Tips Pilih VPS Murah Berkualitas Untuk Blogger

Tips Pilih VPS Murah Berkualitas Untuk Blogger

Pernahkah Anda mendengar mengenai VPS?, biasanya para blogger sudah tidak asing dengan nama yang satu ini. VPS merupakan suatu penyedia layanan dimana tugasnya yaitu memberi sewa pemberi layanan virtual. Keunggulan dari VPS ini sendiri jika daripada hosting web lainnya, yaitu terletak pada keleluasaan ketika memilih suatu system pelaksanaan dan platform.

Penjelasan seputar vps dan informasi teknisnya, sudah kami jelaskan pada pembahasan apa itu VPS.

Hingga dapat memberi layanan yang maksimal dalam pengelolaannya. Sekarang ini sudah marak tersebar pengoperasian web dengan memilih VPS yang terjangkau untuk mendukung websitenya.

Telah banyak tersedia VPS murah dan mudah didapat. Di sisi penawarannya yang murah, tapi juga ada tawaran bagus dengan harga yang terjangkau. Perlu pertimbangan yang matang untuk memilih diantara keduanya.

Akan lebih bagus jika tersedia vps murah dengan kualitas tinggi, beginilah cara mendapatkannya.

1. Disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung dan pemilik website

Ketika akan menentukan VPS murah mana yang cocok untuk website Anda, alangkah baiknya jika dipertimbangkan mengenai pengunjung Anda. Misalnya sederhana saja, bila web atau blog yang Anda kelola ialah website layanan masyarakat, maka pastinya kebanyakan pengunjung berasal dari Indonesia, maka dari itu pilihan yang tepat VPS indonesia (local / daerah).

Rekomendasi : Hosting Terbaik Indonesia, Niagahoster

2. Kalkulasi bandwidth

Untuk menghindari adanya biaya tambahan dari bandwitdth yang melampaui batas terhadap VPS, maka perlu dikalkulasikan terlebih dahulu. Dalam hitungan sederhana untuk mengukur kebutuhan agar tidak terkena denda atau charge, yaitu:

Bila ada 100 visitor per hari dengan ukuran bandwith per vistor 3 MB, maka dalam memiliki 3000 pengunjung, maka Bandwith 5MB dikalikan 3000 memiliki hasil 15000 MB setara dengan 15 GB per bulannya, maka setidaknya dibutuhkan 200-500 GB per bulannya.

Ukuran bandwidth ini maksudnya transaksi keluar masuk data, namun lebih jelasnya yakni data keluar. Karena setiap kali website tampil satu kali maka biasanya membutuhkan bandwidth yang cukup besar, ini dikarenakan static files tampilan website tersebut.

Maksud static files atau static content yakni file statis yang digunakan untuk pendukung dari design web, misalnya:

  • file gambar (jpg, gif, webp, dan seterusnya)
  • file video
  • file stylesheet (css)
  • file javascript
  • file html

Oleh karenanya bagi pengguna wordpress sangat diperlukan sebuah plugin yang fungsinya untuk caching, jadi mengubah konten dinamis dari output php menjadi file statis html. Alasannya sangat jelas, konten statis akan jauh lebih mudah di cache oleh browser pengguna. Akhirnya misalkan seorang pengguna membuka halaman tersebut jika sudah pernah mengunjunginya maka tidak perlu mengambil data baru dari server, ini akan sangat hemat bandwidth.

Jangan lupa untuk menggunakan CDN (content delivery networks) agar server kita tidak overload ketika mendapati banyak pengunjung dalam waktu bersamaan, namun saran saya gunakan CDN untuk static files seperti gambar, css, javascript, dan video.

3. Memilih sumber yang tepat

Ketika menentukan pilihan VPS indonesia, akan ditemukan suatu persamaan yang seharusnya diawasi kecanggihan teknologinya. Harus di perhatikan bahwa VPS yang dipilih telah memiliki teknologi terkini, yang tentunya akan mempermudah Anda dalam mengelola website.

Periksa juga bahwa VPS memiliki panel control remote, yang pastinya menjadi hal yang penting agar ketika ada masalah dapat langsung dilakukan perbaikan.

4. Harus memiliki hardware yang bagus

Sebuah perangkat dapat diukur dari cara kerja hardwarenya. Semakin baik kinerja suatu hardware maka makin cepat pula kerja server VPS. Maka hal ini harus disesuaikan berdasarkan kepentingan, sesuai Review Niagahoster.

Bila digunakan 1 platform saja yang kemudian tidak digunakan untuk kegiatan lainya misal pencarian di internet, atau mencari app lain, pemberi layanan dengan perangkat yang minimum sudah dapat dioperasikan. Jika harga VPS murah 2021, maka kualitas hardwarenya akan kecil.

5. Safety database

Sebelum memakai data yang digunakan, sebaiknya periksa juga keamanan datanya dengan menanyakan rincian yang divirtualkan. Walapun VPS dibeli dengan harga yang murah maka akan cenderung memilii kualitas yang rendah, tidak berarti juga harus membeli VPS yang harganya mahal. Akan lebih baik jika dilakukan dengan membandingkan harga dan juga kualitasnya.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan ketika memilih VPS murah berkualitas untuk blogger atau juga pengguna website. Jangan sampai Anda mengalami kerugian ataupun kecurangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, karena kesalahan saat memilih dan membeli VPS.

Rekomendasi : VPS Cloud Super Cepat

Jangan asal murah saja tapi harus dilihat juga kualitas dan bandingkan dengan produk lain, agar tidak ada penyesalan. Diharapkan tips-tips diatas dapat bermanfaat dan digunakan bagi blogger yang baru akan memulai membuat blognya dengan pemilihan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget tentunya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *