Pengertian Fintech dan Manfaatnya

Pengertian Fintech dan Manfaatnya

Pengertian fintech – Memasuki era industri 4.0 hampir seluruh aktivitas apa saja bisa dilakukan dengan mudah sebab dukungan teknologi dan internet. Bahkan kamu juga bisa melakukan transaksi jual beli maupun perbankan hanya melalui smartphone saja, tanpa pergi ke bank untuk transfer.

Dan yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat milenial adalah financial technology (fintech). Bagi sebagian orang istilah fintech mungkin masih terdengar asing, fintech adalah sebuah inovasi baru yang melibatkan teknologi untuk urusan keuangan atau finansial.

Fintech juga bisa saja merupakan kategori baru di dunia start-up yang secara khusus hadir untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan seperti menabung, peminjaman uang, investasi, dan lain sebagainya. Dari beberapa pengertian fintech diatas mungkin kamu sudah sedikit memiliki gambaran, lalu apa sajakah keunggulan dan manfaat dari fintech tersebut.

Manfaat financial technology (Fintech)

Selain pengertian fintech berikut adalah beberapa keunggulan atau manfaat yang bisa dirasakan oleh sebagian orang terkait dengan fintech.

1. Menaikan perekonomian

Dengan adanya fintech memang sangat menguntungkan bagi para pelaku starup. Namun tak hanya itu saja, manfaat fintech juga bisa dirasakan oleh masyarakat. Bahkan menurut beberapa penelitian di 2020 ini menyatakan bahwa taraf hidup dan daya beli masyarakat mengalami peningkatan.

Sebagai contoh adalah beberapa perusahaan starup yang kemudian berinovasi untuk membuat aplikasi fintech yang didalamnya berisi tentang pelayanan perbankan dengan biaya rendah. Atau bekerja sama dengan merchant yang kemudian sistem pembayarannya bisa dilakukan secara online.

2. Bunga rendah

faktanya banyak orang yang kecewa dengan sistem yang kurang transparasi dan bunga tinggi di beberapa bank. Fintech mampu menjawab keluhan masyarakat terkait hal tersebut, beberapa perusahaan fintech lebih mengedepankan pelayanan, keterbukaan, dan bunga yang rendah.

Namun kamu juga harus teliti sebelum menentukan aplikasi fintech yang akan digunakan, sebab tidak jarang juga ditemui tindak penipuan yang dilakukan secara online dengan iming-iming bunga rendah atau harga murah. Ada beberapa tips dan trik untuk menentukan aplikasi fintech, dan sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu hal tersebut.

3. Solusi bagi pelaku UMKM

Sebelum kehadiran fintech umumnya para pelaku UMKM yang membutuhkan suntikan modal mereka mengandalkan dari bank, tentunya dengan persyaratan yang lebih rumit dan bunga yang cukup lumayan.

Seiring dengan kehadiran fintech khususnya yang melayani peminjaman modal usaha ternyata mampu membawa angin segar bagi para pelaku UMKM. Mereka lebih mudah mendapatkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnisnya.

Itulah pembahasan singkat terkait dengan pengertian fintech dan beberapa manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *