Cara Meningkatkan CPC Google Adsense Pada Blog

Cara Meningkatkan CPC Google Adsense Pada Blog


Google Adsense merupakan jasa periklanan yang sangat digemari oleh para publisher, sebab sangat tidak mungkin terjadi scam atau tindak penipuan. Sejauh ini Google Adsense 2021 selalu memberikan bayaran kepada pemilik blog/website yang menjadi partnernya.

Bagi kamu yang sudah terjun di dunia Adsense Oktober 2021 tentu tidak asing lagi dengan istilah CPC (Cost Per Click) atau jika dalam bahasa Indonesia berarti adalah biaya per klik.

Cara Meningkatkan CPC

Namun sayangnya nilai CPC suatu blog biasanya berbeda-beda. Lalu bagaimana caranya agar nilai CPC blog yang kamu kelola tinggi sehingga berpengaruh terhadap penghasilan perbulan. Berikut adalah tahapan yang mungkin bisa kamu coba.

Memilih nice blog

Sebelum membuat blog atau website cobalah melakukan riset terlebih dahulu, niche apa yang memiliki nilai CPC tinggi. Atau kamu juga bisa mencoba dengan membuat blog menggunakan bahasa Inggris, sebab pengunjung dari negara tersebut memiliki nilai CPC yang tinggi. Selain Inggris, negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Spanyol, dan Australia juga memiliki nilai CPC Adsense yang tinggi.

Keyword konten

Keyword atau kata kunci pada konten yang akan kamu tulis di blog ternyata sangat mempengaruhi nilai CPC. Jadi saat menulis artikel kamu harus memperhatikan beberapa keyword tertentu.

Untuk mengetahui nilai CPC suatu keyword kamu bisa mengeceknya di platform berbayar maupun gratis. Seperti ahrefs dan semrush adalah platform cek keyword berbayar, jika kamu ingin memanfaatkan yang gratis silahkan bisa cek di ubersuggest.com.

Penempatan iklan

Penempatan iklan biasanya berada di bagian atas, samping, di dalam artikel blog atau website, dan lain sebagainya. Penempatan iklan yang baik sangat memungkinkan nilai CPC kamu semakin tinggi. Beberapa blogger memiliki pengalaman bahwa menempatkan iklan di dalam artikel, di bawah judul, dan di sidebar memungkinkan pengunjung blog untuk melihat dan mengklik iklan Adsense tersebut.

Blokir iklan yang kurang bermanfaat

Cara meningkatkan CPC berikutnya adalah dengan memblokir iklan yang tidak sesuai dengan niche atau tema yang dibahas di blog kamu. Misalnya adalah blog yang kamu kelola tentang seputar budidaya ikan, maka silahkan kamu filter agar iklan yang tampil di halaman blog yang relevan saja.

Bahkan terkadang ada beberapa iklan yang tergolong iklan dewasa, seperti cara memperbesar ini itu dan lain sebagainya. Maka sebaiknya kamu blokir iklan tersebut. Sebab selain nilai CPCnya rendah, terkadang juga membuat pengunjung enggan untuk membuka blog kamu lagi.

Kombinasi bentuk iklan

Google Adsense menawarkan beberapa bentuk dan ukuran iklan yang berbeda, seperti iklan bergambar dan iklan tulisan. Selain itu kamu juga bisa memilih ukuran ikan yang kamu inginkan.

Biasanya dibagikan samping kamu bisa menempatkan iklan bergambar. Sedangkan iklan teks biasanya di tempat pada atas judul artikel. Meskipun iklan bergambar lebih menarik, namun terkadang iklan teks justru lebih sering di klik oleh pengunjung.

Selamat mencoba dan semoga kamu sukses di dunia publisher google adsense Oktober 2021 yah!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *