Mengapa Harus Keramas Setalah Olahraga

Mengapa Harus Keramas Setalah Olahraga


Bagi kebanyakan orang olahraga merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin, sebab selain baik untuk kesehatan olahraga juga terbukti mampu berpengaruh terhadap penampilan. Terutama bagi wanita yang ingin memiliki berat badan ideal dan kulit yang menarik.

Namun ada beberapa hal yang wajib kamu tahu, diantaranya ialah jangan lupa untuk membersihkan badan ketika selesai berolahraga, terutama membersihkan bagian rambut dengan cara keramas menggunakan shampo.

Meskipun terlihat remeh, namun ternyata jika kamu menyepelekan hal tersebut bisa berdampak atas beberapa hal. Dan berikut ialah beberapa dampak buruk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala jika kamu malas untuk keramas setelah berolahraga.

1. Menyebabkan iritasi

Awalnya jika kamu malas keramas setelah berolahraga bisa menyebabkan rambut cepat rontok dan berketombe, kemudian pada bagian kulit kepala menjadi lebih cepat gatal. Sedangkan iritasi tersebut bisa saja disebabkan tanpa sadar saat kamu tidur menggaruk kulit kepala dengan tidak terkontrol.

Bahkan jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan terjadinya luka yang cukup serius pada bagian kulit kepala, sebab kulit kepala memiliki tekstur yang cukup tipis.

2. Memicu munculnya ketombe

Seperti yang sudah disinggung di atas, selain menyebabkan iritasai keringat yang dikarenakan setelah berolahraga juga bisa memicu munculnya ketombe. Keringat yang menempel pada kulit kepala setelah kering menyebabkan munculnya jamur atau yang dikenal dengan ketombe tersebut.

Ketombe memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, selain menimbulkan rasa gatal ketombe juga menjadikan kurangnya rasa percaya diri. Oleh sebab itu sempatkanlah waktu kamu untuk keramas setelah berolahraga.

3. Menjadikan rambut mudah rontok

Resiko lain jika kamu malas keramas setelah berolahraga ialah rambut menjadi lebih cepat rontok dan rambut tumbuh dengan tidak sempurna. Namun sebetulnya keringat yang diakibatkan setelah orahraga juga bukan satu-satunya penyebab rambut mudah rontok. Ada beberapa faktor yang bisa menjadikan rambut mudah rontok diantaranya ialah salah memilih minyak rambut, rasa stress, dan pengaruh obat.

Itulah beberapa dampak negatif yang terjadi jika kamu tidak menyempatkan waktu untuk keramas atau mencuci rambut setelah berolahraga. Namun sebaiknya jangan lekas keramas jika keringat masih menempel, tunggu beberapa menit hingga keringat sedikit mulai mengering.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *