Peluang Bisnis Online Yang Bisa Membuat Anak Muda Sukses

Peluang Bisnis Online Yang Bisa Membuat Anak Muda Sukses

Kita dijaman yang serba modern ini seolah dipaksa mengikuti pola serta arus teknologi, mulai dari cara berkomunikasi yang awalnya harus berkunjung langsung sekarang sudah lebih praktis melalui aplikasi chatting. Begitu pula untuk menggapai kesuksesan, kamu ketika mencari informasi peluang usaha pasti akan didapatkan tentang bisnis online.

Bagaimana tidak, saat ini semua lini ekonomi sudah dikuasai oleh teknologi mulai dari jualan makeup hingga jualan rujak. Kita sering dapati para penjual makeup di media sosial seperti whatsapp maupun instagram, begitu pula mereka yang jualan rujak-pun ramai melayani pelanggan melalui aplikasi seperti GoFood dan GrabFood.

Pada akhir 2009 hingga tahun 2010 merupakan masa ledakan teknologi di Indonesia, karena pada masa itulah secara besar-besaran perusahaan internasional menarget pasar Indonesia. Itulah alasan kenapa di 2010 banyak website bermunculan, karena pada saat itu tren bisnis online sedang menjadi kemunculan besar.

Ditambah lagi munculnya berita di televisi, seorang pemuda yang menghasilkan $9000 per bulan dari google adsense. Ini benar-benar menjadikannya imbas besar, khususnya anak muda yang memiliki minat di IT.

Beberapa website portal besar seperti detik.com; kompas.com; slawiayu.com; analisatradingforex.com dan lain sebagainya memberikan andil dibidang media informasi Indonesia. Sedangkan dibidang jual beli didorong oleh situs diantaranya tokobagus.com; berniaga.com; olx.com; lazada.com; tokopedia.com; bukalapak.com; dan lain sebagainya.

Ternyata sebagian besar startup-startup tersebut dibangun pada 2009 hingga 2010, yang memang waktu itu bisnis online menjadi momok besar. Untuk itulah pada tahun ini, kami harap kamu juga bisa ikut andil di perekonomian digital ini agar sama-sama memperoleh kesuksesan.

Apa itu bisnis online?

Mungkin ada beberapa dari kamu belum tau secara detil, bisnis online adalah suatu bisnis (cara mendapatkan uang) yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya. Maka dari itu bisnis ini hanya bisa dilakukan ketika komputer, tablet, handphone, laptop kamu sudah terkoneksi dengan internet.

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah terkoneksi dengan internet, namun mungkin terpikir bagaimana agar kuota di handphonenya bisa menghasilkan uang. Pikiran seperti ini pasti terlintas oleh semua anak muda, karena kalau dibayangkan kuota internet hanya untuk chating whatsapp dan buka facebook saja pasti merasa kurang bermanfaat dalam arti tidak dapat apa-apa.

Yuk, kita bahas bagaimana cara menghasilkan uang di internet terutama buat kamu yang pemula ingin mencari pandangan bisnis online yang minim modal tapi kedepan bisa menghasilkan yang cukup banyak.

Siapa yang bisa kerja online?

Tentunya kamu semua yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, karena tidak dibutuhkan gelar apa yang dimiliki namun kesungguhan serta niatmu dalam mengerjakan kerja online itu. Semua orang bisa loh terjun di internet marketers, bahkan banyak mereka yang sukses berawal dari orang awam teknologi.

Karena itulah kami mencoba memberikan rangkuman untuk kamu pelajari tentang nyari duit lewat online, tentu ini bisnis nyata loh ya bukan odong-odong. Tapi perlu kami berikan disclaimer terlebih dahulu, bahwa:

Menurut kami, MLM dan Gam*bling atau sejenis ju*di bola tidak bisa disebut bisnis. Karena itulah kami tidak memasukkan ke dalam daftar kami.

Berikut ini beberapa rekomendasi bisnis online terpercaya yang sudah terbukti menghasilkan uang dari internet, untuk modal itu berbeda-beda dari jenis yang dipilih serta kemampuan personal.

1. Bisnis Offline go Online

Untuk pertama kali pembahasan kita ialah mengonlinekan bisnis yang sudah berjalan di offline / darat / dunia nyata, ini sedang marak dilakukan dan ternyata benar-benar work. Banyak masyarakat Indonesia merasa terbantu dengan adanya offline go online, contoh paling simpel yaitu jual beli berbasis internet.

Ketika kamu sudah punya stok barang dagangan yang sudah laku di dunia nyata, tidak ada salahnya kamu merambah melalui internet marketing. Banyak sekali pengusaha muda yang memulai dari usaha kecil, lalu memasarkan melalui website, facebook, instagram dalam waktu kurang dari setahun sudah berkembang pesat.

Tapi buat kamu yang belum punya atau mau memulai sebuah usaha, berikut ini contoh ide bisnis yang mungkin bisa jadi inspirasimu.

  • Jual barang yang akan trending, misalnya TOPI KELINCI LED. Dulu saat topi jenis ini belum terkenal, kalo kamu bisa membaca akan jadi trending maka ketika kamu memborong topi kelinci lalu dijual lagi pasti ketika sudah viral kamu memperoleh keuntungan yang besar.
    Tidak bisa dipungkiri, sangat sulit memprediksi sebuah barang akan laris manis atau tidak.Tapi ini bisa menjadi ide buat kamu kan? Padahal kalo beli borongan topi kaya gini, paling harga satuan sekitar Rp 15.000,- lalu dijual dipasaran mencapai Rp 25.000,- bahkan tidak jarang ditemui di alun-alun atau pinggir jalan dijual sampai 50ribu rupiah.
  • Jual kuliner kreatif, misalnya SANG PISANG milik putra presiden kita, atau paling mudah ialah jajanan jaman dahulu. Kamu bisa beli (kulakan) misal mie biting, makaroni aneka rasa, dan beberapa jajan jadul lainnya. Belilah satu plastik besar (sak bal), kemudian diecer misal 200gr dengan tampilan kekinian sehingga layak dijual secara online.
    Atau kalo kamu bisa langsung produksi sendiri itu lebih bagus lagi, seperti makanan ringan dengan nama MAICIH dan lainnya. Itu sebenarnya keripik pedas seperti biasa, namun dikemas dan dibranding sedemikian rupa dengan memanfaatkan media sosial.
  • Kuliner bermitra dengan aplikasi, saat ini pertumbuhan startup indonesia cukup bagus. Sebut saja GoJek dan Grab yang telah menjamur hampir disemua wilayah Indonesia, melalui aplikasi ini kamu yang punya usaha kuliner bisa menjadi mitra gojek.
    Misalnya seblak, cilok mie, kue cubit meler, dan sebagainya bisa kamu coba lalu datang ke kantor cabang gojek diwilayahmu berada.
  • Cari produsen lokal kemudian di brand sendiri yang arahnya penjualan melalui internet, ini sedang ramai sekali dan bahkan penjualannya tidak main-main. Misalnya pembersih kerak keramik FLASH MAGIC CLEAN, WARTZ, DAAR merupakan hasil brandingan yang pelaku ambil dari produsen lokal.

Dengan mencari produsen lokal maka kita turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, karena jika kamu bisa membuat penjualan di internet tinggi maka si produsen juga bisa lebih banyak mempekerjakan karyawan sekitar.

Ini telah dilakukan oleh salah satu pemain internet marketer dari Tegal, yang mencari pengusaha lokal untuk diajak kerjasama. Konsepnya jika produk tersebut bermerek maka kamu bisa meminta izin apakah mungkin dengan produk yang sama namun mereknya custom, dengan ini kamu bisa mengendalikan nama brand. Setelah itu lakukan persetujuan entah itu kamu membeli misal 50 buah terlebih dahulu, lalu kamu bisa mulai foto-foto produk atau bahkan membuat video mengenai produk tersebut.

Jika kamu memiliki kedekatan dengan si produsen, biasanya akan menggunakan sistem kepercayaan. Mangsudnya, misal disepakati harga produksi adalah 30ribu dan harga jual 50ribu, kemudian produsen akan memberikan (menitipkan) sejumlah barang ke kamu misal 50 buah untuk dipasarkan di internet.

Misalkan dalam waktu 1 minggu terjual 10 buah, maka kamu setor 30ribu x 10 buah sama dengan Rp 300.000,- yang harus disetorkan, artinya kamu bisa menghasilkan Rp 20.000,- dari penjualan tersebut.

Tapi ingat, karena kamu akan menjalin kerjasama dengan pengusaha tersebut maka usahakan semuanya jelas mulai dari harga modal atau harga produksi, harga kita membeli ke produsen, harga jual kita. Artinya agar tidak ada yang ditutup-tutupi sehingga bisnis kita bisa berjalan lancar tanpa kendala, jangan sampai ketika sudah berjalan dan sedang banyak orderan ternyata ada masalah akhirnya memutus kerjasama.

2 Jasa Konsultasi

Salah satu jenis internet marketing yang bisa kamu lakukan yaitu membuka jasa konsultasi online, ini mungkin terdengar cukup aneh tapi ternyata sekarang ini tidak sedikit yang melakukannya. Kalau ditanya berapa klien yang dimiliki, mereka bisa menjawab ratusan.

Jenis bidang usaha konsultasi ini mungkin cocok buat kamu yang memiliki keahlian tertentu, maksudnya kamu ahli disebuah bidang kemudian dibuatlah jasa konsultasinya.

Saat ini yang lagi banyak digunakan yaitu konsultasi perawatan anak balita, biasanya pelakunya lulusan perawat atau kebidanan. Mereka bisa membuka konsultasi di halaman facebook maupun akun instagram, ternyata para pelanggannya ialah mereka yang baru mempunyai anak pertama.
Bahkan ada sebuah blog yang membuka jasa konsultasi hewan peliharaan secara gratis, situs ini dihandle langsung oleh seorang dokter hewan.
Bagaimana dia dapat uang sedangkan layanan konsultasinya gratis? Tenang, kan masih ada adsense dan lainnya. Kalo blognya udah tinggi, bukan mustahil lagi kalau perusahaan makanan kucing meminta pasang iklan dengan biaya yang tinggi.

3. Dropship

Karena pertumbuhan internet di Indonesia sudah tinggi dan kebutuhan hidup masyarakat semakin banyak, maka untuk menjalankan sebuah bisnispun terkadang terkendala dengan modal. Ingin jualan pakaian di facebook, ga punya uang buat modal beli stok.

Akhirnya muncullah sistem dropship, yaitu sistem dimana kita bisa ambil produk untuk dijual tanpa kita memiliki barangnya. Mungkin bahasa yang sering kita dengar disekitar yaitu makelar, nah ternyata jadi makelar online itu bisa tanpa modal dan untung besar loh.

Kamu ga perlu membeli barang itu tapi bisa menjualnya, ketika ada yang beli maka kita hanya membayar harga pokok saja ke supplier.

Mungkin alurnya bisa dijelaskan melalui gambar dibawah ini

alur dropship yang sebenarnya
alur dropship yang sebenarnya

Jadi kamu posisinya menjadi jembatan antara penjual dengan pembeli, misalkan harga dari penjual ke kamu Rp 50.000,- kemudian kamu jual ke pembeli Rp 70.000,- maka kamu sudah memperoleh keuntungan cukup besar.

Bayangkan saja kalo kamu bisa mengoptimalkan bisnis online dropship ini, dalam satu hari bisa melayani 10 pembelian saja sudah sangat besar. Terlebih lagi kamu tidak perlu pusing mikirin stok barang, tidak perlu mikir ekspedisi, dan lain sebagainya.

4. Penulis Artikel

Salah satu bisnis online yang sangat dibutuhkan saat ini yaitu penulis artikel atau content writer, karena saat ini pertumbuhan website sudah sangat pesat. Semua bidang usaha mulai membuka website, sehingga kebutuhan akan konten yang enak dibaca menjadi prioritas utama.

Dalam kenyataan banyak pemilik website/blog tidak bisa menulis, karena mereka hanya memiliki konsep ide bisnis rumahan menjalankan website saja jadi demi mengisi konten di website mereka membayar penulis untuk mengisi website.

Jika kamu mempunyai keahlian dalam menulis maka sangat disarankan untuk membuka jasa penulis, karena inilah bisnis online tanpa modal. Ya benar-benar tanpa modal, karena menulis adalah skill yang tidak ternilai.

Konsep penulis website itu biasanya si pembeli memberikan pembahasan apa yang harus ditulis dengan beberapa ketentuan, lalu kamu bisa menulis sejumlah pesanan klien.

Bagaimana cara menulis artikel? Hal paling gampang buat kamu lakukan yaitu dengan copy paste artikel yang dicari dari google, kemudian kamu tulis ulang dengan gaya bahasamu sendiri. INGAT, dalam membuka jasa penulis tidak boleh ada unsur plagiarisme maka dari itu tulisan asli itu menjadi nilai tidak tertandingi. Untuk itulah kamu harus benar-benar menulis ulang dengan sudut pandang sendiri, dengan gaya bahasa sendiri, serta konsep sendiri.

Artikel tanpa SEO Rp 6000 /350 kata
Artikel SEO Rp 13.000 /500 kata
Artikel SEO Rp 25.000 /1000 kata
Artikel Inggris Rp 28.000 /700 kata

Harga diatas kami ambil dari salah satu penyedia jasa seo terbaik di Indonesia, mungkin terdapat perbedaan harga di jasa penulis lainnya. Tapi kalau dilihat dari segi ekonomisnya, cukup lumayan kan? Bayangkan jika kamu menerima order tulisan untuk sebulan sekalian, dan setiap hari diposting 3 artikel, berapa uang yang kamu dapat? Itu baru satu klien, bagaimana kalau kamu handle 10 klien saja kan lumayan.

5. Google Adsense

Naah akhirnya kita masuk di pembahasan google adsense nih, pastinya kalian sudah nunggu-nunggu materi adsense kan. Siapa coba anak muda sekarang yang ga tau google adsense?

Adsense adalah sebuah platform jaringan periklanan milik google yang memungkinkan kamu buat mendaftar sebagai publisher, jadi kamu akan bermitra dengan google untuk menayangkan iklan di Youtube / Website / Aplikasi android yang udah kamu buat.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kamu bisa menghasilkan ribuan dollar per bulan dari google melalui

  1. Youtube
  2. Website / blog
  3. Aplikasi android

Biasanya orang taunya adsense itu dapet dari youtube doang, padahal ternyata ada 3 poin diatas. Berikut ini penjabarannya,

– Youtube

Kalau sering nonton video youtube seperti atta halilintar, ria ricis, dan sebagainya mungkin sudah tau kan penghasilan youtuber itu mencapai miliaran rupiah per bulannya. Nah kamu juga bisa mendapatkan dollar dari youtube, caranya yaitu dengan mengunggah video unik dan kreatifmu setelah login dengan akun google.

Berikan judul yang menarik, deskripsi yang lengkap, kemudian hashtag di kolom tag. Ini perlu dilakukan sebagai upaya optimasi youtube, kalo kamu memang udah tinggi si ga masalah tapi kalo predikat youtuber baru maka harus sedikit rajin ya.

Eeeiiitts, ternyata ada syarat yang harus dipenuhi kamu sebagai youtuber agar bisa dapet duit dari yutub diantaranya harus punya subscriber minimal 1000 dan jam tayang mencapai 4000. Bagi pemula ini sangat susah, tapi kalo sudah tau poin-poinnya ini cukup mudah dilalui.

– Website

Saat ini sering ada istilah, kalo ada pertanyaan yang ga tau jawabannya bisa dicari di mbah google; atau “kata google, cara memanjangkan rambut adalah bla bla bla”.

Nah ini sebenernya sedikit keliru, karena google itu hanya sebatas mesin pencari saja. Maksudnya mencarikan website yang mungkin cocok dengan hal saat itu kamu cari, makanya pas nyari di google terus klik salah satu judul maka kamu akan dilempar ke sebuah website kan?

Inilah poinnya, kamu harus punya website yang memberikan informasi berguna untuk pembaca sehingga orang betah membaca di web tersebut. Ketika orang bertahan buat baca, maka google tau nih “ooo ternyata situs ini bagus, OK, gue taroh di posisi atas” seperti itu.

Lalu gimana kalo misalnya web kamu posisinya ada diu halaman pertama? Jelas akan dibaca orang banyak se Indonesia atau bahkan sedunia, terus kalo udah dibaca kan iklan adsense bakal tayang ke pembaca.

Disinilah nilai ekonomis bagi para blogger (sebutan buat pengelola website dan blog), hanya butuh membuat 1 postingan yang bermanfaat lalu kalo udah naik di google maka postingan itu bisa selamanya menghasilkan duit buat kita.

Kita coba bayangin lagi, itu kalo 1 postingan kan, gimana kalo website kita udah ada 200 postingan? Pastinya akan lebih gurih lagi, maka dari itu yuk bikin website.

Membuat website itu butuh hosting dan domain, untuk beli hosting terbaik bisa ke Niagahoster saja ya. Alasannya bisa baca review niagahoster.

logo niagahoster

– Android

Ini sebenernya cukup sulit, karena kamu harus bisa membuat aplikasi android untuk bisa menanyangkan iklan di aplikasi. Mungkin ini cocok buat kamu yang kuliah ambil jurusan IT, karena mungkin sudah terbiasa dengan koding bahasa java.

Setelah aplikasi kamu jadi dan kode iklan sudah disisipkan pada aplikasi, maka tugas selanjutnya yaitu mengunggah ke playstore. Untuk bisa mengupload ke playstore kamu harus menyiapkan modal, ada biaya registrasi sebesar $25 atau sekitar Rp 400.000 yang dibayar melalui kartu kredit.

6. Trading Forex

Jika kamu membaca dari awal mungkin akan bertanya, kenapa trading forex dimasukkan kedalam bisnis online? Kan diawal sudah dijelaskan kalau MLM dan ju*di tidat termasuk sebuah bisnis.

Untuk menjawab pernyataan seperti itu, kami akan balik menanyakan, apakah trading forex itu sebuah ju*di? Tidak, karena trading forex itu murni sebuah bisnis khususnya skala dunia.

Sesuai namanya trading itu berasal dari bahasa inggris yang maknanya jual beli, kemudian forex itu singkatan dari foreign exchange maksudnya pertukaran mata uang. Disini sudah sangat jelas kalau trading forex itu jual beli mata uang dunia, sehingga kami perlu katakan jika ada yang mengatakan forex adalah scam dan mengandung unsur penipuan ialah bohong.

Kalopun ada berita penipuan berkedok investasi forex, itu merupakan oknum yang mengatasnamakan bisnis trading forex. Semua lini bisnis pasti ada oknum jahat yang mencoba mengambil jalan pintas dengan cara menipu orang, dengan kedok berbagai macam. Sehingga menurut kami sangat tidak adil jika kamu mengatakan forex itu sama dengan ju*di dan penipuan, sebab hal berbeda.

Bisnis trading itu tidak hanya sebatas mata uang saja, tapi bisa juga saham, emas, minyak mentah, komoditas, dan bahkan akhir-akhir ini crypto currency.

Forex (foreign exchange) adalah sebuah bisnis jual beli mata uang antara satu dengan lainnya, karena skala dunia maka kamu harus memantau pergerakan harga mata uang dunia untuk bisa membaca analisa BUY/SELL.

Apakah bisnis forex ini baru muncul? Tidak, karena jual beli mata uang sudah ratusan tahun berlangsung namun sebelum-sebelumnya masih dilakukan cara tradisional. Bahkan pada awal 2000-an ketika ekonomi Indonesia sedang perbaikan, masih cukup asing ditelinga masyarakat indonesia tentang trading.

Awalnya kamu ketika ingin membeli dollar, harus pergi ke bank atau ke exchanger. Lalu pas ingin menjualnya, harus pergi ke bank lagi untuk jual. Dulu seperti itu ribet, tapi sekarang ketika pasca reformasi digital semua sudah menggunakan internet.

Kamu bisa memilih perusahaan trading forex terpercaya untuk bisa menghasilkan uang dari online, seperti :

  1. XM Broker
  2. FBS
  3. OctaFx
rekomendasi broker forex terbaik di pastiin
rekomendasi broker forex terbaik di pastiin

Mungkin buat kamu yang pernah tau tentang forex, kenapa broker yang direkomendasikan diatas merupakan perusahaan dari luar negeri? Kok tidak menggunakan broker indonesia saja, kan di Indonesia juga banyak.

Salah satu dari penulis Pastiin.Com merupakan seorang trader (sebutan yang menjalani bisnis forex), bahkan menjadi penulis di situs forex terbesar di Indonesia (ga perlu disebut apa dan siapa lah ya).

Menurut penuturan dia, 3 broker luar negeri diatas sudah terbukti bagus dan handal dalam menjalankan aktifitas trading. Bahkan tidak sedikit kasus broker lokal yang memiliki izin BAPEPTI tapi kinerja dan layanan buruk, karena itulah direkomendasikan broker terbaik diatas.

Demikianlah uraian mengenai Peluang Bisnis Online Yang Bisa Membuat Anak Muda Sukses, apakah kamu sebagai kaum milenial tidak mau ikut andil di dunia digital saat ini? Tentu saja setiap orang ingin sukses dengan cara serta jalan masing-masing, kami tidak bisa memaksa kamu buat menjalankan yang udah ditulis diatas. Karena tulisan ini hanya sebagai gambaran saja, barangkali ada dari kamu yang lagi butuh ide bisnis rumahan buat anak kekinian jadi semoga membantu. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *