Cara Memilih Sepeda Untuk Orang Gemuk

Cara Memilih Sepeda Untuk Orang Gemuk

Bersepeda ialah merupakan salah satu jenis olahraga yang murah meriah dan sangat mudah dilakukan. Selain itu bersepeda juga memiliki banyak manfaat misalnya yakni mampu mengurangi rasa stress, menurunkan berat badan, mengurangi resiko diabetes, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya olahraga yang satu ini sedikit lebih sulit dilakukan bagi seseorang yang memiliki berat badan lebih (gemuk). Meskipun demikian bagi kamu yang memiliki berat badan berlebihan namun ingin berolahraga menggunakan sepeda tidak perlu khawatir, sebab masih ada cara atau tips yang bisa kamu lakukan. Berikut ialah tips sebelum membeli sepeda untuk orang gemuk atau memiliki berat badan lebih.

1. Gunakan sepeda yang sesuai

Langkah pertama yang harus kamu pertimbangkan ialah dari jenis sepeda yang akan digunakan. Jika kamu merasa memiliki berat badan yang berlebihan sebaiknya hindari menggunakan sepeda dengan ukuran kecil seperti sepeda lipat. Mungkin kamu akan lebih cocok dan nyaman menggunakan sepeda jenis MTB dengan ukuran roda yang lebih besar.

2. Memilih bahan sepeda

Umumnya beberapa jenis sepeda terbuat dari material seperti karbon, baja, dan aluminium, bahkan ada juga yang menggunakan titanium. Nah, jika berat badan yang kamu miliki termasuk dalam kategori gemuk maka sebaiknya pilih sepeda yang menggunakan material baja. Jangan lupa baca terlebih dahulu ketentuan bobot maksimal pengunaan dari sepeda yang akan kamu pilih.

3. Menggunakan pakaian yang sesuai

Ini berlaku bukan untuk seseorang yang memiliki berat badan gemuk saja, namun bagi kamu yang memang hobi mengayuh sepeda sebaiknya juga harus memperhatikan pakaian atau kostum saat bersepeda. Agar lebih nyaman saat bersepeda maka gunakanlah pakaian yang sesuai kebutuhan, kamu tentu akan merasa lebih sulit serta tidak nyaman jika bersepeda dan menggunakan celana jeans misalnya.

4. Perhatikan pola makan

Rasanya sangat disayangkan jika kamu rajin berolahraga namun tidak bisa mengontrol makanan dengan baik. Sebaiknya kamu lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dibandingkan dengan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Serta perbanyak mengkonsumsi air mineral, dan kurangi minuman cepat saji seperti es kemasan dan lain sebagainya.

Itulah tips memilih sepeda untuk orang gemuk agar bisa tetap berolahraga mengayuh pedal.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *