Ternak Ayam Kampung: Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

Ternak Ayam Kampung: Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

Di Indonesia ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang paling favorit dijadikan berbagai macam olahan makanan. Berbeda dengan beberapa jenis ayam lainnya yang lebih sering dimanfaatkan telurnya, dan usia atau masa ternaknya pun tidak terlalu lama.

Saat memelihara ayam kampung tentu berbeda dengan memelihara ayam pedaging atau petelur. Umumnya ayam jenis ini harus lebih diperhatikan jenis makanan dan kebersihan kandangnya, berbeda dengan ayam pedaging atau petelur yang biasanya sudah disuntik obat agar lebih sehat.

Penasaran dengan bagaimana cara merawat atau ternak ayam kampung? Berikut hal yang harus kamu perhatikan.

Kebersihan kandang

Jika memelihara ayam kampung kamu harus lebih ekstra membersihkan kandang, terutama dari kotoran ayam itu sendiri. Dengan menjaga kebersihan kandang maka kondisi ayam akan lebih sehat dan mampu terhindar dari berbagaimacam bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan. Agar lebih mudah kamu juga bisa memanfaatkan kotoran ayam tersebut untuk membuat pupuk alami.

Memilih induk ayam yang bagus

Selain kandang yang sudah dipersiapkan dengan matang, kamu juga perlu memilih induk ayam kampung yang sehat. Induk ayam kampung yang bagus atau sehat biasanya bisa dilihat dari bobot dan tidak ada luka pada ayam tersebut. Selain itu ayam kampung yang bagus juga memiliki ketertarikan untuk melakukan perkembangbiakan lebih sering.

Asupan gizi dan makanan

Ayam kampung memang lebih terkenal bisa mencari makan sendiri jika sejak kecil sering dibiarkan berkeliaran. Namun alangkah baiknya jika kamu juga memberikan makan secara rutin, misalnya setiap pagi dan sore. Selain itu kamu juga bisa sesekali memberi vitamin agar ayam tersebut bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Memisahkan anak ayam

Jika dikemudian hari ayam sudah memiliki banyak anak, sebaiknya pilih dan pisah anakan tersebut berdasarkan ukurannya. Sebab jika dibiarkan terus bercampur maka yang dikhawatirkan yakni pertumbuhan anak ayam tidak bisa merata.

Nah, itulah ulasan singkat tentang apa yang harus kamu perhatikan sebelum ternak ayam kampung. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *