Bisnis Es Tebu, Minuman Segar Beromzet Puluhan Juta

Bisnis Es Tebu, Minuman Segar Beromzet Puluhan Juta

Bisnis menjual minuman es segar dan alami memang memiliki nilai keuntungan yang tinggi, bahkan hingga saat ini meskipun banyak produk es dengan olahan baru minuman es alami seperti jus buah dan es sari tebu masih tetap banyak digemari oleh masyarakat.

Selain rasanya yang memang sangat menyegarkan dan harganya yang tidak terlalu mahal, es tebu banyak digemari oleh masyarakat sebab dibuat secara alami dan tidak mengandung bahan pengawet. Pembeli pun bisa secara langsung melihat proses pembuatan dan pengambilan sari tebu tersebut.

Dengan berbagai macam inovasi saat ini bisnis es tebu pun mulai banyak diminati oleh anak muda. Namun sayangnya, seperti bisnis pada umumnya bisnis es tebu juga memiliki beberapa resiko, apalagi jika memasuki musim hujan tentu minat pembeli akan berkurang dari hari biasanya.

Namun meskipun seperti itu, bisnis es tebu tetap saja menjadi solusi ide bisnis yang sangat bagus. Apalagi jika kamu mengolahnya dengan cara yang berbeda dan memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan yang lain, tentu kedai es tebu milikmu lebih di sukai banyak pembeli.

Cara memulai bisnis es tebu

  • Menggunakan tebu pilihan – Sebagai bahan dasar kamu wajib memilih batang tebu yang memiliki kualitas bagus. Batang tebu yang bagus biasanya lebih besar dan memiliki kandungan air yang banyak. Dari segi usia cobalah memilih batang tebu yang tidak terlalu muda atau terlalu tua.
  • Bervariasi – Umumnya es tebu hanya perpaduan antara sari tebu dan es saja. Coba kamu kombinasikan dengan memberi campuran berupa parutan kelapa muda, jelly, agar-agar, perasan lemon, atau yang lainnya.
  • Desain kekinian – Gunakan desain gerobak dan kemasan es tebu yang lebih menarik. Selain itu kamu juga harus memperhatikan faktor kebersihan, sebab sebagian orang ada yang enggan membeli sesuatu di tempat yang kurang bersih.
  • Pemilihan nama – Memilih nama atau brand kedai es tebu yang unik dan mudah diingat oleh orang lain.
  • Mesin giling berkualitas – Mesin giling tebu adalah hal yang sangat penting untuk di pertimbangkan. Sebelum membeli sabaiknya kamu menggali informasi terlebih dahulu terkait mesin giling tebu, agar mendapatkan produk terbaik dan tidak menyesal di kemudian hari.

Estimasi Bisnis Es Tebu

Bagi kalian yang saat ini sedang mencari ide bisnis menarik di Februari 2020 ini, maka bisnis es tebu bisa menjadi sebuah alternatif menarik. Karena jika dilihat dari modal dan pendapatan, akan dihasilkan untung yang cukup besar.

Hal utama kamu harus memiliki mesin peras tebu, dikarenakan alat ini sangat membantu kita dalam mengambil sari pati batang tebu.

Alat peras tebu ada dua jenis yaitu alat manual dan listrik, untuk mesin peras tebu manual kamu harus menggiling sekuat tenaga agar dihasilkan air perasan tebu alami. Sedangkan untuk alat peras tebu listrik, cukup menekan tombol maka sudah dihasilkan tanpa keluar tenaga ekstra.

Gerobak es tebu Rp. 1.500.000
Ember (2 buah) Rp. 100.000
Mesin tebu Rp. 2.000.000
Mesin cup sealer Rp. 1.000.000
Pisau Rp. 25.000
Termos es Rp. 90.000
Saringan Rp. 30.000
Gelas plastik Rp. 10.000
Centong Plastik Rp. 15.000
Banner Rp. 60.000
Kursi plastik (2 buah) Rp. 100.000
Peralatan tambahan Rp. 100.000
TOTAL Rp. 5.030.000

Biaya diatas merupakan biaya modal awal, walaupun akan ada penyusutan nilai namun diatas bisa menjadi gambaran.

Bisnis Es Tebu

Lantas untuk biaya rutinitas bulanan, akan dituliskan dibawah ini secara singkat untuk gambaran saja.

  • Beli gelas plastik
  • Beli sedotan plastik
  • Beli kantong kresek plastik
  • Bayar sewa listrik
  • Beli batang tebu

Sedikit membahas tentang mesin peras tadi, untuk alternatif jika kamu tidak menyewa kios yang biaya hingga 12jt rupiah per tahun, kamu bisa berjualan di pinggir jalan atau sekedar di keramaian baik itu Car Free Day maupun kegiatan lainnya.

Untuk kamu yang tidak mengontrak kios, bisa juga ikut nyambung listrik ke kios maupun rumah terdekat. Biasanya dikenakan biaya sekitar 5ribu rupiah per hari, ini akan sedikit menghemat biaya kan.

Atau jika sudah ada peningkatan, kamu bisa tiru penjual tahu bulat. Jualan es tebu yang bisa berpindah, karenanya gerobak ditaruh di mobil pickup atau juga motor Tossa.

Inilah yang dijalankan oleh Arief Lukman, bos es tebu yang sukses memiliki banyak gerobak. Para pekerjanya berkeliling menggunakan motor tossa yang disulap menjadi kios berjalan, pada jam-jam tertentu akan mangkal di tempat keramaian seperti sekolah, kantor, maupun saat ada event pameran.

Itulah ulasan singkat terkait bisnis es tebu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *