Perkembangan Fintech di Indonesia

Perkembangan Fintech di Indonesia

3 min read

Perkembangan Fintech 2020 – Menurut data dari Bank Indonesia Financial Technologi atau (Fintech) adalah sebuah terobosan baru yang menggabungkan antara kemajuan teknologi dan jasa keuangan. Pada intinya, fintech adalah kemajuan teknologi dibidang keuangan yang bermanfaat untuk mempermudah proses finansial seseorang.

Banyak perusahaan startup baru dengan kategori fintech mampu membantu pemerintahan dan masyarakat, khususnya di bidang pelayanan keuangan. Manfaat yang paling terasa ialah saat ini masyarakat tidak perlu keluar rumah dan menunggu antrean untuk melakukan kegiatan perbankan, cukup menggunakan smartphone dan akses internet semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Fintech kategori sosial

Kehadiran dan perkembangan fintech di Indonesia kini tumbuh sangat cepat sekali, pada Oktober 2020 banyak dari masyarakat yang mulai bisa merasakan manfaatnya. Dengan adanya fintech kebisaan transaksi keuangan bisa lebih efisien dan praktis. Menurut beberapa sumber, perkembangan fintech di Indonesia yang awalnya hanya sekitar 7% saat ini per Oktober/2020 hampir sampai pada angka 80%

Namun sayangnya sebagian dari masyarakat sudah terlanjur berasumsi bahwa financial technology adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan pinjam uang secara online saja. Padahal, perusahaan startup fintech juga ada yang fokus pada kegiatan sosial seperti kitabisa.com dan lain sebagainya.

Beberapa platform atau aplikasi fintech memang ada yang secara khusus bergerak dibidang sosial, sistem kerjanya adalah dengan cara melakukan penggalangan dana secara online. Beberapa dana dari masyarakat yang sudah memenuhi target biasanya disalurkan untuk membantu korban bencana alam, biaya pengobatan rumah sakit, dan lain sebagainya. Tidak hanya sebagai tempat untuk penggalangan dana saja, aplikasi fintech seperti kitabisa.com juga bisa dimanfaatkan bagi kamu yang membutuhkan bantuan. Yakni dengan cara mendaftarkan diri melalu aplikasi atau platform online.

Perkembangan teknologi dan internet memang bergerak sangat cepat, startup baru di kategori fintech pun banyak bermunculan. Namun kamu juga perlu waspada dan lebih teliti ketika akan menggunakan jasa dari salah satu aplikasi atau platform fintech.

Itulah sedikit ulasan atau bisa disebut pengenalan terkait dengan perkembangan fintech di Indonesia pada bulan Oktober 2020, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *