8 Cara Merawat Mesin Motor Matic Agar Tetap Awet

8 Cara Merawat Mesin Motor Matic Agar Tetap Awet

Indonesia merupakan pasar kendaraan roda dua terbesar di Asia Tenggara, terutama pada jenis motor matic. Meskipun identik dengan pengguna perempuan, motor matic juga banyak diminati oleh kaum laki-laki. Bahkan sejauh ini keberadaan motor matic mampu mengalahkan jenis motor sport maupun bebek.

Namun sayangnya, masih banyak pengguna motor matic yang belum tau secara persis tentang tata cara merawat mesin motor matic. Baik itu motor baru maupun second tentu butuh perawatan agar motor tetap bisa berjalan dengan enak dan mesin tetap awet.

Meskipun banyak bengkel yang menawarkan jasa service motor matic, tapi tak ada salahnya juga jika secara sederhana perawatan motor matic bisa kamu lakukan sendiri. Selain untuk menghemat biaya kamu juga bisa sedikit belajar tentang teknik merawat motor matic.

Cara Merawat Motor Matic

Bagi kamu pengguna motor matic berikut adalah beberapa teknik merawat motor matic yang bisa kamu praktekan di rumah, agar mesin sepeda motor kesayangan kamu tetap berjalan dengan prima dan awet.

  1. Rutin memanasi mesin setiap pagi dengan menggunakan engkel motor (kick staret).
  2. Jika setelah jalan-jalan di pantai atau motor telihat kotor segera cuci menggunakan air secara bersih.
  3. Melakukan pergantian oli secara rutin, minimal setiap kendaraan sudah melaju 1000 km.
  4. Hindari mogok yang disebabkan oleh kehabisan bahan bakar.
  5. Menggunakan bahan bakar yang berkualitas, usahakan hanya membeli bahan bakar di tempat yang sudah terpercaya agar terhindar dari bahan bakar yang sudah dicampur.
  6. Mengecek dan merawat aki secara berkala.
  7. Saat berkendaraan usahan tidak terlalu sering bermain gas, kecepatan motor selalu dalam keadaan stabil.
  8. Jika diperlukan silahkan servis motor di bengkel resmi.

Itulah beberapa cara atau tahapan secara sederhana untuk merawat motor matic agar mesin tetap awet dan motor lebih enak dikendarai.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, meskipun perawatan motor metic secara umum hampir sama dengan motor biasa, akan tetapi jika motor matic kamu menggunakan sistem pembakaran karburator maupun injeksi maka lebih membutuhkan ketelatenan dan perawatan khusus.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *