Tips Menyimpan Makanan Di Dalam Freezer

Tips Menyimpan Makanan Di Dalam Freezer


Freezer memang seringkali dimanfaatkan untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama, terutama seperti daging ayam, ikan, sosis, dan lain sebagainya. Memasak akan terasa lebih mudah dan praktis jika dirumah memiliki freezer, sebab semua bahan olahan untuk memasak sudah tersedia.

Bahkan dengan seperti itu makanan tidak mudah terbuang sebab basi, serta jika dimanfaatkan dengan baik terkadang justru freezer bisa menjadikan rasa makanan lebih enak. Namun makanan yang terlalu lama disimpan juga tidak baik. Nah, berikut ialah cara menyimpan makanan di freezer dan ciri-ciri makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi.

1. Warna makanan mulai berubah

Jika bahan makanan yang kamu masukan kedalam freezer kemudian dalam jangka waktu beberapa hari terdapat perubahan warna, sebaik jangan diolah ataupun dikonsumsi. Seperti daging ayam sudah tidak layak untuk dimakan biasa berubah warna abu-abu, sedangkan pada sayuran mulai nampak tidak segar dan busuk.

2. Muncul bau tidak sedap

Kemudian ciri-ciri makanan tak layak dikonsumsi selanjutnya ialah ketika mulai mengeluarkan bau tidak sedap. Kamu tentu bisa membedakan antara aroma makanan yang masih segar dan yang memiliki bau tidak layak dimakan. Agar bisa lebih terasa sebainya biarkan es yang menempel pada makanan mencair terlebih dahulu.

3. Kristal es terlalu banyak

Agar makanan yang tersimpan didalam freezer bisa bertahan lebih lama sebaiknya kamu juga harus rajin membersihkan kristal es yang menumpuk. Adanya kristal es biasanya disebabkan oleh caira yang keluar dari makanan, jika dibiarkan maka kristal terebut bisa menempel pada makanan lain dan menimbulkan kerusakan rasa.

4. Segerga dimasak

Makanan yang sudah dikeluarkan dari dalam freezer sebainya segera diolah atau dimasak, jangan terlalu lama dibiarkan begitu saja. Kamu juga jangan terlalu sering mengeluarkan makanan kemudian dimasukan lagi kedalam freezeer, sebab perubahan suhu yang terjadi justru lebih mudah membuat makanan tidak enak.

5. Menggunakan wadah yang tepat

Untuk membukus makanan ketika akan dimasukan kedalam freezer sebaiknya menggunakan wadah yang rapat agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, dan kandungan dari makanan tersebut di tumpah keluar.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *