Cara Menghemat Gajian Agar Bisa Menabung

Cara Menghemat Gajian Agar Bisa Menabung


Cara menghemat gajian – Tentu kita sangat berharap gaji yang kita terima di akhir bulan mampu mencukupi kebutuhan hidup setiap hari, bahkan berharap ada sisa untuk bisa di tabung. Namun kenyataannya uang tersebut justru terkadang cepat habis begitu saja. Ibarat kata “gajian cuma mampir lewat”, belum genap satu bulan uang gajian tersebut sudah habis tak tersisa.

Apalagi jika kamu harus menanggung pembayaran listrik, PDAM, tagihan WiFi, dan lain sebagainya. Tentu setelah itu akan merasa bahwa gajian yang kamu dapat selama ini masih belum cukup. Maka solusi terbaik adalah kamu harus memiliki bisnis lain yang mampu dijadikan sumber penghasilan tambahan.

Atau jangan-jangan sebetulnya gaji yang kamu terima sudah cukup. Besar dan kecilnya penghasilan terkadang memang merubah pola hidup seseorang, sehingga sebesar apapun penghasilan yang didapatkan ia akan tetap merasa kurang. Untuk menghindari hal tersebut berikut adalah cara atau tips agar uang gajian bisa memenuhi kebutuhan setiap bulan, bahkan ada sisa untuk di tabung.

Buat skala prioritas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat skala prioritas, mana yang harus dibeli dan mana yang perlu ditunda pembeliannya. Manajemen keuangan seperti ini sangat membantu kamu dalam mengontrol pengeluaran.

Hindari terlalu banyak membawa uang tunai

Metode pembayaran paling mudah adalah dengan menggunakan uang tunai, sebab di setiap toko maupun pusat perbelanjaan tentu melayani transaksi menggunakan uang tunai. Namun jika terlalu banyak membawa uang tunai biasanya membuat kita lupa dengan skala prioritas, akibatnya terkadang justru kita membeli beberapa barang yang sebetulnya belum terlalu dibutuhkan. Maka sebaiknya membawa uang tunai secukupnya saja.

Buat catatan pengeluaran per hari

Cara yang ketiga agar uang gajian cukup untuk satu bulan adalah dengan membuat catatan pengeluaran setiap hari. Tulis di catatan kecil apa saja yang hari itu kamu butuhkan, atau kamu juga bisa membuat sekaligus satu bulan. Catatan ini berguna agar kamu lebih berhati-hati menggunakan uang, sehingga yang terbeli adalah yang benar-benar dibutuhkan.

Harus menabung

Saat pertama kali menerima gajian biasanya yang ada dalam benak pikiran seseorang adalah bepergian atau belanja ke mall. Namun alangkah baiknya adalah kamu harus menyisihkan uang terlebih dahulu untuk menabung, atau memindahkan ke rekening lain setelah menganggarkan beberapa kebutuhan pokok yang harus dibeli.

Itulah tips atau cara menghemat gajian, agar kebutuhan sehari-hari tercukupi dan ada sisa untuk di tabung.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *