Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

3 min read

Awal diluncurkannya program Kartu Prakerja oleh pemerintah memang menuai banyak kritik, namun meskipun seperti itu nyatanya hingga saat ini program tersebut masih banyak diminati.

Kartu Prakerja sendiri ialah sebuah program untuk masyarakat yang bertujuan untuk mebantu mereka dalam mengembangkan bakat atau skill yang dimiliki. Tak hanya itu saja, bagi perserta program Prakerja nantinya juga akan mendapatkan intensif di akhir pelatihan.

Dengan adanya program ini pemerintah berharap para peserta nantinya mampu mengembangkan diri dan memperoleh pekerjaan atau membuka lapangan kerja baru.

Ada banyak jenis pelatihan yang bisa didapatkan seperti cara menjahit, bisnis online, keterampilan memasak dan masih banyak lagi. Adapun inserif yang didapatkan oleh peserta program Prakerja ialah total Rp. 3.350.000, rinciannya seperti berikut.

Insentif Kartu Prakerja

  1. Rp. 2.400.000 bisa dimanfaakan untuk apa saja, dan di transfer melalui rekening BNI, OVO, GOPAY, dan LinkAja. Proses pencairannya ialah Rp. 600.000 setiap satu bulan sekali selama empat bulan.
  2. Rp. 1.000.000 hanya bisa digunakan untuk pembelian program pelatihan, jika dana tersebut masih sisah maka akan dikembalikan ke kas Negara.
  3. Rp. 150.000 bisa diambil setelah peserta selesai melakukan survei program Prakerja.

Selain insentif seperti diatas, seluruh peserta program Prakerja juga nantinya akan mendapatkan sertifikat dari platform penyedia pelatihan. Untuk kamu yang sudah terdaftar di program ini kamu bisa membeli pelatihan di Kemnaker, Pijah Mahir, Tokopedia, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, dan Sekolahmu.

Nah, jika kamu belum terdaftar dan tertarik dengan program kartu Prakerja berikut beberapa cara dan persiapan yang harus kamu lakukan.

Cara Mendaftar

  1. Siapkan email, KTP, dan No HP yang masih aktif.
  2. Kunjungi website www.prakerja.go.id
  3. Pada halaman awal, silahkan klik tombol “daftar sekarang”.
  4. Kemudian kamu akan diminta untuk mamasukan alamat email dan password.
  5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memverifikasi melalui email.
  6. Jika sudah silahkan masuk ke akun Prakerja yang sudah kamu buat, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk melengkapi nomor handphone dan identitas diri yang sesuia dengan KTP.

Mudah bukan? Kini kamu sudah bisa mendaftar program Kartu Prakerja, selanjutnya silahkan cek gelombang untuk peserta baru.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *