6 Pesiapan Yang Harus Di Lakukan Sebelum Lari Maraton

6 Pesiapan Yang Harus Di Lakukan Sebelum Lari Maraton

Jenis olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, dan lain sebagainya termasuk juga lari maraton adalah jenis olahraga yang sangat melelahkan, dibutuhkan kondisi fisik yang betul-betul prima. Untuk menunjang hal tersebut kamu harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

Meskipun yang dibutuhkan oleh seorang atlit untuk memenangkan sebuah kejuaraan adalah kemampuan dan kondisi fisik yang baik, menyiapkan beberapa perlengkapan sebelum melakukan lari maraton juga tidak boleh disepelekan. Untuk itu berikut adalah beberapa persiapan yang haru kamu lakukan.

Sepatu

Mengecek atau memeriksa sepatu merupakan hal yang paling utama untuk kamu persiapkan. Agar lebih nyaman sebaiknya kamu gunakan sepatu khusus untuk lari maraton, sebab jika salah memilih sepatu dikhawatirkan kaki bisa mengalami cedera atau luka.

Kaus Kaki

Selain sepatu, kaus kaki juga termasuk bagian penting yang harus kamu persiapkan. Untuk lari maraton usahakan menggunakan kaus kaki khusus olahraga yang memiliki bantalan di bagian telapak kaki. Selain agar terhindar dari gesekan yang membuat luka pada kulit, kaus kaki yang di desain khusus untuk olahraga juga biasanya lebih cepat menyerap keringat.

Pakaian olahraga

Fungsinya hampir sama dengan kaus kaki, menggunakan kaos dan celana olahraga juga lebih cepat untuk menyerap keringat. Selain itu pakaian yang memang dibuat khusus untuk olahraga biasanya lebih ringan dan nyaman dipakai.

Penutup kepala

Sebagian atlit mungkin ada yang kurang cocok untuk menggunakan topi atau penutup kepala, namun di lari maraton terkadang menggunakan topi justru bisa menambah kenyamanan. Maka ini juga penting untuk kamu persiapkan.

Botol Minum

Meskipun minuman biasanya disediakan oleh panitia atau penyelenggara kejuaraan, namun biasanya terbatas hanya tersedia di beberapa titik saja. Agar kondisi fisik kamu tetap prima sebaiknya siapkan botol minum, dan secukupnya saja.

Suplemen makanan

Untuk menunjang kebugaran fisik sebaiknya kamu juga mempersiapkan suplemen makanan, sebab olahraga maraton merupakan jenis olahraga fisik yang sangat menguras energi tubuh manusia.

Itulah beberapa langkah atau persiapan yang harus kamu lakukan sebelum olahraga lari maraton. Semoga info ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *