Olahraga Terbaik Untuk Anak Usia Dini

Olahraga Terbaik Untuk Anak Usia Dini

Olahraga terbaik untuk anak – Bagi anak-anak olah raga bukan saja sekedar untuk memenuhi kebutuhan kesehatan, namun bagi mereka olahraga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, apa lagi jika hal tersebut dilakukan secara beramai-rami dengan teman-temannya.

Selain baik untuk kesehatan olahraga juga mampu meningkatkan psikomotorik dan kecerdasan anak. Sebab itu lah sebagai orang tua tentu Bunda harus mendukung kegiatan tersebut, namun tentunya harus diimbangi dengan pengawasan. Jangan sampai anak-anak memilih jenis olah raga yang justru membahayakan, untuk itu berikut adalah jenis olah raga yang sesuai dengan usia anak.

Jenis olah raga untuk anak usia 6 hingga 9 tahun

Untuk anak usia 6 hingga 9 tahun biasanya hanya cocok dengan olah raga yang tidak membutuhkan instruksi terlalu rumit, sebab hal tersebut justru akan membuatnya bingung. Bunda juga perlu mengimbangi dengan kemampuan motorik anak. Adapun contoh olahraga yang cocok untuk anak adalah bermain bola, berenang, lari, dan bela diri.

Jenis olah raga untuk anak usia 10 hingga 12 tahun

Saat memasuki usia 10 tahun anak sudah mulai banyak perubahan, termasuk daya nalar dan kemampuan berpikir nya. Di usia ini anak juga sudah mulai bisa mengikuti arahan dan instruksi dari orang lain. Perkembangan berpikir anak biasanya ditandai dengan kreativitas untuk memenangkan sebuah permainan. Untuk usia ini anak lebih cocok berolahraga seperti sepak bola, bola basket, bola voli, dan bulu tangkis.

Itulah beberapa jenis olahraga terbaik untuk anak-anak. Selain ringan untuk dilakukan, jenis olahraga tersebut pun biasanya lebih disukai oleh anak sebab menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Adapun beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan anak adalah sebagai berikut.

  1. Baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru
  2. Menghindari dari kelebihan berat badan atau obesitas
  3. Baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan tulang
  4. Meningkatkan postur tubuh anak
  5. Tidak mudah terserang penyakit maupun alergi terhadap sesuatu
  6. Membiasakan gaya hidup sehat dan aktif terhadap kegiatan yang positif

Nah, itulah beberapa manfaat berolahraga untuk kesehatan anak. Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *