Cara Budidaya Ikan Nila Secara Sederhana

Cara Budidaya Ikan Nila Secara Sederhana


Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang laris di pasaran, cara budidaya ikan nila juga termasuk cukup mudah. Namun sayangnya masih belum banyak pengelola tambak yang membudidaya ikan nila, sehingga kebutuhan pasar masih sangat kurang. Pada September 2021 ini saja, jika kita melihat data permintaan ikan nila maka akan mendapati hasil yang mencengangkan.

Dari segi ide bisnis, ternak ikan nila juga sangat menguntungkan. Selain mudah di budidaya, biaya perawatan untuk mengelola tambak ikan nila juga tidak terlalu besar. Dan jika budidaya ini sukses maka hasil dari panen ikan nila sangat menguntungkan, bahkan tidak sedikit tengkulak yang membeli langsung di kolam.

Selain memakan plankton dan tumbuhan di sekitar tambak, ikan nila juga termasuk jenis ikan yang memakan segalanya. Mungkin sebab itu lah biaya untuk budidaya ikan nila relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jenis ikan yang lain.

Jika kamu tertarik melakukan budidaya ikan nila pada 2021, berikut cara dan tahapannya.

1. Persiapan kolam Ikan nila

Langkah pertama yang harus kamu siapkan ialah membuat kolam ikan, bisa berupa kolam yang terbuat dari terpal, kolam semen, atau kolam tanah. Tergantung lahan dan kesiapan modal yang kamu miliki untuk membuat kolam.

Setelah kolam selesai kamu juga perlu mengecek terlebih dahulu kesiapan kolam tersebut, mulai dari pengukuran pH tanah, pemupukan tanah, dan lain sebagainya.

Proses checking pH cukup penting bagi berhasil tidaknya sebuah budidaya ikan, karena unsur air disini sangat penting. Ada kalanya kamu harus mempelajari lebih dalam lagi tentang budidaya ikan nila, jika pH terlalu rendah maka bagaimana cara membuat tinggi (stabil) dan juga sebaliknya.

2. Memilih benih ikan nila

Jika kolam sudah siap, langkah selanjutnya yakni memilih benih ikan yang bagus. Memilih benih ikan nila merupakan faktor yang sangat penting, sebab sangat berpengaruh terhadap masa dan hasil panen nantinya. Untuk memperoleh hasil yang bagus usahakan kamu memilih benih ikan nila jenis kelamin jantan, sebab pertumbuhan ikan nila jantan lebih cepat hingga 40% jika dibandingkan dengan nila betina.

Begitupun dengan proses penaburan benih, silahkan kamu lakukan pada malam hari saat keadaan air cenderung lebih sejuk. Selain itu usahakan agar benih ikan keluar dengan sendirinya melalui tempat yang sudah kamu siapkan.

Maksudnya ialah saat ikan masih didalam plastik, jangan langsung menuangkan semua ikan ke kolam namun buka plastiknya lalu miringkan mulut plastik agar ikan bisa keluar dengan sendirinya. Ini akan meminimalisir terjadinya stress pada ikan, tentunya kita tidak ingin ada ikan yang mati karena stress kan.?

3. Memberikan pakan

Proses memerikan pakan juga harus kamu perhatikan, berikan pakan secukupnya saja yakni pada waktu pagi dan sore hari. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek pertumbuhan ikan nila setiap satu minggu sekali, proses ini bisa kamu lakukan dengan mengambil beberapa sampel ikan secara acak, dan kemudian timbang berat badan ikan tersebut.

Itulah cara singkat budidaya ikan nila di 2021 ini, dalam kesempatan lain akan kami bahas satu persatu bagaimana membuat pakan sendiri dan lainnya. Selamat mencoba!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *