Senam Kegel Dengan Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan

Senam Kegel Dengan Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan

Senam kegel sangat identik dengan sebuah olahraga yang hanya dilakukan oleh seorang wanita saja. Sebab olahraga yang satu ini memang awal kemunculannya ialah untuk mengatasi kelainan otot panggul yang dirasakan oleh seorang wanita yang baru saja melahirkan. Namun sebetulnya gerakan ini juga sangat bermanfaat untuk pria.

Perlvis atau gangguan otot panggul bagian bawah pada wanita setelah melahirkan biasanya berdampak pada ketidaksengajaan buang air kecil (ngompol) saat mereka batuk, bersin, atau tertawa. Dan ternyata selain bagus untuk kesehatan pada bagian intim wanita, senam kegel juga bisa mengatasi gangguan otot panggul.

Bagi kamu yang ingin mempraktekan senam kegel, berikut ialah cara atau tahapan yang bisa kamu lakukan.

Cara Melakukan Gerakan Senam Kegel

Senam kegel sebetulnya sangat mudah, bahkan kamu bisa melakukannya di rumah atau di dalam kamar sekalipun. Gerakan inti pada senam ini ialah mengerutkan otot panggul, dan kemudian mepelaskan secara perlahan serta dilakukan secara berulang. Yang sedikit sulit yakni mengetahui dengan tepat letak otot panggul.

Nah, untuk mengetahui letak otot panggul bawah yakni dengan cara membayangkan seperti sedang menahan buang air kecil. Otot yang digunakan untuk menahan keluarnya air urin itulah yang disebut dengan otot panggul bawah. Jika sudah silahkan lakukan gerakan seperti dibawah ini.

  1. Saat akan mulai senam ambil posisi berbaring, dan angkat bagian bawah tubuh kamu.
  2. Kencangkan otot panggul bawah dan tahan selama kurang lebih 3 hingga 5 menit.
  3. Kembali pada posisi berbaring.
  4. Saat mulai mengencangkan otot panggul, saat melakukan gerakan ini usahakan jangan menahan nafas, otot paha, dan otot pada bagian perut.
  5. Ulangi kegitan tersebut selama beberapa kali.

Mudah bukan? Kini kamu sudah bisa melakukan gerakan senam kegel kapan saja dan dimana saja. Untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu bisa melakukan gerakan senam ini 3 kali dalam sehari. Yang perlu dihindari ialah jangan lakukan saat kamu sedang ingin buang air kecil, atau sedang dalam keadaan datang bulan, sebab hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *