Perbedaan Teknologi Digital dan Teknologi Analog

Perbedaan Teknologi Digital dan Teknologi Analog


Jaman memang cepat sekali berubah, pada 2022 ini terlihat sekali perbedaan teknologi digital dan teknologi analog. Perkembangan teknologi di Indonesia makin hari juga semakin baik sehingga kemudahan dari segala sistem menjadi tercover.

Contoh saja pengiriman pesan singkat yang dulunya hanya berupa surat menyurat. Sekarang mulai berkembang tidak hanya berupa Short Messaging Service atau SMS melainkan sudah berupa chatting yang pesan bisa terkirim dalam hitungan detik atau realtime.

Perbedaan mencolok antara teknologi analog dan teknologi digital terletak pada media yang digunakan. Jika kita tahu bahwa teknologi analog lebih bersifat lambat pada segi kecepatan kirim data dan hasil yang didapat, maka teknologi digital lebih mengutamakan kemudahan. Ya kemudahan dalam penerimaan data dan akses data. Hasil yang didapat juga lebih bagus.

Di era teknologi yang makin berkembang pesat sekarang ini tentunya akan mempermudah anda dalam setiap pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang terasa susah untuk dilakukan sekarang bisa sangat terbantu berkat adanya teknologi digital seperti komputer dll. Pembelajaran dan Pemanfaatan komputer di Indonesia juga makin hari makin luas. Ini membuktikan bahwa Indonesia Makin Digital di semua aspek dan lingkup masyarakat.

Teknologi Analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirim melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebut yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.Sinyal analog merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik.

Anda bisa bayangkan bahwa teknologi Analog melalui proses yang begitu sulit sehingga data yang diterima juga lebih lambat dan tidak sempurna. Lain halnya dengan teknologi digital yang pengoperasionalnya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia.Tetapi lebih cenderung pada sistem pengoperasian yang serba otomatis dan canggih dengan sistem komputeralisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer.

Teknologi digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner) untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Signal tersebut disebut sebuah bit. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.

Kelebihan Teknologi Digital

  1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi yang dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
  3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
  4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
  5. Tingkat pengiriman informasi yang lebih tinggi.
  6. Perpindahan informasi yang lebih banyak.
  7. Tingkat kesalahan yang lebih rendah dibanding sistem analog.

Pemanfaatan teknologi digital untuk mencerdaskan bangsa memang harus dilakukan tidak hanya kepada mereka yang tinggal diperkotaan. Pemerataan pembangunan di beberapa media penunjang perlu diperhatikan dan ditambah menjadi lebih banyak dari sebelumnya sehingga tidak ada lagi masyarakat yang kekurangan informasi sehingga mereka menjadi lebih terbiasa dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin hari semakin cepat.

Baca Juga