Hati-Hati Bahaya Skimming dan Cara Mengatasinya

Hati-Hati Bahaya Skimming dan Cara Mengatasinya


Di era modern 2022 ini ada banyak kejahatan di bidang perbangkan yang cukup meresahkan yaitu kejatahan skimming. Kejahatan tersebut sampai saat ini belum ditemukan solusinya karena bisa mengakibatkan kerugian yang besar. Bagi para nasabah bank harus tahu apa saja bahaya skimming.

Aksi ilegal skimming bisa saja terjadi, bila kamu sedang lengah dan abai. Apabila kamu tidak waspada bisa menyebabkan uang kamu yang ada di bank hilang begitu saja.

Otoritas Jasa Keuangan telah menemukan kasus skimming pertama kali di Woodland Hills, California, di tahun 2009. Kejahatan ini dilakukan dengan cara menempelkan alat skimmer di mulut mesin ATM.

Baca : Cara Ganti Password Wifi Indihome, Update Agustus 2022

Alat skimmer ini nantinya akan beroperasi untuk menduplikat data yang ada pada kartu nasabah. Adanya kejahatan skimming di Amerika Serikat, kerugiannya mencapai 1 miliar dolar AS per tahun. bahkan di Indonesia sendiri kasus ini juga sudah banyak dan kerugiannya mencapai miliaran rupiah.

Bahaya skimming terparah terjadi di Indonesia, ada seorang nasabah yang tiba-tiba kehilangan uang Rp 128 juta. Pada saat diselidiki terdapat transaksi sah diluar sepengetahuan nasabah tersebut. Pastikan kamu lebih berhati-hati lagi agar tidak sampai terjadi kasus yang sama.

Teknik Skimming ATM 2022

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara skimming yang dilancarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu cara untuk meminimalisir tindakan kriminal di bidang perbankan.

Perlu dicatat bahwa kami tidak memberikan tutorial skimming ATM, atau cara membobol atm bank indonesia. Karena dibawah ini hanya informasi teknik yang digunakan oleh para penjahat, sehingga kamu akan bisa mengetahui seprti apa saja untuk antisipasi.

1. Menggunakan Card Reader / Skimmer

Penggunaan alat card reader bernama skimmer merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan untuk melancarkan skimming. Mesin ATM yang sudah dimasuki card reader maka bisa membaca seluruh data yang ada di kartu ATM. Kalau sudah, data perbankan kamu dalam bahaya.

2. Menggunakan Kamera Tersembunyi

Teknik selanjutnya adalah pemasangan kamera tersembunyi di mulut ATM. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi semua aktivitas kamu mulai dari memasukkan PIN dan nomor debit dan kredit.

3. Mulut ATM Palsu

Mulut ATM palsu ini bentuknya hampir mirip dengan yang asli, sehingga secara kasat mata nasabah tidak mengenalinya. Kejahatan skimming ini sempat menggegerkan masyarakat Indonesia.

Alat Skimmer ATM 2022
Alat Skimmer ATM 2022

Melihat bahaya skimming, sebagai nasabah bank kamu harus tahu cara melindungi diri dari kejahatan skimming. Terlebih bagi kamu yang mengandalkan rekening untuk menabung atau menyimpan dana besar.

Baca : Review Niagahoster – Hosting Terbaik di Indonesia

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dari kejahatan skimming. Silahkan untuk lakukan pemeriksaan pada mulut ATM sebelum memasukkan kartu ATM. Kamu juga bisa mengintip mulut ATM, untuk memastikan tidak ada benda asing yang menempel.

Selain itu kamu perlu mengamati lingkungan di sekitar mesin ATM, apakah ada hal yang mencurigakan atau tidak. Terlebih pada saat memasukkan PIN, jangan sampai ada yang melihat. Lebih amannya, lakukan pergantian PIN ATM secara berkala.

Itulah penjelasan mengenai bahaya skimming yang sangat merugikan nasabah perbankan. Agar uang di dalam rekening tidak hilang seketika, kamu perlu melakukan beberapa hal diatas sebagai upaya pencegaha. Tetap hati-hati dan waspada agar tidak menjadi sasaran kejahatan skimming.

Baca Juga