Tutorial Optimasi Instagram Untuk Bisnis

Tutorial Optimasi Instagram Untuk Bisnis


Bukan hanya sebagai media hiburan, Instagram kini telah menjelma sebagai aplikasi yang bisa menjadi sumber cuan. Agar mendapatkan keuntungan dari Instagram, kita perlu melakukan optimasi Instagram. Utamanya untuk urusan bisnis, kita harus mengatur akun Instagram agar bisa menjadi portofolio yang meyakinkan.

Cara Optimasi Instagram

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar akun Instagram dapat dioptimalkan untuk urusan bisnis. Kegiatan marketing dengan Instagram saat ini ini lebih populer karena banyak orang yang mengakses Instagram. Berikut langkah-langkah optimasi Instagram yang bisa dilakukan :

1. Menggunakan username sesuai kata kunci

Untuk mengoptimalkan akun Instagram dalam ranah bisnis, hal pertama yang harus diperhatikan adalah username. Pilihlah username yang merupakan kata kunci di mana semua orang banyak menggunakan kata kunci tersebut dalam suatu pencarian. Utamakan untuk menggunakan username yang sederhana sehingga mudah ditemukan.

Dalam menggunakan username, kita bisa menambahkan fokus produk dalam merek yang kita pasarkan. Misal kita menawarkan jasa fotografi dengan nama studio “four”, kita bisa membuat username dengan “fourphotography”.

2. Mengubah pengaturan menjadi akun bisnis

Akun Instagram menyediakan dua pilihan untuk penggunanya, yaitu itu akun pribadi dan akun bisnis. Jika memang digunakan dalam ranah bisnis, alangkah lebih baiknya jika disetting ke akun bisnis.

Cara untuk mengubahnya adalah dengan masuk menu setting. Kemudian klik pada pilihan switch to business account.

Dalam Instagram bisnis, kelebihannya adalah memiliki fitur analytics. Jadi kita bisa memantau performa sebuah postingan.

3. Mengatur profil Instagram

Untuk urusan bisnis, profil Instagram harus diatur sedemikian rupa agar tampak menarik. Jadikanlah bagian profil ini sebagai portofolio yang tujuannya untuk meyakinkan calon pelanggan ataupun pembeli. Profil ini harus menjadi identitas agar pelanggan percaya dan yakin terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.

Jangan lupa mencantumkan link contact person di bagian bio. Karena biasanya orang ingin menghubungi kita dalam sekali klik. Jadi usahakan contact person ini tercantum dalam bentuk link.

4. Menggunakan hashtag yang tepat

Dalam optimasi Instagram, penggunaan hashtag juga menjadi salah satu poin yang penting. Saat seseorang mengetikkan kata kunci di kolom pencarian, maka akan muncul berbagai postingan yang memuat hashtag yang dimaksud.

Penggunaan hashtag juga memiliki aturan di antaranya maksimal 30 hashtag dalam setiap postingan. Untuk setiap postingan, usahakan menggunakan hastag yang mewakili postingan tersebut.

Optimasi Instagram 2022

Demikian 4 cara optimasi Instagram yang dapat kita coba terapkan pada keperluan bisnis. Selain keempat ini, masih ada beberapa cara seperti memanfaatkan fitur promote dan share di berbagai media sosial lainnya.

Yang jelas, optimasi Instagram untuk tujuan bisnis sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu juga sebagai ajang kredibilitas merek yang kita miliki.

Baca Juga