Menata Layar Komputer Agar Mata Tetap Sehat

Menata Layar Komputer Agar Mata Tetap Sehat

Mata merupakan indra penglihatan yang sangat vital, sebab itu menjaga mata agar tetap sehat merupakan hal yang sangat penting. Apalagi jika kamu seorang pekerja yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer.

Terlalu lama berada di depan layar komputer biasanya menyebabkan mata menjadi merah, cepat lelah, dan konsentrasi dalam bekerja juga menurun. Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal tersbut alangkah baiknya kamu perhatikan beberapa hal dibawah ini.

1. Atur pencahayaan komputer

Langkah pertama untuk melindungi mata dari radiasi komputer ialah dengan mengatur pencahayaan komputer. Usahakan cahaya dari komputer tidak lebih terang dari cahaya ruangan tempat kamu bekerja. Atau kamu juga bisa menggunakan kaca screen anti radiasi cahaya komputer agar cahaya tidak secara langsung mengenai mata.

2. Menjaga jarak dengan layar

Selanjutnya yakni dengan mangatur tempat duduk agar jarak pandang dengan komputer tidak terlalu dekat. Menurut beberapa penelitian, idealnya jarak mata untuk memandang komputer ialah 50 sampai 60 cm. Hal ini dilakukan agar mata tidak terlalu tegang saat melihat pekerjaan di komputer.

3. Mengatur cahaya ruangan

Jika keduanya sudah diatur sedemikian rupa langkah selanjutnya ialah dengan mengatur pencahayaan pada ruangan yang kamu gunakan untuk beraktivitas menggunakan komputer. Usahakan dalam ruangan tersebut mendapatkan pencahayaan yang lebih terang secara menyelurh dibandingkan dengan cahaya dari komputer.

4. Istirahat sejenak dan melihat pemandangan

Ini merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dari radiasi cahaya komputer. Jika dirasa sudah terlalu lama duduk di depan komputer cobalah sejenak untuk keluar ruangan, sangat disarankan agar melihat sesuatu yang menyegarkan misalnya pepohonan atau halaman rumah. Selain baik untuk kesehatan mata, cara ini juga bisa menjadikan kamu kembali semangat bekerja.

5. Sering mengedipkan mata

Saat berada di depan komputer secara tidak sadar membuat mata menjadi lebih fokus dan jarang berkedip. Padahal mata yang jarang berkedip bisa beresiko terjadinya mata mudah gatal, lelah, dan mata kering. Sebab itu, sering-sering berkedip sangat dianjurkan setidaknya dalam satu menit sebanyak sembilan kali.

Baca Juga