Bisnis Online Paling Menguntungkan

Bisnis Online Paling Menguntungkan

Saat ini sedang gencar sekali baik di media sosial seperti facebook dan bahkan televisi, tentang orang yang sukses di internet. Menjadikan kita semakin penasaran dengan ide bisnis apa yang bisa dilakukan, lalu apakah bisnis online paling menguntungkan?

Pertanyaan ini muncul secara naluri karena kamu pasti ingin tau seberapa besar penghasilan di internet itu, sampai-sampai sering kali masuk berita televisi.

Ternyata bisnis online paling menguntungkan bisa kita kategorikan menjadi beberapa poin dibawah ini, tentunya kami sudah melakukan filtering sesuai dengan jenis usahanya.

Jualan Online

Hal pertama yang bisa membuat kamu sukses didunia maya yaitu dengan jualan online, tapi ternyata dalam prakteknya tidak semudah itu. Ada beberapa teori dan trik agar kamu bisa berhasil, bahkan untuk berdagang di facebook skala besarpun bisa dilakukan asalkan tau caranya.

Kami akan mengklasifikasikan agar kamu lebih mudah dalam memahami tulisan ini.

A. Marketplace

Kamu dapat memulai jualan barang di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan shope.

Tidak sedikit seller / penjual yang dalam sehari menghasilkan puluhan juta, itu sudah penghasilan bersih.

Bahkan di kabupaten Pemalang ada anggota komunitas internet marketing yang memiliki toko di shopee dan tokopedia dengan pendapatan bersih harian mencapai Rp.30.000.000,-. Kita tidak akan membahas lebih jauh tentang orang ini, kalau kepo silahkan cari infonya sendiri tentang IMNU Pemalang.

Kembali lagi di bisnis online paling menguntungkan bab marketplace, kalau kamu ingin mencoba kesuksesan di salah satu marketplace, contoh saja tokopedia maka bisa sekarang juga buka playstore di handphone androidmu.

Lalu cari topseller tokopedia dan klik install aplikasi tersebut.

Itu adalah aplikasi penjual milik tokopedia, registrasi dengan melengkapi semua yang dibutuhkan seperti:

  • Nama
  • Email aktif
  • Bank & no rekening
  • No handphone aktif

Setelah sudah beres semua, kamu dapat memulai jualan di tokopedia. Jangan lupa manfaatkan fitur Power Merchant, jadi kamu akan mendapatkan berbagai seller pro secara gratis.

Namun ternyata tidak sepenuhnya gratis, kamu akan dikenai biaya sebesar 1% dari harga produk yang terjual.

Sangat murah kan? Dengan menjadi power merchant, maka tokomu akan mendapatkan berbagai fitur unggulan.

B. Facebook ads

Saat ini pengguna facebook sudah mencapai 1,6 miliar akun, lalu apakah kamu mengira sekedar chating saja? Oooo tidak, platform media sosial ini memiliki layanan bernama facebook ads yang dipastikan bisa menjangkau orang-orang yang sesuai target produkmu secara otomatis.

Baca : Facebook for business

Pada tautan diatas kamu bisa membuat iklan di facebook, tapi sebelumnya kamu harus memiliki fanspage (halaman) terlebih dahulu untuk itulah kamu akan diarahkan untuk membuat fanpage jika ternyata kamu belum memilikinya.

Dengan menggunakan fbads maka ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan, yaitu :

  • Menentukan tujuan iklan (apakah agar visit ke web, klik beli, menonton video, dll)
  • Menentukan audience (tampilkan iklan hanya ke orang yang memang butuh atau suka)
  • Menentukan modal (berapa biaya iklan yang akan dikeluarkan dalam sehari)

Mari kita mencoba ulas sedikit satu persatu dari keuntungan diatas.

cara targeting di facebook ads
cara targeting di facebook ads

Menentukan tujuan iklan, setiap pengiklan pasti memiliki tujuan yang berbeda karena memang ada yang mengiklankan hanya ingin mendapatkan LIKE tinggi untuk fanpage tersebut, ada yang pengen orang membuka website, lalu ada juga yang berharap orang membeli produknya.

Menentukan audience, kamu bisa atur iklan itu muncul ke siapa? Contoh kamu jualan hijab, maka targetnya mungkin:

  1. Cewek (jelas)
  2. Usia 17~35 tahun
  3. Lokasi di sekitar kabupaten semarang (misal)

Dari contoh diatas pastiin dulu kamu udah paham, karena disini bisa menarget sesuai dengan orang yang memerlukan ataupun menyukai. Gak lucu dong kalo ngiklan hijab tapi munculnya ke cowok dengan usia 10~15 tahun, sedangkan harga produknya diatas 50 ribu rupiah.

Logikanya, itu akan boros anggaran iklan karna kemungkinan membeli sangat kecil. Inilah perlunya riset, jangan sampai kamu mengeluarkan banyak uang untuk iklan facebook tapi justru rugi banyak tidak mendapatkan apa-apa.

Menentukan modal, pada fitur ini kita diberikan pilihan berapa biaya iklan dalam satu harinya. Apakah 50 ribu rupiah untuk seharian, atau budget 2 juta sehabisnya berapa hari.

Cara Mencari Supplier

Setelah klasifikasi jualan online diketahui, lalu muncul permasalahan baru. Gimana cara mendapatkan barang untuk dijual?

Paling tidak bagaimana cara mencari supplier tangan pertama? Sebenarnya tidak harus tangan pertama, karena selama kita bisa menjual lantas mendapatkan keuntungan maka itu bukan sebuah problem.

Paling mudah kamu bisa lakukan dengan adscopy, maksudnya meniru apa yang diiklankan oleh orang lain. Lantas keluarlah masalah baru, dimana aku harus meniru iklan kompetitor?

A. Marketplace

Hal yang bisa kamu coba pertamakali dengan meniru konsep iklan di marketplace, coba perhatikan gambar dibawah ini

cara riset produk tokopedia
cara riset produk tokopedia

Lihat bagian produk Baju Muslim Setelan Wanita/ TANIA SET, biasanya para pemain itu menjual 2x dari harga beli. Jadi jika harga produk Rp.85.000 maka dikali 2 ialah Rp.170.000 jadi untuk antisipasi bisa dijual dengan harga Rp.180.000,-.

Tujuannya untuk apa kok ambil untung 100% sendiri? Jelas ini antisipasi kerugian, karena bisa saja nantinya terjadi kendala seperti produk rusak atau sejenisnya maka akumulasi dari itu tidak membuat kita rugi. Kemudian setelah dikali dua kenapa kok masih ditambah 10 ribu lagi, ini anggap saja untuk biaya ongkos kirim jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah cara mencari supplier di tokopedia, sedangkan untuk di shopee dan lainnya juga kurang lebih sama.

B. Facebook

Nah setelah pembahasan cara mencari supplier untuk dropship di shopee, tokopedia dan lainnya maka kita akan membahas ke pencarian vendor di facebook. Walaupun bukan tangan pertama, tapi trik ini akan sangat membantu kamu.

“Loh kan barang yang dijual di fbads harganya mahal selangit”

Betul, biasanya pemain fbads menjual barang premium namun inilah yang menjadi nilai lebihnya. Kamu gak perlu melakukan riset produk, maksudnya tidak perlu A-B Testing terhadap barang yang akan dijual.

Dengan mencari penjual (fanpage) yang mengiklankan melalui facebook ads, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa barang itu laris atau setidaknya laku dijual. Tentunya harus mencari bener-bener mana seller yang masih melakukan uji coba, dan mana yang memang sedang menjalankan campaign produk asli.

Langsung saja yuk kita step mencari supplier di facebook:

1. Login dan di beranda, scroll-scroll cari postingan dengan label iklan/ads. (kamu harus bisa membedakan mana postingan orang dengan iklan fbads)

2. Atau gunakan kolom pencarian untuk membantu pencariannya.

3. Setelah menemukan halaman atau fanpage dagangan yang menjadi target, maka buka halaman tersebut.

4. Buka tab iklan/ads, disana akan ditampilkan semua campaign iklan yang sedang berjalan.

5. Lihat dan pastikan produk tersebut bagus, lihat juga review dari yang ada. Kalo tidak ada komen positif, setidaknya tidak ada komentar negatif.

6. Setelah yakin, mulailah menyimpan alamat URL iklan dan halaman tersebut. Copy judul, deskripsi maup;un keterangan, serta foto maupun video yang ada.

7. Setelah informasi didapatkan, buat copywriting yang bagus. Kalo bisa editing video atau foto, editlah biar lebih menarik.

Kemudian langkah berikutnya yaitu mempublikasi di platform yang kalian mau buat jualan, bisa menggunakan website, marketplace, atau dimana saja yang sekiranya bisa untuk jualan.

Misalnya dipublish ke website sebagai landingpage produk, kemudian link website itu bisa mulai diiklan lagi di facebook ads.

“Loh kok diiklan lagi ke facebook ads?”

Memangnya kenapa? kalo masalah harga kita lebih mahal dari yang kita ambil, itu sudah wajar. Tinggal bagaimana kita memasarkan, wong kita ngiklan berbayar ya tidak masalah.

Contoh produk yang diambil itu madu kesehatan yang kalo di kira-kira harga produksi hanya Rp.50.000 tapi dijual oleh fanpage yang kita jadikan supplier dengan harga Rp.250.000, kemudian jika kita bisa menjual itu dengan harga Rp.350.000 dan laku, kenapa tidak?

Kalau ada yang mengatakan, “HARAM hukumnya mengambil keuntungan lebih dari 100%”, bro… Kalian beli obat di apotek yang dijual Rp.2000 itu harga aslinya Rp.300 kok diam saja?

Ini menandakan apa? Kalau bisa mengemas dengan rapi, lalu menjual sebagai produk premium itu bukan hal yang dianggap H4r4m kan?

cara mendapatkan saldo fbads gratis
Setting facebook ads

Buktinya ustadz-ustadz itu menjual alquran digital misal harganya Rp.900.000 taukah jika borong dari china paling satu harganya Rp.150.000 ? Kenapa itu tidak dianggap hal salah, karena yang dijual sebenarnya dianggap barang premium.

OK itu tidak perlu dipermasalahkan, karena mungkin pendapat orang berbeda-beda namun kalau ternyata pendapatku yang kurang pas maka aku minta maaf deh. Ngapain aku tutup-tutupin, kalo memang kenyataannya temen-temen pemain ya seperti itu.

Afiliasi

Pembahasan berikutnya dalam mengetahui bisnis online paling menguntungkan, apa itu afiliasi atau affiliate?

Afiliasi adalah sebuah metode pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada perusahaan juga ataupun ke individu dengan memanfaatkan sosialisasi, biasanya pemain bisnis afiliasi akan mendapat komisi dengan besaran yang sudah disepakati sebelumnya.

“Oooo jadi afiliasi itu MLM ya?”

Sebenarnya ada perbedaan cukup jauh antara bisnis afiliasi dengan MLM, yaitu fokus bisnis itu sendiri.

Bisnis afiliasi atau yang lebih keren disebut sebagai affiliate marketing lebih memungkinkan dilakukan di internet, alasannya dikarenakan membutuhkan sebuah sistem untuk mendeteksi secara otomatis sumber orang yang diajak tersebut.

Contoh bisnis afiliasi pada Tokopedia, ternyata marketplace ini memiliki sistem afiliasi dengan nama by me. Kamu akan mendapatkan sebuah link tiap produk yang akan direkomendasikan, kemudian link itu disebar ke media sosial misalnya, ketika ada temen maupun orang lain klik link tersebut dan melakukan pembelian maka kamu akan memperoleh komisi dari tokopedia.

Bisa dipahami ya fokusnya ialah merekomendasikan (metode sosialisasi), mengenalkan sebuah barang atau jasa lalu kalau ada orang yang melakukan aksi maka affiliate akan dapet uang gitu deh singkatnya.

Terus apa perbedaan afiliasi dengan MLM?

Awalnya MLM hanya berlaku offline, tapi saat ini sudah mulai merambah ke dunia online. Kita sebut saja sebuah produk MLM dengan nama oriflame, balik lagi kita bisa melihat konsep dasar MLM itu kaderisasi. Untuk bergabung di oriflame aku harus membeli barang terlebih dahulu untuk bisa mengajak orang lain, lalu ketika ada temen ingin bergabung (kedoknya ikut jualan produk tersebut) maka harus membeli terlebih dahulu kemudian dapet katalog barang.

Tugasnya yang utama ya jelas mencari downline baru, karena komisi ada di kaderisasi downline. Hebatnya oriflame itu telah menggabungkan MLM dengan affiliate marketing, jadi terlihat serta dibungkus dengan jualan produk. Paham kan maksud saya? Kenapa saya tau tentang MLM, karena saya dulu korban MLM 🙂 lalu menyadari sesuatu.

Bisnis Afiliasi Terbaik

Saat ini banyak sekali affiliate marketing yang telah membuat pemilik website besar semakin kaya raya, ahhahahaha. Bahkan ada teman saya sendiri dia pemain afiliasi forex, satu bulan bersih mencapai 800 juta rupiah. Ini bukan ngarang, karena saya teman baiknya jadi pernah melihat dashboard dan bahkan lihat buku tabungan dia.

Kalo kamu berminat untuk memulai bisnis afiliasi, berikut ini listing berdasarkan kategori :

Afiliasi Hosting Terbaik Indonesia

  1. Niagahoster
  2. idCloudhost
  3. Domainesia
  4. Ardeta Media
  5. Qwords
  6. Idwebhost
  7. Masterweb
  8. Ardhosting

Afiliasi Marketplace

  1. Tokopedia (by.me)
  2. Bukalapak
  3. Jd.id

Afiliasi Broker Forex

  1. XM Broker
  2. OctaFX
  3. FBS
  4. Weltrade
  5. Instaforex
  6. Exness

Afiliasi Hotel

  1. Agoda
  2. Tiket.com

Kalo kalian punya rekomendasi afiliasi yang lainnya, bisa dong ditulis di komen ya.

Google Adsense

Nah kalo materi selanjutnya sih sudah pasti tau semua kan, karena banyak muncul di TV orang yang sukses dari adsense. Tapi apa itu adsense?

Adsense adalah sebuah adnetwork (jaringan iklan) milik google yang menjadi jembatan antara pengiklan dengan publisher, saat ini ada beberapa cara mendapatkan uang dari adsense.

  • Blogging
  • Youtube Creator
  • Android Developer

Dari 3 poin diatas maka bisa kita pahami serta yakini kalo ternyata google membuka berbagai peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi di Adsense, mari kita bahas satu persatu.

1. Blogging

Mungkin sering mendengar istilah blogger, namun pasti pada bingung kan mereka dapet duit dari mana? Biasanya yang diincar pertama kali oleh blogger itu mendaftar adsense, alasannya cukup sederhana, Adsense milik google dan kita mencari trafik dari mesin pencari google.

OK ternyata masuk akal juga, namun ada beberapa persyaratan agar website dan blog kita diterima adsense. Syarat paling utama adalah harus memiliki konten atau postingan, lalu sudah mendapatkan trafik visitor.

2. Youtube Creator

Ini yang saat ini sedang ramai dicoba anak-anak jaman sekarang, mereka pada pengen jadi youtuber. Karena ternyata tidak sedikit yang mendapatkan hasil puluhan juta rupiah dari youtube, poin utamanya harus percaya diri.

3. Android Developer

Kalau pembahasan android developer ini singkatnya kamu harus membuat sebuah aplikasi yang nanti di upload ke playstore, setelah digunakan banyak orang maka iklan akan muncul. Kalau teknisnya, sudah dibahas di tulisan yang lain di website Pastiin Dulu ini.

Kesimpulan

Nah akhirnya saya bisa menutup materi tentang bisnis online paling menguntungkan ini, mungkin bisa diambil poin utama apa saja yang bisa membuat kita sukses di internet marketing ialah :

  1. Jualan Online
  2. Bisnis Afiliasi
  3. Adsense

Kenapa aku bisa ngomong (nulis) seperti ini? Ya dikarnakan aku punya team yang menjalankan internet marketing, lalu singkat cerita memperoleh pengalaman dari sendiri maupun teman yang sukses di beberapa bidang. Nah 3 poin diataslah yang sangat memungkinkan kita menjadi kaya raya kerja dari rumah, tentunya bukan yang malas-malasan ya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *