Mengemudi Mobil Agar Tidak Cepat Lelah dan Pegal

Mengemudi Mobil Agar Tidak Cepat Lelah dan Pegal

Posisi menyetir mobil dengan keadaan kurang nyaman membuat kamu semakin cepat pegal dan lelah, apalagi jika dilakukan dengan jarak yang cukup jauh. Dan tentu saja keadaan tersebut sangat berbahaya terhadap keselamatan dalam berkendaraan.

Agar tidak cepat lelah saat mengendarai mobil sebaiknya perhatikan cara duduk dan bagaimana idealnya posisi menyetir mobil. Menurut beberapa pengalaman setidaknya ada lima hal penting yang perlu kamu perhatikan saat mengendarai mobil agar tidak cepat lelah dan pegal-pegal.

Cara mengemudi mobil agar tidak cepat lelah dan pegal.

Berikut ialah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar ketika mengemudi mobil tidak terlalu cepat pegal dan lelah.

1. Perhatikan posisi jok

Sebelum memulai berkendaraan usahakan posisi jok pada kondisi yang nyaman saat digunakan. Untuk memperoleh kenyaman atur posisi jok agar tidak terlalu tegak, beri sedikit ruang agar kamu bisa duduk dalam keadaan rileks dan nyaman.

Dengan menyetel posisi jok atau tempat duduk ini maka kamu bisa mengantisipasi tidak cepat lelah, untuk itulah pentingnya mengatur senyaman mungkin posisi duduk.

2. Bersandar pada jok

Setelah mengatur posisi jok agar tidak terlalu tegak, selanjutnya usahakan badan kamu menempel rapat dengan jok. Terutama pada bagian punggung, sebab hal tersebut mampu membuat badan kamu tidak terlalu pegal. Sehingga gunjangan mobil saat mulai melaju tidak mengganggu tulang bagian punggungmu.

Biasanya kita ketika mengemudi mobil tidak bersender pada jok mobil, mungkin karena kebiasaan atau rasa nyaman orang itu tidak bersandar. Padahal dengan sandaran ke jok mobil, maka dapat mengurangi resiko kecapekan saat nyetir mobil.

3. Kenyamanan posisi setir

Sebetulnya tidak ada aturan secara resmi terkait posisi setir, kamu bisa membuat setir lebih maju, rendah, maupun tinggi. Yang terpenting yakni kamu merasa nyaman saat berkendaraan, bisa menggerakan setir secara sempurna tanpa merasa ada kesulitan.

Ada yang mengatakan posisi setir harus tinggi, atau harus dekat dengan sekitar dada. Itu kurang tepat, karena sebenarnya yang dibutuhkan ialah sesuai dengan kenyamanan kita saat berkendara. Mengendarai mobil itu membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi, jika tidak sesuai dengan rasa nyaman maka bisa berbahaya untuk diri kita sendiri dan pengemudi lain.

4. Letak tangan pada setir

Saat mengemudi posisi tangan juga menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Agar pergelangan tangan tidak mudah pegal sebaiknya letakan tangan kanan pada posisi arah jarum jam 3, dan tangan kiri pada posisi searah jarum jam 9.

Dengan posisi kedua tangan pada setir mobil maka kamu bisa lebih mudah dalam mengontrol laju mobil, berbeda saat hanya dengan satu tangan saja. Mungkin kamu bilang memiliki skill menyetir mobil dengan satu tangan, tapi untuk jangka panjang itu sangat tidak dianjurkan karena bisa lebih mudah capek.

5. Letak kaki

Biasanya saat menginjak pedal gas kaki pengemudi terlalu menekuk dan menekan, cobalah lakukan senyaman mungkin dan tetap rileks. Kemudian jangan letakan kaki kiri di atas rem maupun kopling, hal tersebut sangat sering dilakukan oleh pengemudi pemula.

Setelah kamu mengetahui apa saja cara mengemudi mobil agar tidak mudah capek, maka kamu harus pastiin dulu kalau kondisi badan sedang fit. Jangan sampai mengendarai kendaraan bermotor khususnya roda empat, saat kamu sedang sakit atau kecapekan.

Itulah beberapa tips mengemudi mobil agar tidak cepat lelah dan pegal. Tetaplah rileks dalam mengemudi dan utamakan keselamat berkendaraan dengan tidak mengemudi terlalu kencang.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *