Sumpit Dari Bambu, Bisnis Kerajinan Yang Menguntungkan

Sumpit Dari Bambu, Bisnis Kerajinan Yang Menguntungkan

Sumpit adalah salah satu alat bantu untuk makan, berasal dari Asia Timur sumpit juga sudah lama masuk ke Indonesia. Kamu juga tentu sering kali menjumpai sumpit di warung mie pangsit dan beberapa warung makan. Umumnya sumpit terbuat dari dua kayu yang sudah dihaluskan dengan tinggi yang sama. Kemudian di cat atau pernis agar terlihat lebih bagus.

Namun tak hanya terbuat dari kayu, sumpit juga ada yang terbuat dari bahan dasar logam, plastik, dan bambu. Bahkan dipasaran jenis sumpit yang terbuat dari bambu merupakan yang paling laris. Selain harganya yang lebih murah, sumpit dari bambu juga dianggap lebih praktis dan efisien. Pihak warung makan tidak direpotkan dengan mencuci alat makan tersebut. Sebab sumpit yang terbuat dari bambu biasanya hanya sekali pakai saja.

Kerajinan Tangan Sumpit Bambu

Zaman dahulu sekitar abad ke-8 Masehi sumpit juga ada yang terbuat dari gading dan perak. Berhubung harganya tergolong sangat mahal, penggunanya pun hanya orang-orang kaya dan para pejabat kekaisaran kerajaan Tiongkok. Yang menarik adalah, sumpit yang menggunakan bahan dasar perak diyakini mampu mendeteksi racun yang ada didalam makanan. Jika makanan tersebut mengandung racun maka dengan sendirinya sumpit perak akan berubah warna.

Saat ini China adalah negara terbesar penghasil dan pengguna sumpit bambu yang hanya sekali pakai. Bahkan beberapa tahun ini pemerintahan China telah memberikan himbauan kepada warganya agar tidak menggunakan sumpit sekali pakai, sebab dengan meningkatnya jumlah produksi sumpit sekali pakai populasi bambu dan kayu di China semakin berkurang. Sehingga banyak terjadi hutan gundul. Tak hanya itu saja, limbah dari sumpit sekali pakai juga berpotensi merusak lingkungan. Hingga sekarang pemerintah China terus mengkampanyekan slogan “Bawa Sendiri Sumpit mu“.

Di Indonesia sendiri sumpit bambu maupun kayu belum sepopuler seperti di China. Namun jika kamu berminat untuk membeli sumpit bambu bisa dengan mudah kamu dapatkan di beberapa toko perlengkapan makanan maupun order online di marketplace. Di beberapa marketplace sumpit bambu di bandrol dengan harga 7 ribu dengan isi 50 pcs.

Itulah ulasan singkat terkait dengan sumpit bambu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *