Hard Disk Laptop Rusak? Ini Cara Untuk Menyelamat Data Yang Tersimpan

Hard Disk Laptop Rusak? Ini Cara Untuk Menyelamat Data Yang Tersimpan


Harddisk adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang berada di dalam laptop maupun komputer. Memiliki fungsi sebagai penyimpanan data pada laptop maupun komputer menjadikan beda yang satu ini memiliki peran yang sangat penting.

Namun sayangnya ketika digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama performa hard disk akan menurun. Bahkan hard disk bisa saja mengalami kerusakan diakibatkan beberapa faktor, misalnya dikarenakan laptop terjatuh atau yang lain.

Jika harddisk tidak terbaca atau sudah terlanjur rusak atau menurun performanya memang kerap kali membuat bingung. Biasanya juga berpengaruh terhadap kinerja laptop yang semakin lambat, atau data yang kamu simpan menjadi hilang begitu saja.

Kamu mungkin bisa saja membeli laptop lagi atau mengganti hard disk yang baru, hal tersebut sangat mudah sebab harga hard disk saat ini juga sudah tidak begitu mahal. Namun bagaimana dengan nasib data yang tersimpan di dalam hard disk lama. Belum lagi jika data yang tersimpan di dalam hard disk ialah sesuatu yang penting.

Nah, berikut ialah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan data yang tersimpan di harddisk rusak.

Backup data menggunakan software recovery

Lahkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk meyelamatkan data yang tersimpan di dalam hard disk ialah dengan membackup data tersebut, caranya yakni bisa dengan menggunakan software backup yang sudah ada di hard disk.

Matikan laptop untuk sementara waktu

Hadr disk yang mengalami gangguan biasanya diawali dengan beberapa ciri-ciri seperti laptop tiba-tiba mengalami restart, semakin lemot, muncul tulisan drive error, dan lain sebagainya. Jika seperti itu maka sebaiknya segera backup beberapa data yang menurut kamu penting dan matikan laptop terlebih dahulu.

Meminta bantuan jasa sevice laptop

Ini cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika sekiranya kamu sendiri sudah tidak bisa mengatasinya. Jika ada data hard disk yang ingin kamu selamatkan cobalah pergi ke jasa service laptop yang terpercaya. Namun hal ini juga tidak bisa dijadikan jaminan hard disk tersebut masih bisa terbaca dan data bisa di selamatkan.

Paling man yakni kita memiliki harddisk external untuk berjaga-jaga sekedar backup data, sehingga saat terjadi musibah harddisk rusak dan tidak terbaca bisa kita selamatkan data penting di laptop dengan harddisk eksternal. Sesungguhnya ada cara mengetahui umur harddisk, namun tidak banyak pengguna yang mengetahuinya.

Cara menyelamatkan harddisk yaitu dengan sebuah software bernama harddisk sentinel pro, bisa di download melalui beberapa situs seperti kuyhaa atau download saja harddisk sentinel portable update Oktober 2021.

Seiring harga harddisk Oktober 2021 semakin murah namun penyimpanan semakin besar, maka fungsi harddisk kala ini menjadi hal prioritas setelah kamu membeli laptop baru.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan data penting yang tersimpan di hard disk laptop.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *