Jenis Tanaman Aquascape Yang Patut Kalian Miliki

Jenis Tanaman Aquascape Yang Patut Kalian Miliki


Jenis Tanaman Aquscape Yang Patut Kalian Miliki – Apakah kalan salah satu orang yang hobi aquascape yang mana kalian mengatur segala bentuk tanaman, batu atau karang di sebuah aquarium. Jika iya maka kali ini ada beberapa rekomendasi jenis tanaman yang harus kalian coba. Dengan tumbuhan aquascape yang bagus serta penempatan yang tepat bagi pemula, bisa membuat tampilan aquarium (aquasehat) lebih menarik dilihat.

Beberapa rekomendasi tanaman aquascape ini juga memiliki cara perawatan tumbuhan aquascape yang tergolong mudah. Dari tanaman yang ditujukan untuk pemula yang pertumbuhannya cepat agar mempermudah kalian, karenanya sebelum memulai menanam di tank kalian harus membaca ulasan kami berikut ini.

Baca juga : Jenis Udang Hias Untuk Aquascape Kalian Agar Tambah Indah

Jenis Tanaman Aquascape Terbaik

Dengan adanya tambahan tanaman aquascape terbaik ini kalian bisa membuat ikan-ikan kecil jadi lebih senang, namun hal terpenting yakni dapat menjadikan ekosistem menjadi lebih alami. Apalagi saat melihat mereka ada dibalik tanaman juga seru. Inilah beberapa rekomendasi tanaman aquascape yang cocok bagi pemula.

1. Java Moss

Tanaman Aquascape Terbaik - Java Moss
Tanaman Aquascape Terbaik – Java Moss

Rekomendasi pertama untuk jenis tanaman aquascape adalah Java Moss. Jika kalian ingin mencari tanaman yang mudah dicari serta umum, ini dia Java Moss. Tanaman ini wajib kalian miliki karna memiliki daya tahan yang kuat yang membuatnya tidak mudah mati.

Tanaman sejenis lumut ini memiliki nama ilmiah Vesicularia dubyana, biasanya ditanam sebagai pelengkap pada media seperti batu dan batang kayu sebagai bonsai mini. Menurut kami, kalian harus menggunakan udang hias sebagai pembersih aquascape karena javamoss akan terlihat lebih cantik jika terlihat bersih.

2. Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis Water wisteria - aquasehat
Hygrophila Difformis Water wisteria – aquasehat

Lanjut yang kedua tanaman air ini mempunyai nama lain yaitu water wisteria. Jika kalian ingin menggunakan tanaman ini dia butuh suhu 23 sampai 28 derajat celcius. Hal yang menjadi keunggulan dari tanaman ini yaitu kalian bisa memberikan pencahayaan yang sedang untuk merawat tanaman akuatik ini, selain itu Hygrophila Difformis juga tidak membutuhkan CO2 untuk tumbuh.

3. Amazon Sword

Amazon Sword Echinodorus Bleheri Echinodorus Grisebachii
Amazon Sword Echinodorus Bleheri Echinodorus Grisebachii

Jenis tanaman aquascape yang ketiga ini memiliki bentuk seperti pedang sesuai dengan namanya Amazon Sword.Tanaman ini membutuhkan cahaya moderat lalu untuk suhunya di angka 22 sampai 28 derajat celcius.

Untuk penempatan tanaman ini sendiri biasanya ditaruh di bagian belakang, karna daunnya yang lebar bisa dimanfaatkan sebagai background akuarium.

4. Lilaeopsis

Tanaman Air - Lilaeopsis
Tanaman Air – Lilaeopsis

Jika kalian ingin memiliki aquarium yang beralaskan rerumputan, tanaman air ini sangat cocok. Bentuknya sendiri menyerupai rumput, untuk perawatannya juga tergolong mudah. Bahkan menurut penulis penggunaan liliopsis sendiri jauh lebih bagus daripada menggunakan carpet seed, karena jika menggunakan hairgrass akan cepat rusak sedangkan Lilaeopsis justru akan merata seperti hamparan rumput.

Tak heran banyak orang yang memiliki tanaman ini untuk aquascape terbaik mereka. Lilaeopsis juga dapat tumbuh sampai 5cm, maka dari itu kalian harus rajin memotong rumputnya.

5. Bacopa SP Colorata

Bacopa SP Colorata
Bacopa SP Colorata

Jika kalian bosan dengan warna tanaman yang hijau, coba menanam Bacopa SP Colorata. Jenis tanaman aquascape ini memiliki beberapa paduan warna yang cantik.Secara umum punya nama Hyssop Air atau Moneywort, sebenarnya ada beberapa jenis Bacopa yakni :

  1. Bacopa SP Colorata
  2. Bacopa Madagascariensis
  3. Bacopa Salzmannii
  4. Bacopa Carolinian

Tanaman ini cocok penempatannya d bagian tengah karna warnanya yang mencolok. Untuk perawatannya kalian memerlukan CO2 serta lampu yang ukurannya sedang, ini dibutuhkan untuk membentuk pigmen warna agar terlihat sehat dan berwarna secara maksimal.

6. Anubias Nana

Anubias Nana 2021
Anubias Nana 2021
Tanaman ini bisa ditemukan di sungai, bisa tumbuh mencapai 15cm. Anubias barteri varietas nana bisa kalian rawat dengan cara menjaga suhu dari akuarium agar tetap di angka 22 sampa 28 derajat celcius.

Sedangkan untuk pembersih aquascape bisa menggunakan ikan SAE yang bisa bertugas sebagai bersih-bersih tank kalian.

Itulah beberapa jenis tanaman aquascape alias tumbuhan aquascape pemula yang bisa kalian gunakan untuk menghias dan mempercantik akuarium aquasehat kalian.

Baca Juga