5 Jenis Olahraga Tradisional Asli Indonesia

5 Jenis Olahraga Tradisional Asli Indonesia

Indonesia ialah merupakan negara yang memiliki banyak keragaman bahasa dan kebudayaan lokal, termasuk berbagai macam jenis olahraga tradisional. Olahraga sendiri adalah sebuah kegiatan yang melatih tubuh manusia baik secara jasmani maupun rohani.

Meskipun sangat banyak jenisnya namun yang familiar hanya beberapa saja seperti pencak silat, balap karung, egrang, karapan sapi, tarik tambang, dan lain sebagainya. Dan diantara jenis olahraga tersebut juga hanya dimainkan di tempat atau wilayah tertentu. Seperti karapan sapi yang hanya ada di Madura atau lompat batu di Nias.

Penasaran dengan ragam olahraga tradisional di Indonesia, berikut ulasan detailnya.

1. Egrang

Engrang adalah sebuah permain, namun juga termasuk dalam kategori olahraga tradisional yang menggunakan batang bambu. Cara bermainnya pun cukup mudah, yakni batang bambu yang sudah terbentuk digunakan untuk adu kecepatan dengan jarak tempuh yang sudah ditentukan.

2. Karapan sapi

Madura meruapakan wilayah asal adanya olah raga tradisional karapan sapi. Olahraga tradisional yang satu ini biasanya diadakan pada bulan September hingga Oktober. Karapan sapi adalah olahraga yang menggunakan dua ekor sapi yang menarik kereta kayu dengan adu kecepatan sejauh 100 meter.

3. Tarik tambang

Siapa yang tak mengenal dengan permainan yang satu ini, hampir seluruh masyarakat di Indonesia pernah melakukan atau paling tidak melihat perlomban tarik tambang. Olahraga tarik tambang juga setiap satu tahun sekali selalu diadakan pada acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI di berbagai wilayah Indonesia.

4. Balap karung

Seperti tarik tambang, balap karung juga merupakan salah satu jenis olahraga tradisional yang selalu diadakan saat hari kemerdekaan Indonesia. Balap karung adalah perlombaan adu cepat dengan sebagian badan bagian bawah yang terbungkus menggunakan karung.

5. Pencak silat

Pencak silat adalah jenis olahraga seni beladiri yang memiliki banyak karakrer atau perguruan, di Indonesia sendiri pencak silat merupakan warisan budaya yang sudah terdaftar di UNISCO. Beberapa perguruan pencak silat di Indonesia juga berada dibawah naungan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesi).

Itulah ulasan singkat tentang olahraga tradisional, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *