Jenis Sambal Khas Indonesia dan Resepnya

Jenis Sambal Khas Indonesia dan Resepnya

4 min read

Hampir mayoritas orang Indonesia suka dengan rasa pedas, bahkan disetiap menu makanan biasanya disediakan sambal sebagai pelengkap. Jenis sambal pun tak hanya satu saja, namun ada banyak jenis sambal dan biasanya masing-masing daerah memiliki khas tersendiri.

Seperti sambal matah yang merupakan khas dari pulau Bali, atau yang paling populer seperti sambal terasi, sambal hijau, dan masih banyak lagi.

Selain seperti contoh di atas, masih banyak jenis sambal di Indonesia. Nah, jika kamu penasan dengan berbagai macam jenis sambal khas Nusantara, berikut ialah ulasan tentang macam-macam sambal dan komposisinya.

1. Sambal tumpang

Sambal tumpang merupakan salah satu sambal khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahan dasar yang diguanakan untuk membuat sambal tumpang terbilang cukup unik, yakni terbuat dari tempe busuk atau tempe yang sudah berjamur.

Selain tempe yang sudah berjamur, untuk membuat sambal tumpang kamu juga perlu menyiapkan gula, garam, santan, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

2. Sambal tuktuk

Ini merupakan sambal khas dari kabupaten Tapanuli. Untuk membuatnya, selain menggunakan cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan garam. Juga dicampur dengan ikan aso-aso dan andaliman, kemudian pada proses akhir disiram menggunakan air jeruk nipis.

Ikan aso-aso ialah ikan kembung yang sudah diolah menggunakan asap. Jika tidak ada ikan aso-aso kamu juga bisa menggantinya dengan ikan tawar jenis lain.

3. Sambal embe

Bali memang terkenal dengan sambal matahnya, namun ternyata selain sambal matah Bali juga memiliki sambal khas yang lain yakni sambal embe. Tak sama dengan sambal matah, proses pembuatan sambal embe justru ditumis terlehih dulu.

Sambal ini tebuat dari bahan dasar bawang goreng sehingga terlihat lebih kering. Seperti sambal pada umumnya, untuk membuat sambal embe kamu juga membutuhkan cabai, garam, terasi, dan jeruk limau.

4. Sambal pencit

Dari beberapa jenis sambel di atas mungkin yang sudah tidak asing lagi bagi kamu ialah sambal ini (sambal pencit). Sambal pencit merupakan sambal yang bahan dasarnya menggunakan mangga muda, cabe rawit, gula merah, dan terasi.

Nama sambal pencit sendiri diambil dari bahan dasar yang digunakan untuk membuat sambal tersebut. Pencit merupakan kata atau bahasa dari Jawa Timur yang berarti mangga muda.

Itulah empat jenis sambal khas Indonesia yang bisa kamu nikmati.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *