5 Alasan Kerajinan Tangan Dari Bambu Wajib Kamu Coba

5 Alasan Kerajinan Tangan Dari Bambu Wajib Kamu Coba

Berbicara kerajinan tangan tentu memiliki banyak jenisnya, termasuk bahan dasar yang digunakan. Ada yang menggunakan barang bekas seperti botol miuman, limbah kayu, dan masih banyak lagi. Sedangkan yang saat ini sedeng ramai yakni kerajinan dari bambu.

Selain mudah didapatkan, bambu memang memiliki tekstur yang kuat dan mudah dibentuk sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Ada banyak contoh kerajinan tangan dari bambu yang bisa kamu tiru.

Bambu memang sangat mudah ditemui di sekitar kita, iklim atau cuaca di Indonesia sangat mendukung perkembangan tanaman termasuk bambu. Jika tak mau repot, kamu juga bisa membeli bambu yang sudah dipotong dan harganya pun relatif cukup murah.

Jika kamu memang memiliki keahlian mengelola bambu dengan sedikit sentuhan kreatifitas seni, tentu limbah dari batang bambu tersebut bisa kamu buat beberapa model kerajinan tangan yang memiliki nilai jual dan menghasilkan uang.

Mangapa bambu cocok digunakan bahan kerajinan tangan.

Sangat banyak bahan atau barang berkas yang cocok digunakan untuk kerajinan tangan, dan bambu ialah salah satunya. Ada beberapa alasan mengapa bambu termasuk bahan yang cocok untuk membuat kerajianan tangan, berikut alasan detailnya.

1. Mudah ditemui

Sejauh ini pohon bambu masih sangat mudah ditemui, apa lagi jika kamu tinggal di pedesaan. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan batang bambu yang sudah tidak terpakai atau sisa dari proyek bangunan.

2. Harga yang tidak terlalu mahal

Jika ingin lebih mudah kamu juga bisa membeli batang bambu. Harga dari satu lonjor batang bambu juga termasuk tidak begitu mahal. Di beberapa tempat batang bambu dibandrol dengan harga 14 ribu rupiah.

3. Mudah dibentuk

Tidak seperti beberapa pohon kayu yang lain, meskipun memiliki tekstur yang keras namun batang bambu termasuk mudah untuk dibentuk dan tidak mudah patah. Cocok bagi kamu yang ingin membuat kerajinan tangan dengan variasai beberapa lubang.

4. Cocok untuk beberapa ide kreatif

Batang bambu sangat cocok untuk membuat beberapa kerajinan tangan misalnya seperti tempat bolpoin dan alat kantor, hiasan didindig, lampu hias, kaligrafi, kursi bambu, dan masih banyak lagi.

5. Masih sedikit pesaing

Kebanyakan batang bambu hanya digunakan untuk keperluan sederhana seperti tiang peyanggah dan alat bantu pembuatan rumah. Masih sangat jarang yang memanfaatkan bambu sebagai media pembuatan kerajinan tangan, itu artinya peluang bisnis kerajinan dari bambu masih sangat terbuka lebar.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *