Mediatek Helio G90T Lebih Unggul dibanding Snapdragon 730G, Namun

Mediatek Helio G90T Lebih Unggul dibanding Snapdragon 730G, Namun

September lalu, MediaTek membenarkan kepada media, bahwa chipset MediaTek Helio G90T lebih baik dibanding Snapdragon 730G. peluncuran Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang mengandalkan MediaTek Helio G90T dan pertama kali Xiaomi menggandeng MediaTek.

Sebelumnya Xiaomi terkenal dengan chipset besutan Snapdragon, kali  ini berbeda Xiaomi mengandalkan MediaTek pada Xiaomi Redmi Note 8 Pro , pemaparan dari pihak MediaTek bahwa mereka bersaing keras dengan pemimpin pasar chipset perangkat mobile, Qualcomm. Selain itu memang benar MediaTek terkenal dengan lemot, panas. Serba negatif yang didapat oleh MediaTek.

Baiklah kita bahas mengenai chipshet MediaTek Helio G90T, mengapa lebih unggul dibanding Snapdragon 730G. kedua chipset baru ini hadir diperuntukan untuk smartphone gaming upper-mid, masih dibawah kelas flagship yah. Smartphone yang masih dijangkau kalangan menengah ke bawah, lumayan lah untuk gaming, gak kentang – kentang amat.

Dengan bantuan aplikasi AnTuTu Benchmark, kedua chipshet ini di uji manakah yang lebih baik. Mengutip dari Gizmochina, hasil menunjukan bahwa Qualcomm Snapdragon 730G masih kalah dari MediaTek Helio G90T untuk performa. Tegaskan lagi SD (baca Snapdragon) kalah bagusnya dengan MediaTek Helio G90T di performa menurut AnTuTu Benchmark.

Menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark hingga 281.033 pada Redmi Note 8 Pro, sedangkan smartphone dengan chipset Snapdragon 730G menghasilkan nilai hanya 220.000. snapdragon kalah nih performanya, coba untuk pengujian yang lainnya dong.

Baiklah, kita uji lebih dalam lagi, dalam lagi hingga anda tertidur. Dikira acara hipnotis apa yah? Maaf hehe. Kita uji di sektor grafik, masih dengan bantuan tes kemampuan smartphone , AnTuTu Benchmark. MediaTek Helio G90T mendapatkan nilai 79.755. sedangkan pada Snapdragon 730G hanya 66.398. Snapdragon masih kalah dengan selisih 15 persen. Masih gak percaya ini. Cari lagi dong, mana yang lebih spesifik lagi apakah benar MediaTek Helio G90T lebih baik dibanding Snapdragon 730G?

Mediatek Helio G90T Lebih Unggul di Performa

Sampai sini Snapdragon 730G kalah dengan MediaTek Helio G90T di aplikasi AnTuTu Benchmark, MediaTek Helio G90T lebih unggul dari segi CPU maupun GPU dibanding Snapdragon 7300G.

Jangan senang hati dulu, itu baru dari aplikasi AnTuTu Benchmark mengenai performa. Namun dalam urusan diluar performa, MediaTek Helio G90T ini punya kelemahan lain dibanding Snapdragon 730G. paling utama pada sisi efisiensi daya atau pada baterai lebih unggul Snapdragon 730G.

Snapdragon 730G telah diproduksi dengan fabrikasi 8nm yang lebih hemat daya dibanding fabrikasi 12nm pada MediaTek Helio G90T. efisiensi daya chipset baru ini kalah 10 persen dari Snapdragon 710, yah apalagi dengan Snapdragon 730G.

Dari kelemahan itu MediaTek menyematkan baterai dengan kapasitas 4500 mAh untuk bisa menjamin ketersediaan daya pada Redmi Note 8 Pro.

Tah hanya di baterai kelemahannya loh, ternyata ada lagi. Snapdragon 730G punya dukungan kamera lebih baik chipset ini mendukung kamera hingga 192MP untuk single, dan 22MP untuk dual. Wow banget kan? Gimana dengan MediaTek?

MediaTek Helio G90T hanya mendukung dual kamera 24MP + 16MP dan 64MP untuk single kamera. Juga layar hanya Full hd+, sedangkan Snapdragon 730G mencapai hingga QuadHD.

Penasaran smartphone apa sih yang menggunakan snapdragon 730g?

Saat ini smartphone yang menggunakan Snapdragon 730G adalah Samsung Galaxy A80 dan Oppo Reno 2, namun kedua smartphone ini bukan diperuntukan untuk gaming.

MediaTek Helio G90T di Redmi Note 8 Pro boleh punya performa tinggi, tapi Snapdragon 730G menawarkan efisiensi baterai dan dukungan kamera lebh baik.

Kalau milih performa tinggi namun efisiensi daya rendah apa masih mau pilih? Sedangkan di kalangan masyarakat mengincar dengan daya yang lebih besar, agar tahan lama untuk mengabadikan momen – momen yang bagus.

“Tapi semua tergantung kebutuhan si pembeli itu sendiri, saran sih cari yang sesuai kebutuhan dan tahan lama. Gak boros, gak panas.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *