Tutorial Memilih Hosting Terbaik Terpercaya

Tutorial Memilih Hosting Terbaik Terpercaya

Anda pasti sudah mengetahui apa itu hosting, karena webhosting menjadi salah satu daya tarik bagi sebuah website untuk mereka yang menekuni dibidang blogging. Memilih hosting terbaik itu hal cukup fital, dikarenakan jika website ataupun blog Anda lemot saat diakses oleh pembaca maka apa jadinya.

Tentu ini menjadikan citra website maupun blog Anda tidak bagus, mungkin saja para pembaca akan mengecap kalau website A itu lemot.

Nah agar tidak terjadi hal seperti itu, maka dari itu kami coba memberikan sedikit tutorial memilih hosting terbaik terpercaya yang sudah kami uji coba sendiri. FYI: kami sudah pernah membeli serta menggunakan hampir sebagian besar penyedia hosting yang ada di Indonesia, karenanya kami bisa menuliskan seperti ini. Dulu saya (penulis) kebetulan saat kuliah menjadi kordinator temen-temen mahasiswa jurusan teknik yang akan mengonlinekan tugas kuliahnya, nah jadinya ya saya bisa melihat hampir semua performa perusahaan hosting Indonesia.

Membuat Website

Pastiin dulu Anda memiliki sebuah website sebelum membeli hosting, maksudnya Anda sudah memiliki gambaran akan membuat website seperti apa. Jangan sampai kasusnya ketika sudah membeli hosting seharga 900 ribu rupiah, namun Anda bingung akan diisi apa nantinya.

Karenanya, sebisa mungkin Anda sudah memiliki susunan kategori apa saja yang akan dibahas dalam website Anda. Ini penting, tujuannya agar nanti pembahasan tidak terlalu melebar kemana-mana.

Contoh : website membahas tentang alat-alat jaringan internet

kategori :

  1. Hardware
  2. Software
    • Networking
    • Multimedia
    • Aplikasi Lainnya

Melihat contoh diatas pasti Anda sudah ada gambaran ya seperti apa yang harus dituliskan, ini maksudnya biar tulisan di website tersebut tidak melebar. Maksudnya, website tentang jaringan internet tapi kok bahas makeup atau kecantikan, kan aneh ya.

Baca : Review Niagahoster Hosting Terbaik Indonesia

Setelah kerangka sudah dibuat, maka selanjutnya harus menentukan platform apa yang harus digunakan. Berhubung pembahasan kita kali ini ialah cara memilih hosting yang tepat, maka tentu saja bukan menggunakan blogspot.

Bagi Anda yang bisa membuat website dengan bahasa pemrograman, ya silahkan bisa membuat secara manual dengan native php ataupun framework php seperti CI, Yii, serta laravel. Namun jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat website, silahkan gunakan CMS (Content Management System) yang sudah terkenal seperti :

  • WordPress
  • Drupal
  • Joomla

Melalui CMS yang disebutkan diatas maka kita bisa membuat website dengan mudah, cukup membeli hosting dan domain di:

  1. Niagahoster
  2. idCloudhost
  3. Domainesia

Lantas setelah pembayaran kemudian hosting sudah aktif, maka Anda bisa langsung login cPanel dan install CMS pilihan secara mudah yang tentunya GRATIS 100% Selamanya.

Cara Memilih Hosting

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat website yang benar, lalu bagaimana cara memilih hosting terbaik 2020? Sebelum menentukan mana penyedia ataupun paket yang akan digunakan, Anda harus paham apa kebutuhan website tersebut.

Seperti pembahasan sebelumnya, disarankan Anda hanya fokus dalam satu titik saja dan jangan terlalu melebar. Jika Anda membuat website seputar dunia networking (jaringan komputer), ya fokuslah disitu saja.

Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memilih hosting terbaik 2020:

Baca : Review idCloudhost Hosting Tercepat di Indonesia

  1. Platform apa yang digunakan?
  2. Konten seperti apa yang akan ditayangkan?
  3. Darimana pengunjung tersebut?
  4. Apakah ada backup data secara otomatis?
  5. Apakah ada CS (customer service) yang siap membantu 24 jam?

Rangkaian poin diatas menjadi acuan Anda untuk memilih website terbaik di Indonesia, untuk mempermudah Anda mari kita bahas satu persatu.

Platform apa yang digunakan? Ini sudah dijabarkan dalam pembahasan sebelumnya, Anda harus sudah tau CMS apa yang akan digunakan. Kemudian, pastiin dulu di perusahaan penyedia server tersebut support dengan CMS pilihan Anda.

Konten apa yang ditayangkan? Apakah sebagian besar tulisan, gambar dengan resolusi tinggi, gambar gerak, atau bahkan video. Namun jaman sekarang pasti Anda juga sudah tau, kalau ingin mengupload video bisa di youtube. Nanti tinggal kode youtube disalin ke website, agar video yang diupload dari youtube itu bisa tayang di website Anda.

Darimana pengunjung Anda? Bagi pemula pasti cukup kesulitan dalam mengidentifikasi pengunjung, tapi secara garis besar Anda harus tau kira-kira apa target website itu. Apakah orang indonesia, atau orang luar negeri.

Dengan mengetahui misalkan website dengan target masyarakat Indonesia, maka sangat jelas Anda harus memilih Penyedia Hosting Terbaik Indonesia. Namun ketika Anda misalkan target pengunjung ialah luar negeri (karena bahasa yang anda tulis yaitu inggris) maka disarankan gunakan penyedia luar negeri, ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading terhadap pengunjung.

Apakah ada backup data secara otomatis? Hal cukup penting yang tidak semua penyedia memberikan fitur ini, karena pentingnya backup data menjadikan poin ini harus menjadi prioritas juga. Jangan sampai ketika website sudah tinggi, lalu terjadi masalah yang menyebabkan hilangnya data situs.

Apakah ada CS online 24 jam? Mungkin Anda akan membutuhkan bantuan dari pihak penyedia pada jam 2 pagi, ketika tidak ada CS yang online maka Anda akan kerepotan. Karena itulah jangan sungkan untuk bertanya ke CS melalui fitur chat, gratis kok.

Pilih Penyedia Hosting Indonesia

Sebelum kita memilih webhosting terbaik Juli 2020, tugas utama yaitu mengetahui informasi yang tepat akan web hosting terbaik di Indonesia. Banyak sekali di internet situs yang memberikan rekomendasi tapi justru akan membuat bingung, pasti pada ngalami hal yang sama kan.

Karna itu Anda bisa periksa beberapa yang harus diperhatikan dibawah ini:

Performa Server

Point paling penting yang mesti diperhatikan oleh Anda saat mencari rekomendasi hosting ialah performa server. Bayangkan saat website sudah memperoleh visitor yang cukup banyak, lalu ada hambatan seperti website susah dibuka (lemot).

Lihat dengan seksama apa saja layanan webhosting yang akan Anda dapatkan ketika membeli paket tersebut, maksudnya saat menggunakan itu apakah ada fitur tambahan yang didapatkan. Misalnya otomatis backup, anti hotlink, dan lain sebagainya.

Layanan 24 Jam

Bagi Anda yang notabene sebagai blogger ataupun webmaster, pasti sering begadang hanya untuk memperbaiki website yang terkena masalah. Tujuannya agar tidak ada pengunjung yang melihat ketika terjadi kendala, coba bayangkan ketika sedang edit siang-siang lalu ada error kan pasti semua pengunjung merasa kecewa.

Inilah pentingnya memperhatikan tim CS di hostinger indonesia, Anda mungkin perlu melakukan uji coba misalnya pada jam 1 pagi sekedar chat tanya harga paket ataupun promo hosting di bulan Juli 2020 ini. Cek berapa lama mendapat respon balasan, Anda pasti akan merasa terbantu ketika benar-benar mengalami masalah ditengah malam.

Harga Hosting

Setelah melihat berbagai fitur maupun layanan yang akan Anda dapatkan, lantas perlu mempertimbangkan bagaimana harga hosting 2020 ini. Jangan sampai mendapati harga sangat mahal, dalam arti harga tidak normal.

Review Hosting

Hal terakhir yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli sebuah hosting adalah dari review hosting 2020 tersebut, bagaimana pendapat dari pengguna lainnya. Apakah memang hosting yang direkomendasikan ataukah tidak, karena beda orang beda rasa.

Itulah sekilas Tutorial Memilih Hosting Terbaik Terpercaya, semoga dengan hadirnya tulisan ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan penyedia webhosting indonesia terbaik 2020.

Namun ada sedikit pesan dari kami, jangan lupa untuk cek beberapa penyedia hosting yang sudah kami sertakan diatas seperti niagahoster, idcloudhost, dan lain sebagainya. Mungkin saja di bulan Juli 2020 ini sedang ada promo menarik, ketika ada diskon super maka jangan tunggu lagi Anda langsung registrasi dengan akun baru lalu buat website yang keren sekarang juga.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *