Makanan Hewan Ternak Agar Tumbuh Maksimal

Makanan Hewan Ternak Agar Tumbuh Maksimal


Makanan hewan – Kualitas makanan hewan ternak sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan hewan tersebut, termasuk untuk hewan ternak seperti kambing etawa. Soal tempat penyimpanan juga harus diperhatikan, jangan biarkan makanan untuk hewan menjadi kotor dan terkontaminasi.

Tak hanya itu saja, seorang peternak juga harus mengetahui komposisi dan waktu makan hewan ternaknya. Termasuk menghitung anggaran untuk memperoleh pakan dan komposisi gizi. Terkait makanan hewan ternak yang baik, setidaknya ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, yakni harga pakan yang terjangkau, mudah didapatkan, disukai hewan ternak, dan bervariasi.

Inilah jenis pakan hewan yang baik

Untuk informasi lebih jelas terkait dengan makanan hewan ternak atau kambing etawa, berikut ialah beberapa jenis pakan yang baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak.

1. Pilih yang masih hijau dan segar

Umumnya para peternak kambing etawa akan memilih rumput yang masih hijau dan segar untuk sekali makan. Bisa diberikan dalam keadaan untuh atau dipotong-potong terlebih dahulu. Rumput yang masih hijau sangat baik untuk hewan ternak, sebab banyak mengandung karbohidrat dan fruktosa.

Dengan memberikan pakan ternak yang masih segar, maka kesehatan bisa kita jaga selalu. Namun harus tetap hati-hati, jangan sampai memberikan rumput hijau yang ternyata baru saja disemprot desinfektan hama karna dapat mengakibatkan keracunan bagi kambing ataupun sapi.

2. Pakan konsentrat atau penguat

Pakan penguat atau yang lebih sering disebut dengan konsentrat adalah jenis olahan makanan untuk kambing yang sudah dicampur dengan pakan ternak yang lain. Tujuan dari pemberian pakan konsentrat yakni agar kambing lebih cepat gemuk dan memiliki stamina yang kuat.

Jenis pakan konsentrat biasanya menggunakan :

  1. Dedak (dedek) / bekatul
  2. Ampas tahu

Dari bahan diatas biasanya dicampurkan dengan cairan EM4 terlebih dahulu untuk memberikan nutrisi tambahan bagi si ternak tersebut. Kamu bisa mudah mendapatkan EM4 di toko yang menjual pupuk pertanian maupun pakan ternak, biasanya 1 botol dihargai 25ribu rupiah.

3. Vitamin hewan

Untuk menjaga perkembangan dan mengoptimalkan pertumbuhan hewan, serta agar kesehatannya selalu terjaga maka vitamin sangat dibutuhkan oleh hewan ternak. Secara kebutuhan dan fungsinya, hewan ternak seperti kambing dan sapi membutuhkan 2 macam jenis vitamin. Yang pertama ialah vitamin yang bisa larut dengan air seperti vitamin B kompleks, dan selanjutnya ialah vitamin yang larut pada lemak seperti vitamin A.

Itulah ulasan tentang makanan hewan ternak terutama kambing etawa yang perlu kamu tahu, agar hewan ternak yang kamu miliki bisa tumbuh sesuai dengan harapan. Sebagai catatan selain memperhatikan pakan hewan kamu juga wajib menjaga kebershihan kendang.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, dan selamat mencobanya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *