Cara Budidaya Belut Menggunakan Air Tawar

Cara Budidaya Belut Menggunakan Air Tawar

Belut adalah merupakan jenis atau kategori ikan yang hidup di air namun mampu bertahan di lumpur yang kandungan airnya lebih sedikit. Rasanya yang gurih dan memiliki banyak nutrisi menjadikan belut diminati oleh banyak orang.

Alasan belut mampu bertahan hidup didalam lumpur ialah sebab memiliki dua sistem pernapasan. Meskipun demikian, untuk melakukan budidaya belut kamu tidak harus menggunakan media lumpur. Belut juga bisa dibudidaya menggunakan air tawar yang bersih di kolam.

Namu jika kamu memilih budidaya belut menggunakan air biasa maka kebutuhan pakan akan lebih tinggi, sebab belut hanya makan makanan yang kamu sediakan saja. Akan tetapi, belut yang dibudidaya tanpa lumpur tentu lebih mudah dikontrol dan kamu juga bisa dengan mudah mengamati perkembangannya.

Untuk itu, berikut ialah langkah atau cara budidaya belut yang perlu kamu tahu.

Menyiapkan tempat dan air

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk budidaya belut ialah mempersiapkan kolam, bisa berupa kolam yang terbuat dari terpal atau kolam permanen yang terbuat dari semen. Isi kolam tersebut dengan air dan diamkan beberapa hari agar kolam lebih alami.

Jika bau terpal atau semen sudah menghilang, silahkan kamu bisa mengganti air tersebut dengan air yang baru dan bibit belut siap  untuk dimasukan kedalam kolam tersebut.

Memilih bibit belut

Memilih bibit belut sangat penting untuk dipertimbangkan, sebab bibit tersebut nantinya sangat mempengaruhi terhadap hasil panen. Dan berikut ialah tips memilih bibit belut yang baik.

  1. Pilih belut yang terlihat aktif dan tidak ada bekas luka.
  2. Tidak membeli belut yang ditangkap menggunakan strum atau pancing.
  3. Memilih ukuran belut yang sama agar pertumbuhannya seimbang dan meminimalisir terjadinya kanibalisme.

Memberikan pakan secara rutin

Proses memberikan makan untuk belut biasanya bisa dilakukan 3 atau 4 kali sehari, yakni pada waktu pagi, siang, dan sore. Selain menggunakan pelet, kamu juga bisa menambahkan jenis makanan alami seperti sisa daging ayam, limbah ikan, atau bekicot.

Nah, itulah ulasan singakat tentang cara budidaya belut dengan mudah.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *