Istilah Dalam Penerbangan Pesawat, Kamu Wajib Tahu

Istilah Dalam Penerbangan Pesawat, Kamu Wajib Tahu


Salah satu alat transportasi yang sering digunakan untuk berwisata ke pulau lain atau ke luar negeri ialah dengan menggunakan pesawat. Tatacara dan beberapa istilah yang digunakan di perusahaan pernerbangan dengan transportasi yang lain tentu berbeda.

Ada beberapa istilah yang mungkin terasa asing di telinga bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat, apa lagi jika menggunakan pesawat dengan rute penerbangan internasional.

Agar tidak bingung dan menimbulkan kesalahpahaman, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu beberapa istilah-istilah dalam penerbangan pesawat seperti berikut ini sebelum melakukan perjalanan wisata.

1. Booking tiket

Sebelum perjalanan kamu perlu terlebih dahulu menentukan tanggal penerbangan dan booking tiket, yakni memesan tiket di maskapai penerbangan maupun di berbagai situs peyedia tiket pesawat seperti Traveloka maupun yang lain. Kemudian nantinya kamu akan mendapatkan kode yang digunakan untuk check-in dan mendapatkat tiket.

2. Check-in

Sebelum melakukan keberangkatan kamu diharuskan untuk check-in terlebih dahulu. Ini merupakan proses validasi terkait tujuan penerbangan, identitas penumpang, dan lain sebagainya. Check-in bisa dilakukan saat dibandara atau secara online di website resmi maskapai.

3. Boarding Pass

Ini merupakan istilah yang cukup familiar di perusahaan pernerbangan. Boarding Pass ialah sebuah tiket penerbangan, tanda pengenal yang mencantumkan identitas penumpang, nomor kursi, dan jam keberangkatan.

4. Delay

Istilah lain yang wajib kamu ketahui ialah delay. Jika ada pengumuman delay terkait pesawat yang akan kamu gunakan, itu artinya jadwal keberangkatan tertunda yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Misalnya yakni karena cuaca yang buruk atau yang lainnya.

5. Security Check

Sebelum keberangkatan, saat dibandara seluruh barang yang kamu bawa harus melewati proses pengecekan terlebih dahulu. Hal ini disebut dengan istilah Scurity check, untuk pengecekannya menggunakan alat pendeteksi mesin x-ray.

6. Take Off

Ketika sudah masuk jam penerbangan maka pesawat akan segera melakukan take off, yakni pesawat mulai terbang meninggalkan landasan. Sebelumnya seluruh penumpang sudah diarahkan untuk memakai sabuk pengaman.

Itulah beberapa istilah dalam penerbangan pesawat yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan traveling menggunakan pesawat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *