Cara Budidaya Lobster Menggiurkan – Pasti Berhasil

Cara Budidaya Lobster Menggiurkan – Pasti Berhasil

Pernah makan di tempat makanan seafood? Jika pernah, tentu tahu menu favorit setiap makanan seafood. Ada kepiting dan udang yang menjadi menu favorit di tempat makanan tersebut, namun tidak hanya kepiting, melainkan lobster juga termasuk makanan favorit seafood. Makanan seafood yang enak ini setelah kepiting banyak digemari oleh pecinta kuliner. Dagingnya yang tebal dan tidak susah mengupas kulit atau cangkakang seperti kepiting. Tentu menjadi pilihan pecinta kuliner untuk menyantapnya, tapi bagaimana cara budidaya lobster ya.

Walapun ketika kita menyantap lobster harus merogoh kocek yang agak banyak, namun tidak berkurang yang menikmati makanan seafood yang satu ini. Jika lobster ini sangat laku di pasaran tentu permintaan pemasuk lebih banyak juga.  Ini menjadi peluang bagi kita yang ingin bergelut di dunia bisnis. Menjadi seorang budidaya lobster. Waduh.. harus punya tempat yang dekat laut dong? Airnya harus asin dong? Oh tidak juga. Lobster ada dua jenis seperti lobster air laut dan lobster air tawar.

Yang akan kita bahas kali ini adalah lobster air tawar. Setelah saya bercerita sedikit di paragraph pertama tentu ada gambaran untuk membuka usaha baru bukan? Lobster bisa di budidaya di air tawar. Sebuah peluang baru dalam dunia bisnis karena permintaan lobster selalu banyak. Karena dagingnya yang nikmat menjadikan para pecinta kuliner tidak enggan memakan walaupun merogoh kocek yang agak dalam.

Budidaya Lobster Air Tawar

Secara umum lobster air tawar dengan lobster air laut  tentu berbeda, yakni dengan ciri pada lobster air laut memiliki 5 pasang kaki, sedangkan lobster air tawar hanya memiliki 4 pasang kaki yang mana kaki kelima berbentuk capit. Untuk lobster air tawar yang dibudidayakan kebanyakan adalah Red Claw, walaupun ada dua jenis lobster air tawar.

Karena rasanya lebih enak dengan ciri khasnya pada capit yang berwarna merah, khususnya pada jenis lobster jantan. Berat maksimal pada lobster ini bisa menacapai hingga 8 ons dan bisa bertahan hidup hingga 5 taun.

Dilihat dari umurnya saja kita sudah tenang karena lobster ini umurnya lebih panjang dibanding ikan lainnya.

Ada 2 jenis lobster Air tawar yang harus kamu ketahui.

Lobster Red Claw

Lobster air tawar dengan bahasa latin Cherax Quadrinatus yang satu ini banyak di kembangkan di Indonesia dengan tujuan untuk di konsumsi. Lobster Red Claw ini sebernarnya bukan asli dari Indonesia.

harga lobster red claw
harga lobster red claw Juni 2021
Lobster ini berasal dari Australia, dengan ini merupakan hewan rawa – rawa dan aliran sungai dengan air yang tidak terlalu deras. Red Claw ini sangat menyukai hidup di air yang yang bersih dan terdapat tempat untuk berlindung.

Lobster ini memiliki eksoskeleton atau rangka luar yang keras, sehingga melindunginya dari serangan hewan lain maupun sesama jenisnya. Pada saat sedang moulting atau berganti kulit, lobster ini membutuhkan tempat berlindung karena rangka luarnya yang masih lunak dan rentan.

Memiliki ciri utama warna merah pada bagian luar capitnya, untuk betina memiliki warna merah pada sisi dalam capitnya juga.

Bagaimana cara membedakan betina dan jantan lobster?

Untuk membedakan kelamin jantan atau betina pada lobster ini yakni dengan mengamati kakinya terdapat pada dasar kaki ketiga, udang jantan memiliki tonjolan pada dasar kaki jalan ketiga.

Namun pada betina memiliki lubang didasar kaki jalan ketiga.

Udang lobster ini bisa mencapai ukuran 50 cm dengan berat mencapai 8 ons hingga 1 kg, disebutkan udang betina dengan ukuran tersebut mampu bertelur hingga 1000 butir dalam sekali proses perkawinan.

Lobster ini memang banyak di sukai pembudidaya karena memiliki ukuran yang besar dan tidak mudah terserang penyakit, tidak terlalu buas dan tentu memiiki harga yang mahal.

 Cara Perkawinan Lobster

Untuk lobster udang akan mengalami masa perkawinan setelah berumur 8 bulan dengan ukuran kurang lebih 15 cm, betina akan menjaga telurnya dibawah perut selama 35 hari hingga telur menetas, kemudian setelah menetas, larva lobster akan langsung hidup sendiri dan terlepas dari perawatan kedua induknya.

Udang lobster jenis ini dalam budidaya mampu kawin dan bertelur hingga 4 kali dalam satu tahun.  Bayangin aja dalam satu kali menetas ada ribuan telur, dan itu bisa bertelur hingga 4 kali, jadi dalam setahun bisa mencapai 4 ribuan teluar dong.

Bertelur banyak namun di pasar selalu kekurangan pemasok. Mungkin anda salah satunya yang menjadi pemasok lobster air tawar ini.

Apa makanan udang?

Seperti udang hias untuk aquascape dengan jenis red chery shrimp (RCS) atau yellow, ternyata dalam kenyataannya untuk pakan udang habitat asli itu sama.

Lobster pada habitat aslinya mereka akan memakan algae, lumut, buah ataupun hewan kecil yang dapat ditemukannya. Sedangkan dalam budidaya kita bisa memberikan makan seperti umbi – umbian, ikan bahkan pellet dengan kadar protein tinggi.

Jika memberikan pakan dalam sehari itu dua kali akan berpengaruh terhadap lobster. Lobster ini akan memiliki panjang 1 inchi dalam waktu satu bulan. Sedangkan pada habitat aslinya membutuhkan waktu lebih lama.

Ini karena dalam habitat aslinya masih mencari makan sendiri karena dalam habitatnya tidak hanya lobster ini saja yang hidup di sekitarnya melainkan ada hewan lainnya yang tentu memakan alga dan lainnya yang sejenis makananya dengan lobster yang satu ini.

Lobster Cherax Destructor

Atau biasa disebut dengan udang lobster jenis Yabbi, Memiliki ciri khusus yang memiliki capit berukuran besar yang hampir sama dengan tubuhnya, ditambah lagi dengan warna yang cantik dan indah yang hampir seluruh tubuh berwarna biru. Lobster ini sering disebut dengan nama “Si Penghancur”.

Harga Lobster Cherax Destructor Yabbi
Harga Lobster Cherax Destructor Yabbi

Memiliki panjang antara 30 cm hingga 50 cm dengan berat 3 ons hingga 5 ons per ekornya, berbeda dengan lobster Red Claw. Lobster ini juga sama dengan red claw bukan asli dari Indonesia melainkan dari Australia.

Hebatanya lobster adalah hewan yang mampu beradaptasi di tempat manapun selama tempat tersebut bersih. Bahkan ketika musim kering mereka akan bertahan hidup dengan cara membuat lubang didalam tanah hingga kedalaman 5 meter. Saat musim hujan tiba mereka keluar untuk mencari makan hingga migrasi.

Lobster jenis Cherax Destructor Yabbi ini sangat cocok untuk hiasan aquarium dengan warna yang indah, namun tidak bisa disatukan dengan udang hias red chery shrimp.

Nah jadi sudah tahu kan mana udang yang cocok untuk di budidayakan yang tentunya menghasilkan lebih banyak keuntungan. Oh iya ada lagi keunggulan lobster yabbi seperti kandungan protein yang tinggi dan kolesterol lebih rendah dibandingkan dengan lobster air laut.

Lobster air tawar ini baru dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 2000. Berawal dari sebagai hiasan di aquarium saja tetapi karena manfaat dan rasa pada lobster ini gurih yang tidak jauh berbeda dengan lobster air tawar.

Sehingga banyak orang membudidayakan lobster jenis ini.  Yang sebelumnya hanya di aquarium dan hingga sekarang sudah dikonsumsi sehingga perputaran lebih cepat dalam permintaan lobster di pasaran.

Prospek dan persaingan budidaya Lobster air tawar

Pemeliharaan lobster air tawar dengan mudah dan tentunya lobster ini tahan terhadap penyakit menjadi pembudidaya sedikit lega dalam proses budidayanya. Sehingga lobster air tawar lebih unggul dibanding lobster air laut.

Ada dua pilihan yang memang ingin membudidayakan lobser air tawar yakni antara pembenihan dan pembesaran atau jika mampu bisa keduanya dilakukan.

Jika bagi pemula lebih baik membudidayakan lobster ini pada proses pembesaran agar lebih cepat untuk dijual di pasaran, ini memandang harga lobster Juni 2021 yang sangat positif.

Namun jika anda memilih pembesaran tentunya harus memiliki lahan yang luas agar lebih banyak yang di panen nantinya, modal yang besar yang harus dimiliki untuk pembesaran lobster air tawar, juga pegawai yang selalu mengawasi lobsternya.

Mengatur kadar air dan kejernihan air disetiap kolam. Berbeda lagi dengan pembenihan. Proses ini bisa dilakukan dengan lahan yang kecil karena pembenihan tidak membutuhkan lahan besar seperti pembesaran yang hingga siap jual  ke restoran atau pasar. Namun dalam pembenihan udang harus dengan pengamatan dan pengawasan serius agar lobster tetap sehat dan mampu dijual ke pengepul atau yang ingin pembesaran lobster hingga siap jual ke pasaran.

Lobster air tawar dalam pemasaran

Pasokan lobster air tawar 2021 di Indonesia baru memenuhi sekitar 50% jumlah permintaan nasional dan 4 hingga 5% permintaan ekspor. Untuk Negara yang selalu permintaan ekspor lobster antara lain Negara korea, jepang dan singapura.

Sedangkan di Indonesia permintaan tiap kota yang lebih banyak dari Jakarta dan bali. Untuk pembesaran biasanya langsung di jual ke pasar atau restoran atapun jika tidak susah – susah mencari konsumen berikan saja ke pengepul atau supplier lobster sehingga kita tidak capek memikirkan harus kemana mau di kirim sedangkan persaingan di pasaran semakin ketat.

Saat ini benih lobster Juni 2021 mencapai Rp. 2.200/ekor dalam umur 2 bulan dan ukuran 2 inchi, sedangkan harga lobster yang siap konsumsi ukuran 1 ons atau panjang 5 hingga 6 inchi ditingkat petani mencapai Rp. 90.000/kg, di tingkat supplier Rp. 125.000/kg dan di tingkat eceran mencapai Rp 150.000 hingga Rp 220.000 per kg.

Jadi untuk berkelanjutan lebih baiknya pada pengepul atau supplier sehingga lobster siap konsumsi sudah siap dijual dan tidak memikirkan konsumen lagi. Yang penting dalam bisnis adalah kelancaran bertransaksi.

Untuk pengiriman lobster lebih baik menggunakan Styrofoam seperti pegiriman ikan – ikan lainnya, dengan di isi didalamnya lapisan busa tipis basah yang telahh diperas, kemudian letakan benih lobster diatasnya, lapisi lagi busa tipis basah yang telah diperas hingga 5 lapisan untuk menjaga keadaan lobster tetap baik hingga ke konsumen.

Keuntungan lebih banyak di pembibitan lobster

Pembibitan tidak membutuhkan lahan yang tidak terlalu besar kerena lobster masih kecil. Namanya saja pembenihan jadi tidak terlalu membutuhkan lahan yang cukup besar.

Dengan masa perkawinan yang bisa dilakukan 4 kali dalam satu tahun, anda sudah bisa mendapatkan 4 ribu lebih benih yang akan dijual.

Saat penjualan pun perhitungannya bukan perkilo ataupun borongan melainkan per ekor, sudah dijelaskan sebelumnya bahwa benih lobster yang berumur 1 bulan sudah memiliki harga jual 2000/ekor.

Jika dalam setahun sudah ada 4000 ekor berati harga yang terjual mencapai 8 juta, itu baru 1 bibit lobster. Jika memiliki puluhan lobster yang bertelur tentu akan banyak juga benih yang akan dijual, apalagi dengan perawatan yang ringan dan memperhatikan kejernihan air pada kolam saja. Budidaya udang ini lebih mudah bagi pemula.

Adakah niat untuk berbudidaya lobster air tawar di bulan Juni 2021 ini? Memang lebih mudah dalam pembesaran lobster air tawar yang dari lobsternya saja sudah tahan dengan penyakit, karena hewan ini tahan hingga berumur 5 tahun loh.

Semua kolam harus bersih, ya tentu kita juga suka dengan kebersihan jadi lebih bagus juga untuk kita yang ingin budidaya lobster air tawar ini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *