Perbedaan Antara Vespa dan Lambretta

Perbedaan Antara Vespa dan Lambretta


Di Indonesia Vespa merupakan jenis motor tua yang tergolong antik, begitu juga dengan Lambretta. Banyak yang menyangka bahwa kedua motor tersebut sama, meski sama-sama diproduksi dari negara Italia namun sebetulnya keduanya memiliki banyak perbedaan dan memang tidak sama.

Beberapa perbedaan antara kedua skuter tersebut yang paling mencolok yakni dari segi mesin dan juga pada eksterior bagian depan. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa perbedaan antara kedua skuter pabrikan Italia tersebut yang mungkin belum kamu tahu.

1. Pada bagian bodi

Kedua skuter tersebut memang memiliki kesamaan bahan dasar bodi, yakni terbuat dari besi. Namun secara konsep dasar keduanya memang berbeda, Vespa menggunakan rangka monocoque dimana antara sasis dan bodi menjadi satu, sedangkan Lambretta menggunakan spar frame yakni antara sasis atau mesin dibuat terpisah dengan bodi.

2. Bentuk headlamp berbeda

Sudah sedikit disinggung di atas, bahwa perbedaan yang paling mencolok ialah bada bodi bagian depan. Begitu kamu melihat bagian headlamp atau lampu depan tentu secara otomatis bisa membedakan antara Vespa dan Lambretta. Lampu depan Vespa masih menggunakan model bulat atau kotak dibagian atas atau pada stang motor, sedangkan ciri khas Lambretta ialah mengusung lampu depan atau headlamp heksagonal

3. Pabrik yang berbeda

Dibandingkan dengan Lambreta Vespa memang lebih dulu muncul di pasaran yakni pada tahun 1946 di bawah perusahaan induk Piaggio, kemudian Lambretta hadir sebagai pesaing dan di produksi oleh Ferdinando Innocenti. Nama Lambreta sendiri terinspirasi dari sebuah nama sungai yang melintas di kota Milan.

4. Perawatan yang berbeda

Jika dibandingkan dengan Lambretta jumlah Vespa di Indonesia memang jauh lebih banyak, mungkin sebab hal inilah yang membuat harga Lambretta lebih mahal dan cara perawatannya pun harus lebih ekstra. Jika ada salah satu spareparts Lambretta yang rusak maka akan lebih sulit mendapatkan gantinya, selain itu untuk ongkos servis pun jauh lebih mahal Lambretta.

Itulah ulasan tentang perbedaan antara kedua skuter asal Italia, baik dari segi pabrikan, bodi motor, atau yang lainnya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *