.

Memilih ikan yang aktif

Ikan cupang yang sehat biasanya cenderung lebih aktif dan agresif. Saat akan membeli ikan cupang cobalang memilih yang paling aktif bergerak, ikan yang seperti ini menandakan dalam kondisi baik dan sehat.

Untuk mengetahui gerak ikan kamu bisa lebih sedikit mendekat saat memilih, jangan memilih ikan cupang yang terlihat lesu berdiam diri dibawah.

Tubuhnya normal dan tanpa cacat

Selanjutnya kamu bisa memeriksa tubuh dari ikan cupang tersebut, perhatikan usia dan poster tubuhnya yang harus seimbang. Selain itu kamu juga harus memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada luka atau cacat pada tubuh ikan, biasanya pada bagian ekor sangat rawan cacat.

Ikan dengan keberanian atau mental bagus

Ikan cupang terkenal sebagai ikan yang memilki tempramen tinggi, namun meskipun demikian kamu juga bisa memilih ikan cupang yang paling bagus dengan cara membandingkan mental ikan cupang dengan ikan cupang lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan cermin untuk mengetest keberanian ikan cupang, jika terlihat sangat berani dan mendekat maka itu tandanya cukup bagus.

Sirip dan ekor ikan berwarna terang

Berikutnya yang perlu kamu perhatikan ialah warna sirip dan ekor ikan cupang. Pilihlah ikan yang memiliki ekor dan sirip berwarna terang, ikan dengan karakter seperti itu menandakan sebagai ikan cupang dengan kualitas bagus.

Memiliki warna cerah dan sisik mengkilap

Tips yang terakhir ialah memperhatikan warna dari ikan itu sendiri. Ikan cupang yang memiliki warna cerah cenderung lebih disukai oleh banyak orang. Meskipun ada banyak jenis ikan cupang digolongkan berdasarkan warnannya namun sebaiknya pilihlah warna yang paling terang.

Baca Juga