Manfaat Limbah Nanas Untuk Pakan Ayam

Manfaat Limbah Nanas Untuk Pakan Ayam

Siapa yang tak kenal dengan buah nanas? Buah yang berwarna kuning dan memiliki rasa manis kecut itu disukai oleh banyak orang. Namun tahu kah kamu ternyata nanas atau limbah kulit nanas bisa dijadikan pakan hewan ternak.

Dengan menjadikan buah nanas sebagai pakan diyakini bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Seperti yang dilakukan oleh beberapa peternak sapi, mereka pun memanfaatkan nanas untuk dijadikan pakan sapi.

Baru-baru ini tak hanya peternak sapi saja, salah satu perusahaan peternak ayam juga sudah mulai menggunakan buah nanas untuk di ekstrak dan dijadikan pakan. Bukan hanya agar tekstur daging menjadi emput, namun kandungan enzim dan nutrisi yang ada di buah nanas juga sangat baik untuk kesehatan hewan ternak.

Manfaar nanas untuk pakan

Dengan menggunakan buah nanas yang sudah diolah menjadi pakan, sistem metabolism dan daya cernak ayam menjadi lebih baik. Dengan demikian maka sangat dimungkinkan kamu akan memperoleh hasil atau panen ayam dengan kualitas yang lebih baik, dagingya lembut, dan sehat.

Selain itu buah nanas juga diyakini bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya cerna protein, dengan demikian kotoran ayam akan menjadi lebih kering. Tentunya kamu akan lebih mudah membersikan kandang, dan bau kotoran juga tidak begitu menyengat.

Jenis pakan ayam

Meskipun nanas memiliki kandungan yang baik untuk dijadikan pakan ayam ternak namun sepertinya masih sangat jarang yang menggunakan. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor, misalnya yakni tidak tersedianya limbah nanas dan minimnya pengetahuan tentang cara membuat pakan dari buah nanas. Selain buah nanas, diantara jenis pakan yang paling sering digunakan ialah sebagai berikut.

  1. Bekatul, ini adalah dedek yang dihasilkan dari limbah padi saat dioleh menjadi beras.
  2. Singkong, untuk menjadikan pakan ayam singkong biasanya dijemur terlebih dahulu, dan jenis pakan ini biasanya hanya dijadikan sebagai makanan tambahan.
  3. Pollard, ialah limbah dari proses pengelolaan gandum menjadi tepung.

Itulah ulasan singkat tentang manfaat nanas untuk ayam ternak dan beberapa jenis pakan lainnya yang sering digunakan oleh para peternak ayam.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *