Cara Mengatasi Mesin Motor Yang Mati Sebab Banjir

Cara Mengatasi Mesin Motor Yang Mati Sebab Banjir

Tingginya intensitas hujan membuat banjir di beberapa wilayah, dan ini menjadi kendala tersendiri bagi seseorang untuk melakukan aktivitas seperti bekerja, berangkat sekolah, dan lain sebagainya.

Beberapa kendaraan bermotor terpaksa harus berhenti atau mencari jalan lain untuk menghindari banjir. Bagi yang tak sabar dan berani menerobos banjir resikonya adalah mesin kendaraan akan mati.

Menurut penjelasan beberapa perusahaan motor, tingkat keamanan atau ketinggian banjir yang diperbolehkan untuk diterjang pengguna kendaraan bermotor adalah sebatas tinggi as roda. Jika melebihi maka sebaiknya kamu mencari jalan lain.

Namun jika mesin motor kamu sudah terlanjur mati dan mogok sebab menerjang banjir, berikut adalah beberapa tips atau cara untuk menghidupkan kembali.

Tunggu hingga sedikit kering

Jika saat menerjang banjir tiba-tiba mesin motor kamu mati jangan terlalu panik dan khawatir. Bawa motor tersebut ke tempat yang lebih tinggi dan keringkan menggunakan kain seadanya, jika dirasa cukup kamu bisa mencoba untuk kembali menyalakan mesin motor dengan menggunakan engkel.

Cek filter atau karburator motor

Motor yang sulit untuk menyala kembali coba cek pada bagian filter. Jika di dalam filter ada air atau terlihat basah segera keringkan, sebab filter yang masih basah membuat mesin sulit untuk dinyalakan.

Periksa bagian knalpot

Langkah selanjutnya untuk mengatasi mesin mogok sebab banjir adalah dengan memeriksa bagian knalpot motor. Bisa jadi mesin motor yang mati dikarenakan terdapat air yang menyumbat di dalam knalpot. Namun jika hal tersebut tidak berpengaruh terhadap mesin motor, coba kamu cek pada bagian busi.

Memeriksa busi dan mengeringkannya

Sebagai pengendara motor sebaiknya kamu selalu sedia kunci busi di dalam jok motor. Jika mesin mogok sebab terkena air coba kamu periksa dan keringkan busi, dan ketika busi sudah dilepas silahkan nyalakan mesin menggunakan engkol agar sisa air bisa keluar. Kemudian pasang kembali busi yang sudah benar-benar kering, langkah selanjutnya coba kamu nyalakan mesin motor.

Panaskan mesin terlebih dahulu

Jika mesin sudah nyala kembali sebaik jangan terburu-buru untuk mengendarainya, tunggu beberapa menit agar mesin panas terlebih dahulu.

Itulah ulasan tentang cara mengatasi motor yang mati akibat menerjang banjir.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *