7 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahun

7 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahun

Liburan telah tiba, liburan telah tiba, hore hore hore… hatiku senang. Sontak ceria ketika anak mendengar liburan, terutama saat melihat kalender libur 2019. Pasti sudah berangan – angan untuk pergi ke suatu tempat nun indah dan penuh kebahagiaan. Bisa berlibur ke pantai atau snorkeling di pinggiran pantai dengan beragam ikan yang cantik, atau juga ke puncak yang sejuk. Untuk merefresh pikiran kita agar lebih tenang dengan seharian kerja. Luangkan waktu untuk berekreasi dengan keluarga itu penting. Salah satunya menjaga keluarga tetap harmonis.

Terus kemana kita harus berekreasi atau berlibur?

Nah ini nih yang sering kita alami ketika ingin berlibur di suatu tempat, serba bingung milih tempat dimana yang cocok untuk berlibur bersama keluarga atau bareng teman kerja. Mau berlibur ke jawa tengah bingung karna tempatnya gak tahu dimana yang lagi hits, mau berlibur dengan tempat yang cocok suka bingung? Nih aku kasih rekomendasi libur akhir tahun yang cocok untuk keluarga atau dengan teman kerjamu, dalam mengisi kalender libur nasional 2019. Yuk simak 7 tempat wisata yang cocok untuk berlibur di akhir tahun.

1. Yogyakarta

Siapa sih yang gak kenal kota yang satu ini, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota surga wisata alam dan wisata keluarga. Gak ada bosennya deh meskipun kamu sudah beberapa kali sering ke Jogja, pasti rindu Jogja, iya kan?. Kota pelajar ini banyak menyajikan tempat – tempat wisata yang beragam seperti wisata pantai, wisata kuliner dan lain – lainnya.

Jika kamu ingin berencana liburan ke Jogja, yang wajib kamu kunjungi pertama adalah pantai selatan yang berletak di gunung kidul, banyak menyajikan pantai dengan beragam keindahan seperti pantai air tawar atau pantai baron. Di pantai ini kamu bisa berinteraksi dengan nelayan sekitar yang telah mencari ikan. Atau juga ke pantai indrayanti, pantai sepanjang dengan pasir putihnya dan beberapa pantai lagi yang bagus dan indah lainnya.

Setelah dari pantai dan balik ke kota agak sorean jangan lupa mampir ke Candi Ratu Boko. Tempat yang bagus banget untuk di kunjungi ketika sunset tiba. Apalagi datang dengan kekasih pujaan hati, cocok banget untuk foto prewedding tuh. Bagus banget view nya. Cobain lah sekali – kali di Candi Ratu Boko.

Kalau liburan ke Jogja itu gak berasa lelah kesana kemari ke tempat wisatanya. Penginnya sebulan gitu kalau liburan ke Jogja hahaha. Malamnya bisa merapat ke Malioboro, dimana kamu bisa belanja untuk oleh – oleh di rumah, seperti kaos khas Jogja atau manik – manik, atau juga souvenir yang menarik untuk dibawa pulang.

Jika merasa kelelahan, berhenti sejenak untuk makan di pinggiran sepanjang jalan malioboro. Makan sambil menikmati ramainya jalan malioboro. Ada turis juga yang sering sliweran di Malioboro. Atau juga bisa mencicipi Kopi Klotok, tau kan? Kopi yang di celupin arang atau kayu yang telah dibakar. Wow banget dong.

Bermalamlah di Jogja. Banyak hotel atau tempat istirahat yang  nyaman dengan harga murah. Carilah dekat Malioboro agar bisa jalan – jalan disekitar Malioboro. Paginya bisa ke Candi Prambanan atau Candi Borobudur untuk mendapatkan foto samsat, loh kok samsat? Eh maaf sunrise teman – teman.  View yang bagus untuk foto sebelum matahari terbit di Borobudur atau prambanan. Demikian tempat wisata di jogja yang wajib di kunjungi.  Setelah pulang kamu akan mengalami Rindu jogja.

2. Bali
paket wisata bali super murah
paket wisata bali super murah

Siapa sih yang gak kenal kota yang satu ini, tempat wisata yang banyak pengunjungnya adalah bule – bule. Budaya yang melekat erat menjadi ikon kota satu ini. Bali, menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di liburan akhir tahun. Banyak tempat wisata menarik cantik dan indah, kamu bisa coba paket liburan keluarga ke bali.

Ada pantai pandawa yang banyak turisnya, adalagi tempat yang bagus, ubud salah satunya. Salah satunya adalah Danau  Beratan Bedugul yang menjadi ikon di mata  uang rupiah di 50ribuan, sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana yang asri , sejuk dan keunikan dari danau beratan bedugul ini adalah keberadaan pura yang bernama pura ulun danu.

Pura Ulun Danu yang terletak di pinggir danau beratan bedugul ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan agar liburan semakin berkesan, dengan menikmati permainan air dan menyewa perahu di danau tersebut.  Ada juga garuda wisnu kencana, patung besar yang gagah dan kokoh  terletak di bali selatan sebuah taman wisata di bali karya I Nyoman Nuarta.

Jika ingin melihat lumba – lumba berenang dan meloncat – loncat dihabitat aslinya bisa mampir ke pantai lovina, pantai yang jarang terdengar oleh wisatawan local. Pantai yang mungkin banyak disukai oleh wisatawan dengan lumba – lumbanya. Berletak di bali utara dekat dengan kota singaraja. Untuk melihat lumba – lumba berloncatan anda pergi ke tengah laut mulai jam 6 pagi. Jika beruntung anda akan melihat langsung lumba – lumbanya. Banyak wisata lain yang indah di bali.

Baca juga : Rekomendasi Hotel Terbaik se Indonesia

3. Karimun jawa

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi yang suka melihat dunia bawah laut. Ya snorkeling, memanjakan anda untuk melihat keindahan bawah laut, banyak ragam ikan yang cantik- cantik yang harus anda lihat. Apa saja sih aktifitas yang wajib dan gak boleh ketinggalan ketika di karimun jawa? Nah ini nih yang wajib kamu coba.

Pertama kali kamu ke karimun jawa biasanya kamu akan diajak oleh nahkoda kapal dan pemandu wisata di karimunjawa ke beberapa pulau favorit seperti menjangan besar, sebuah tempat penangkaran ikan hiu yang masih malu – malu tetapi tetap bisa mengoyak – ngoyak tubuhmu. Uh,.. senangnya bisa lihat hiu yang di ternak.

Ada lagi pulau menjangan kecil, spot asik untuk snorkeling dan berfoto di ayunan layaknya di gili trawangan yang berada di Lombok. Banyak view untuk koleksi fotomu. Lanjut lagi ke pulau cemara besar, sebuah pulau yang memiliki bentangan pasir putih yang cukup luas areanya ketika air laut surut.

Pulau cemara kecil, pulau favorit bagi wisatawan untuk makan siang. Lanjut lagi ke pulau gosong seloka, pulau yang hanya memiliki pasir putih saja. Yah hanya pasir putih saja dan tidak ada apa- apa disana. Cocok untuk koleksi fotomu. Dan banyak pulau lagi yang wajib kamu kunjungi di karimun jawa.

4. Kawah Ijen

Kamu bisa melihat blue fire (api dengan warna biru) seperti di kompor gas yang sering kita jumpai, namun kita melihatnya di sebuah kawah yang bernama ijen atau kawah ijen. Untuk melihat blue fire ini anda harus mendaki terlebih dahulu, ketinggian kawah berada sekitar 2.433 meter dari permukaan laut. Semburan api biru di kawah ijen ini adalah salah satunya dari dua lokasi di dunia selain eslandia.

Waktu terbaik untuk melihat blue fire ini ada waktu tertentu. Jadi wisatawan tidak bisa melihat sepanjang waktu si api biru ini. Kalo sepanjang waktu tinggal ke dapur aja nyalain kompor gas haha. Adapun waktunya yaitu di pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB. Kamu sudah bangun belum jam segitu? Apa nggak tidur demi melihat Blue Fire ini di kawah ijen? Hehe.

Kamu juga bisa melihat aktifitas para penambang disana. Para penamang ini turun ke dasar kawah untuk megumpulkan bongkahan belerang. Sangat berani sekali para penambang ini yah?..  setelah kita melihat blue fire dan disajikan kegiatan para penambang bongkahan belerang, kita juga akan di suguhi keindahan matahari terbit di kawah ijen.

Momen yang sangat indah bisa melihat matahari terbit di kawah ijen, bisa melihat pesona gunung di daerah lain seperti puncak gunung raung, gunung suket dan gunung  rante. Koleksi foto makin bertambah dong yah. Itu salah satu  wisata kawah ijen yang wajib kamu kunjungi di akhir tahun.

5. Dieng Plateau

Tempat wisata yang banyak menarik pengunjung dari berbagai wilayah untuk menikmati sejuknya negeri diatas awan. Kamu yang ingin berlibur ke negeri diatas awan, tempat yang wajib kamu kunjungi dan sayang kalau dilewati.

Pertama ada Candi Arjuna yang menjadi ikon wisata dieng, sempat viral dengan suhu hampir minus 4 derajat celcius yang mengakibatkan daun diselimuti es. Uhhh dingin banget dong tentunya hehe.  Tiket masuk ke candi ini hanya merogoh kocek 10.000 rupiah saja, satu paket dengan kawah sikidang. Sehingga kamu bisa memasuki dua kawasan wisata sekaligus.

Ada lima buah candi yang berjajar lurus di sekitas candi arjuna. Uniknya, di sana sering mengadakan Dieng Culture Festival setiap tahunnya. Dan di malam tahun baru tentu sangat ramai. Paginya kamu bisa berlanjut ke bukit sikunir untuk melihat sunrise yang indah dari dataran tinggi dieng. Untuk menikmati sunrise kamu harus meluncur sebelum subuh atau subuh sudah ada di bukit sikunir agar tidak sia – sia ketika sedang berada di dieng plateau.

Baca juga : Peluang Bisnis Online Yang Bisa Membuat Anak Muda Sukses

6. Gunung Merbabu

Bagi yang suka mendaki , cocok nih buat agenda akhir tahun ke gunung merbabu. Buat momen yang indah di puncak merbabu bersama teman- temanmu untuk melihat keindahan diatas awan. Kamu akan melihat hijaunya sabana di gunung merbabu yang indah dan masih banyak lagi tempat yang sejuk nun indah untuk dipandang.

Menikmati berkemah di puncak bersama teman yang mengasikan, serta menyaksikan keindahan sunrise. Lautan awan dengan jajaran puncak gunung lainnya seperti gunung merapi, sindoro, sumbing, lawu dan lainnya dari atas puncak merbabu.

Tentunya untuk ke gunung merbabu harus cek kesehatan badan kamu, agar tetap fit saat mendaki ke gunung merbabu dan bisa menikmati keindahan alam Indonesia yang asri dan sejuk.

7. Jakarta

Destinasi wisata perkotaan yang gak pengin jauh – jauh. Kamu bisa pergi ke Jakarta yang saat ini masih menjadi ibukota Indonesia. Dengan berbagai wisata tempat dan kuliner. Biasanya banyak tempat yang mengadakan event menjelang libur akhir tahun seperti di ancol atau di tempat yang lain yang masih di Jakarta.

Kamu juga bisa menikmati jajanan khas Jakarta di kota tua sambil melihat gedung – gedung tua peninggalan belanda.

Jangan lupa untuk menggunakan promo akhir tahun agar keuanganmu tetap dalam kondisi sehat, tentunya saat new year banyak diskon wisata. Itulah beberapa 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi di akhir tahun, selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *