Cara Sederhana Budidaya Tanaman Anggrek

Cara Sederhana Budidaya Tanaman Anggrek


Merawat tanaman hias merupakan salah satu hobi yang dilakukan oleh banyak orang untuk mengisi waktu luang. Namun tahukah kamu, ternyata hal tersebut tidak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang saja. Memiliki hobi merawat tanaman hias juga bisa dijadikan suatu bisnis yang menguntungkan.

Sebagai contoh yakni jika kamu memiliki hobi merawat tanaman anggrek. Tanaman anggrek yang memiliki banyak jenis ternyata sangat cocok jika dibudidaya dan dijual belikan, apa lagi jenis tanaman anggrek yang tergolong langka.

Namun sayangnnya untuk bisa menikmati hasil dari budidaya tanaman anggrek memang membutuhkan waktu yang cukup lama, hal ini disebabkan karena proses pertumbuhan tanaman anggrek hingga sampai berbunga memakan waktu yang cukup lama juga.

Tapi hal tersebut tentu tak jadi masalah, namanya juga bisnis sampingan. Nah, jika kamu berminat untuk budidaya tanaman hias anggrek berikut cara atau tahapan yang bisa kamu lakukan.

1. Menyiapkan bibit

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan membeli bibit tanaman anggrek, biasanya bibit anggrek berusia 3 atau 5 bulan. Letakan bibit tersebut pada pot kecil atau kamu juga bisa menggunakan botol bekas air mineral. Kemudian jika diusia sekitar satu tahun tanaman anggrek sudah mulai memiliki akar dan daun pindahkan tanaman tersebut ke pot yang lebih besar.

2. Proses pemindahan

Dilihat dari segi cara menanamnya anggrek memiliki dua jenis, yakni anggrek Epifit dan anggrek Terrestris. Jika yang kamu budidaya ialah jening anggrek Epifit maka langkah selanjutnya ialah dengan memindahkan anggrek tersebut ke batang pohon. Namun jika jenis anggrek Terrestris maka kamu cukup memindahkan anggrek tersebut ke pot yang ukurannya lebih besar, dan usahakan pot tersebut terbuat dari tanah liat yang terdapat lubang pada bagian bawah.

3. Merawat anggrek

Seperti merawat tanaman pada umumnya, tanaman anggrek juga perlu kamu rawat dengan cara rajin menyiram sebanyak dua kali dalam sehari yakni pagi dan sore. Namun jika mulai masuk pada musim hujan sebaiknya pindahkan tanaman anggrek pada tempat yang beratap dan tetap terkena sinar matahari, sebab jika tanaman anggrek dibiarkan terkena air hujan secara langsung dalam waktu yang lama bisa menyebabkan pembusukan akar.

Nah, itulah tiga cara sederhana budidaya tanaman anggrek. Jika tanaman anggrek sudah kamu rawat dengan benar maka tanaman tersebut akan mulai berbunga dan siap untuk dijual.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *