Cara Menanam Bawang Merah Agar Panen Melimpah

Cara Menanam Bawang Merah Agar Panen Melimpah

Cara Menanam Bawang Merah – Brebes adalah merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang terkenal dengan penghasil bawang merah. Beberapa persen dari penduduk di kabupaten brebes mayoritas adalah sebagai petani, baik petani penghasiil beras maupun bawang merah.

Tidak hanya di brebes, budidaya bawang merah juga banyak dijumpai di beberapa provinsi di Indonesia. Bahkan saat ini bawang merah mulai dibudidaya dengan sistem hidroponik, sehingga tidak membutuhkan lahan atau tanah yang luas.

Bawang merah sendiri merupakan jenis sayuran holtikultura yang tergolong sulit untuk dibudidaya, harus dirawat secara betul dengan proses yang cukup lama. Agar memperoleh hasil panen yang maskimal seorang petani juga harus mengetahui teknik menanaman yang benar dan pengolahan pupuk yang tepat.

Terkait hal tersebut berikut adalah beberapa langkah menanam bawang merah agar memperoleh hasil panen yang berlimpah.

1. Menggunakan bibit bawang yang berkualitas

Untuk menghasilkan bibit bawang yang bagus sebaiknya memilih bibit bawang yang dipanen saat usia tua, yakni sekitar 80 hingga 100 hari. Selanjutkan simpan terlenih dahulu benih tersebut antara 2 sampai 3 bulan, menunggu hingga kira-kira benih tersebut mencapai ukuran sekitar 1,5 atau 2 cm.

2. Menyiapkan lahan yang bagus

Sebelum benih bawang merah di tanam, silahkan persipakan terlebih dahulu lahan yang sudah dibajak. Jika ini adalah proses awal maka sebaiknya campur tanah dengan pupuk kandang untuk beberapa waktu.

3. Perhatikan musim tanam

Jika saat menanam benih adalah pada musim kamarau maka sebaiknya jarak antara benih bawah ditanam sekitar 15 cm, sedangkan jika pada musim hujan adalah sekitar 20 cm.

4. Waktu pemupukan

Ketika bawang merah mulai tumbuh pada usia satu minggu silahkan semprot menggunakan POC GDM. Waktu penyemprotan bisa dilakukan ketika pagi hari sebelum pukul 09.000 atau sore hari sebelum pukul 16.00.

5. Proses pengairan dan pencabutan gulam

Kondisi lahan harus memiliki sistem pengairan yang bagus. Selain itu kamu juga harus rajin melakukan pencabutan gulma atau yang biasa disebut dengan penyiangan.

Itulah beberapa teknik atau cara menanam bawang merah secara sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *