Kandang Burung Puyuh Untuk Proses Budidaya

Kandang Burung Puyuh Untuk Proses Budidaya


Burung puyuh sebetulnya ialah jenis unggas liar yang biasa hidup di alam bebas, namun burung ini juga seringkali dijadikan sebagai hewan ternak. Budidaya atau berternak burung puyuh hampir sama persis seperti budidaya burung jenis lain seperti Lovebird dan Kenari.

Jenis burung ini biasanya biasanya sangat mudah di temui di persawahan, namun belakangan ini populasi burung puyuh mulai berkurang sehingga permintaa pasar terhadap daging dan telur burung puyuh pun semakin sulit. Maka sejauh ini budidaya burung puyuh masih menjadi ide bisnis yang sangat menjanjikan.

Jika dirawat dengan benar satu ekor burung puyuh bisa menghasilkan 5 sampai 6 butir telur dalam waktu selama satu minggu. Kemudian kamu juga bisa menjual daging burung puyuh yang sudah tidak produktif. Daging dari burung yang satu ini terkenal dengan rasa yang sangat gurih dan lezat.

Nah, bagi kamu yang berminat untuk budidaya burung puyuh langkah pertama yang harus kamu persiapkan ialah membuat kandang. Dan berikut ialah beberapa tahapan atau persiapan untuk membuat kandang.

1. Kandang untuk indukan

Untuk kandang idukan burung puyuh biasanya dibuat hampir menyerupai kandang yang digunakan untuk budidaya ayam. Dari segi ukuran kamu bisa menyesuaikan jumlah burung puyuh, jika jumlahnya banyak maka sebaiknya pilih tempat yang jauh dari pemukiman warga.

2. Kandang pembibitan

Di kandang yang akan digunakan untuk proses pembibitan biasanya harus lebih besar, juga tersedia beberapa lampu sebagai penghangat suhu. Jaga lupa untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kandan, sebab di tempat ini sangat mempengaruhi produktifitas dari telur.

3. Kandang untuk anakan

Tidak semua telur harus dijual, sebagai regenerasi nantinya kamu juga membutuhkan anakan burung puyuh untuk dijadikan indukan. Anakan burung puyuh yang sudah memasuki usia satu minggu bisa kamu pindah di kandang ini. Dari segi ukuran kamu bisa menggunakan ukuran panjang dan lebar 100 cm, serta tinggi 50 cm untuk jumlah 100 ekor.

Itulah beberapa persiapan terkait dengan kandang untuk budidaya burung puyuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.