Cara Budidaya Ikan Molly Dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Molly Dengan Mudah


Berbicara soal ikan, salah satu ikan yang saat ini ramai dibudidaya dan memiliki nilai bisnis tinggi ialah ikan molly. Kelebihan dari budidaya ikan molly ialah tidak mengenal musim, hampir setiap tahun laku dan permintaan terhadap ikan molly selalu stabil. Ikan moli sendiri ada beberapa katergori yang pertama ialah ikan molly golden black, molly orange, dan molly marbel.

Cara untuk memulai budidaya ikan molly juga termasuk tidak begitu sulit, jika dalam skala kecil kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak. Bagi kamu yang hobi memelihara ikan dan ingin juga membudidaya ikan molly berikut cara atau tahapannya.

Siapkan akuarium pemijahan

Langkah awal untuk budidaya ikan molly ialah dengan menyiapkan akuarium, namun untuk skala yang lebih besar biasanya menggunakan kolam semen atau terpal. Kemudian letakan akuarium untuk ikan molly pada ruangan yang terkena sinar matahari, selain itu kamu juga perlu memperhatikan suhu akuarium.

Idealnya ikan molly akan merasa nyaman hidup dan bisa berkembang pada suhu 24 hingga 30 derajat celsius.

Jika menilik pada suhu tersebut maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa budidaya ikan moly ini cukup mudah, tentu saja karena tidak rewel untuk suhu air.

Pilih ikan molly jantan dan betina

Selanjutnya yakni pada proses pemilihan jenis ikan molly betina dan jantan. Untuk membedakan dari keduanya kamu bisa memperhatikan dari ukuran tubuh, bentuk kepala, warna, dan sirip.

Ikan molly jantan biasanya memiliki tubuh dan ukuran kepala yang lebih kecil, dari segi warna molly jantan lebih menarik dan cerah, sementara itu pada bagian sirip molly jantan lebih terlihat besar dan memiliki sirip yang memanjang pada bagian bawah.

Perbedaan ikan molly jantan dan betina
Perbedaan ikan molly jantan dan betina (ikanesia.id)

Proses menjodohkan

Ketika antara ikan molly jantan dan betina sudah terpisah, serta cukup secara umur langkah berikutnya ialah proses perjodohan. Ikan molly yang sudah siap dijodohkan dapat terlihat dari warna kelamin yang nampak lebih cerah. Jadikan satu akuarium antara ikan molly jantan dan berita dan tunggu hingga hamil, biasanya antara 2 hingga 3 hari.

Sesungguhnya ikan molly jantan dan betina bisa dengan mudah melakukan perkawinan, bahkan ketika Anda membeli di toko ikan mungkin saja ikan betina itu sebenarnya sedang hamil.

Nah disitulah masalahnya, untuk perkawinan dan hamil cukup mudah sekali namun untuk melahirkannya yang tidak mudah. Indukan moly betina tidak bisa sembarangan mengeluarkan anakan, hal ini disebabkan karena mungkin tingkat stress yang tinggi.

Karenanya peternak menyiasatinya dengan menurunkan kadar pH air agar indukan betina tidak stress, biasanya stress itu karena terlalu tinggi pH atau zat amonia.

Agar indukan bisa lebih nyaman, akuarium yang berisi betina siap melahirkan itu diberi garam dapur misal 1-3 cubit saja. Kadar ini menyesuaikan ukuran tank / akuarium yang digunakan ya.

Menyiapkan tempat anakan molly

Jika proses melahirkan indukan ikan molly telah selesai maka kamu harus memindahkan atau memisah anakan dengan ikan dewasa, sebab bisa jadi anakan tersebut menjadi mangsa bagi ikan molly dewasa. Selain itu kamu juga wajib memberi makan secara teratur dan menjaga kebersihan akuarium agar ikan molly bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna.

Untuk teman-teman pemula akan sangat mudah sekali dalam budidaya ikan molly, satu indukan biasanya bisa beranak antara 4 ekor hingga 15 ekor.

Itulah tahapan atau cara budidaya ikan molly, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *