Cara Mengemudi Mobil Dengan Aman Di Jalan Menurun

Cara Mengemudi Mobil Dengan Aman Di Jalan Menurun


Cara mengemudi mobil – Melakukan perjalanan menggunakan mobil di daerah pegunungan yang memiliki kondisi jalan naik dan turun memang sedikit sulit. Dengan kondisi yang seperti itu kamu dituntut untuk lebih berhati-hati dan memiliki keahlian khusus dalam mengemudi.

Jika kamu tidak berhati-hati maka bisa berakibat sangat fatal, tidak hanya kamu saja yang dirugikan namun juga bisa berimbas pada pengemudi lain. Memahami teknik mengemudi di jalan yang menurun merupakan hal yang sangat penting, selain berpengaruh terhadap faktor keselamatan hal tersebut juga berpengaruh terhadap kondisi mobil.

Apa lagi jika mobil yang kamu kendarai bertransmisi manual, maka sangat penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa teknik mengemudi mobil di jalan yang menurun dan curam.

Teknik mengemudi mobil di jalan menurun

Dilansir dari Instructor Indonesia Road Safety Agent (IRSA), berikut adalah teknik mengemudi di jalan menurun dan curam yang harus kamu pahami.

Engine brake

Menggunakan engine brake adalah hal dasar yang harus kamu pahami saat mengemudi mobil di jalan yang menurun. Kemudian ketika melakukan engine brake kamu disarankan untuk menurunkan gigi yang lebih rendah tergantung dengan kecuraman kondisi jalan, bisa menggunakan gigi 2 atau 1. Dengan seperti itu maka rem mobil bisa lebih ringan dalam menjaga kecepatan laju mobil.

Hindari efek free wheel

Free wheel adalah sebuah efek yang disebabkan oleh pengendara mobil yang menginjak kopling saat melaju di jalan yang menurun. Bagi kamu yang sedang mengendarai mobil dijalan yang menurun sangat disarankan untuk tidak terus menerus menginjak pedal kopling, sebab hal tersebut membuat laju mobil lebih cepat dan bisa tidak terkendali. Gunakan pedal kopling hanya ketika akan menurunkan gigi transmisi saja.

Gunakan rem secara perlahan

Meskipun kamu sudah menurunkan gigi sehingga laju mobil bisa lebih lambat, namun tetap disarankan agar kamu juga dalam kondisi siap menginjak pedal rem. Ketika menginjak rem di kondisi jalan yang tidak begitu curam sebaiknya dilakukan secara perlahan saja.

Menginjak pedal rem juga memiliki beberapa teknik tersendiri, jika dalam keadaan darurat kamu bisa menginjak rem secara kuat, atau kamu juga bisa menginjak pedal rem secara berulang-ulang dan sedikit-sedikit saja.

Itulah cara mengemudi mobil di jalan yang menurun. Sebagai saran meskipun kamu sudah menguasai teknik dan mampu mengendarai mobil di jalan yang menurut tajam, sebaiknya kamu juga melakukan pengecekan sebelum bepergian, memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima termasuk pada bagian ban, rem, dan lain sebagainya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *