Cara Menyiapkan Tambak Untuk Budidaya Udang Vaname

Cara Menyiapkan Tambak Untuk Budidaya Udang Vaname

Udang whiteleg adalah jenis udang yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama udang vaname. Memiliki ukuran yang lumayan besar dan tekstur daging yang empuk menjadikan udang yang satu ini semakin banyak diminati.

Belakangan ini udang vaname memang banyak diperbincangkan, minat masyarakat terhadap budidaya udang vaname juga semakin tinggi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh keuntungan yang sangat menggiurkan dan meningkatnya permintaan pasar terhadap udang vaname.

Memulai budidaya udang vaname sebetulnya ada beberapa cara atau persiapan yang harus kamu lakukan, dan yang paling utama ialah menyiapkan lahan untuk dijadikan tambak. Untuk menyiapkan tambak sendiri setidaknya ada tiga yang hal harus diperhatikan, diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Mengeringkan tambak

Jika sudah menemukan lahan yang tepat untuk dijadikan tambak dan proses penggalian sudah selesai langkah pertama yang harus dilakukan ialah proses pengeringan tambak. Hal ini bertujuan agar bakteri yang terdapat di dalam tambak bisa mati dengan sendirinya. Proses mengeringkan tambak bisa kamu lakukan selama 3 sampai 6 hari.

2. Pembajakan tambak

Langkah selanjutnya ialah dengan membajak tanah dengan perkiraan kedalaman hingga 10cm. Pembajakan tanah tambak dilakukan agar kondisi tanah menjadi lebih alami, selain itu juga bermanfaat agar kondisi tanah menjadi lebih bersih dari sisa sampah dan lumpur.

3. Mengukur pH Tanah

Untuk tambak udang vaname idealnya kondisi keasaman tidak lebih dari 7.5 pH, maka sebaiknya kamu juga perlu menyiapkan terlebih dahulu alat untuk mengukur pH. Sebab jika hal ini tidak dilakukan resikonya ialah udang vaname tidak bisa tumbuh dengan sempurna, bahkan dengan ukuran pH yang tidak sesuai bisa saja beresiko pada kematian udang vaname.

Nah, jika langkah pengolahan tanah untuk dijadikan tambak sudah selesai langkah selanjutnya ialah kamu tinggal mempersiapkan atau memilih bibit terbaik dari udang vaname atau yang lenih sering disebut dengan benur. Untuk penebaran benur sendiri sebaiknya dilakukan pada sore hari atau ketika sinar matahari mulai tenggelam sehingga cuaca tidak terlalu panas.

Itulah ulasan singkat tentang tahapan penyiapkan tambak untuk budidaya udang vaname.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *