Pengertian, Langkah, Tujuan, dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Pengertian, Langkah, Tujuan, dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Saat kita akan memulai sebuah bisnis tentu saja akan ada banyak sekali hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu agar bisnis yang nantinya akan kamu jalankan tersebut berjalan dengan lancar, apalagi seperti yang kita ketahui bahwa saat ini untuk membuat sebuah bisnis memang bukan suatu hal yang mudah mengingat sekarang banyak sekali pesaing-pesaing bisnis yang bermunculan.

Bagi para pelaku bisnis yang akan memulai bisnisnya, sangat penting sekali untuk membuat sebuah studi kelayakan bisnis terlebih dahulu. Tentunya kita tidak ingin bisnis yang dijalankan mengalami kegagalan, walaupun ada istilah mengatakan Kegagalan Itu Sukses Yang Tertunda.

Namun apakah kamu ingin kesuksesan itu ditunda-tunda hingga waktu yang tidak diketahui. Karenanya kamu harus melakukan sebuah study kelayakan bisnis (SKB) untuk mempertimbangkan dari berbagai arah mengenai bisnis tersebut.

Lalu, Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?

Bagi kamu yang sedang mempelajari ilmu manajemen, studi kelayakan bisnis memang menjadi salah satu materi yang benar-benar kamu harus pelajari apalagi jika kamu menyukai dunia bisnis. Ya, peran SKB memang sangat penting dalam kehidupan berbisnis dan harus kamu perhatikan sebelum kamu memulai bisnis.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Lalu, Apa itu Studi Kelayakan Bisnis? SKB atau dikenal dengan studi kelayakan bisnis merupakan suatu kegiatan mempelajari secara keseluruhan tentang suatu bisnis atau usaha yang akan dijalankan dalam upaya untuk mengetahui apakah bisnis atau usaha yang akan dijalankan tersebut layak atau tidak.

Dari pengertian tersebut tentu saja kamu sudah paham peran penting dari SKB yang sebenarnya, untuk memulai SKB sendiri tentunya kamu perlu mengetahui langkah-langkah atau tahapan dalam studi kelayakan tersebut.

Baca juga : 3 Ide Bisnis Rumahan Tanpa Modal Besar

Berikut Ini Tahapan Atau Langkah Studi Kelayakan Bisnis

Ada beberapa langkah-langkah atau tahapan dalam mengembangkan studi kelayakan bisnis dan hal tersebut tentu sangat dibutuhkan, berikut langkah-langkahnya:

1. Penemuan Ide

Dalam fase ini kamu harus menemukan terlebih dahulu ide bisnis yang akan kamu teliti tentunya dengan memperhatikan teknis, target dan juga potensi pasar.

2. Tahapan Penelitian

Setelah kamu menemukan ide bisnis yang akan kamu pilih maka selanjutnya yaitu melakukan penelitian secara kesuluruhan sesuai dengan metode yang sudah ditentukan. Disini kamu bisa memulainya dari mengumpulkan informasi atau data terkait, mengolah data berdasakan teori yang berhubungan, menganalis dan kemudian menginterprestasikan hasilnya dengan alat-alat analisis yang sesuai.

Setelah semua selesai barulah kamu menyimpulkan hasil yang telah didapat dan membuat laporan dari penelitian tersebut.

3. Tahap Evaluasi

Pada tahap ini kamu harus membandingkan suatu hal dengan kriteria yang ditentukan. Biasanya kriteria tersebut bersifat kuantitatif ataupun kualitatif, disini juga kamu harus membandingkan biaya yang akan dikeluarkan dengan benefit yang akan diterima.

4. Tahap Pengurutan

Setelah 3 tahap kamu selesaikan maka berikutnya kamu sampai pada tahap usulan layak atau tidaknya bisnis tersebut, jika dianggap layak maka kamu perlu melakukan rencana bisnis yang dirasa akan memiliki skor tinggi.

5. Tahap Rencana Pelaksanaan

Sebelum sampai pada tahap pelaksanaan kamu harus melakukan tahap perencanaan terlebih dahulu, disini kamu harus menyusun rencana kerja yang berhubungan dengan realisasi bisnis.

6. Tahap Pelaksanaan

Tahap ini merupakan tahap akhir apabila semua perencanaan telah siap tahap ini juga bisa disebut sebagai tahap merealisasikan rencana yang sudah disusun.

Lalu, Apa Tujuan Dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis?

SKB merupakan salah satu penelitian yang memang sangat penting apalagi jika kamu menginginkan bisnis yang akan kamu buat sesuai ekpektasi kamu. Berikut ini tujuan dan manfaat studi kelayakan bisnis yang perlu kamu ketahui:

  • Memudahkan Perencanaan Bisnis.
  • Memudahkan Pengawasan Bisnis.
  • Menghindari Resiko Rugi.
  • Memudahkan Pelaksanaan Bisnis.
  • Memudahkan Pengendalian Bisnis.

Itulah sekilas ulasan tentang pengertian, langkah-langkah, tujuan dan manfaat studi kelayakan bisnis. Memilih Untuk berbisnis memang suatu keputusan yang sangat tepat, namun tentunya agar bisnis kamu sukses pastinya kamu memerlukan analisis terlebih dahulu tentang bisnis yang akan kamu buat tersebut.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *