Mobil Diesel Terbaik, Kelebihan Dan Kekurangannya

Mobil Diesel Terbaik, Kelebihan Dan Kekurangannya


Di pasar otomotif, mobil dengan bermesin bensin dan diesel masih menjadi yang paling laris. Diantara kedua jenis mobil tersebut masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, dan yang paling sering diperbincangkan ialah soal pangaruh bahan bakar.

Sebagian orang beranggapan bahwa mobil bensin lebih boros jika dibandingkan dengan mobil diesel, namun apakah memang benar seperti itu? Namun sebetulnya diantara kedua jenis mobil tersebut sama saja, yang membedakan ialah harga solar beberapa tahun lalu yang digunakan pada mobil diesel memang lebih murah.

Selain itu beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa mobil diesel terasa lebih irit ialah torsi yang digunakan pada mobil diesel lebih besar dan dilengkapi dengan kompresi mesin yang lebih tinggi. Serta kebanyakan mobil diesel menggunakan turbo sehingga mempengaruhi terhadap bahan bakar itu sendiri.

Meskipun mobil dengan kompresi mesin tinggi lebih irit bahan bakar dan torsi pada mobil diesel lebih besar sehingga terasa ringan saat menginjak pedal gas, namun tidak menjadi kepastian bahwa mobil dengan mesin diesel lebih irit bahan bakar. Sebab kamu juga harus memperhatikan kapasitas mesin, berat mobil, dan lain sebagainya.

Secara teori memang mobil diesel seharusnya memiliki keunggulan lebih irit bahan bakar, namun sayangnya mobil diesel juga memiliki beberapa kekurangan seperti asap dari lubang kenalpot yang lebih tebal dan getaran mesin yang masih sangat terasa.

Contoh Mobil Diesel Terbaik

Meskipun demikian ternyata ada banyak jenis mobil diesel yang termasuk dalam kategori mobil kelas menengah keatas, diantaranya ialah seperti berikut.

  1. Mitsubishi Pajero Sport, meskipun menggunakan diesel namun mobil yang satu ini tidak bising seperti mobil diesel pada umumnya.
  2. Toyota Fortuner, banyak yang beranggapan bahwa Toyota Fortuner hadir sebagai mobil mewah dengan mesin diesel yang siap menyaingi Mitsubishi Pajero.
  3. Hyundai All New Santa Fe, meskipun memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil dari dua jenis mobil di atas namun soal kenyamanan, suspensi, dan handiling mobil yang satu ini tak diragukan lagi.

Itulah beberapa ulasan terkait mobil diesel terbaik, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *