Cara Mudah Screenshot Di Layar Laptop

Cara Mudah Screenshot Di Layar Laptop

Menangkap gambar pada layar atau yang lebih sering disebut dengan screenshot memang mudah, apa lagi jika hal tersebut dilakukan pada layar smartphone. Cukup dengan menekan tombol power dan voleme bawah atau minus.

Bukan hanya di smartphone, fitur screenshort juga sering digunakan pada layar laptop maupun tablet. Biasanya screenshot digunakan untuk mengabil video, percakapan, bukti transaksi, dan lain sebagainya ke dalam file dengan format JPG.

Lalu bagaimanakah cara melakukan screenshot jika menggunakan layar laptop? Tentu caranya berbeda dengan screenshot di smartphone maupun tablet.

Meskipun ada banyak aplikasi yang menyedikan fitur screenshot namun sebetulnya kamu juga bisa memanfaatkan tombol pada papan kyeboard untuk melakukan screenshot. Dan berikut ialah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Menggunakan tombol PrtSc SysRq atau Print Screen

  1. Langkah pertama silahkan kamu buka file atau halaman layar yang akan di screenshort.
  2. Jika sudah silahkan tekan tombol PrtSc SysRq atau Print Screen yang ada pada papan keyboard.
  3. Selanjutnya buka aplikasi potoshop atau pain, kemudian tekan atau klik tombol Ctrl dan V secara bersamaan. Maka secara otomatis gambal akan menempel pada aplikasi tersebut.
  4. Langkah terakhir silahkan simpan file tersebut dengan cara klik save as pada menu yang tersedia di aplikasi

Jika cara di atas tidak bisa, kamu bisa menambahkan tombol Alt saat ingin melakukan screenshot, langkah selanjutnya juga sama dengan cara di atas. Yang perlu di ingat ialah kamu harus menekan tombol Alt terlebih dahulu tanpa melepaskannya kemudian klik tombol PrtSc SysRq.

Selain cara di atas masih ada satu cara lagi yang lebih mudah, namun tidak semua merek maupun seri laptop bisa melakukannya. Yakni dengan cara seperti dibawah ini.

  1. Buka layar yang ingin kamu screenshot
  2. Tekan secara bersamaan tombol windows dan PrintScreen
  3. Cek file hasil dari screenshot di foder pictures pada lapop atau PC

Mudah bukan? kini kamu sudah bisa melakukan screenshot di layar laptop maupun PC tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *